Lakukan tips berikut agar kamu bisa keluar dari belenggu “suka menunda pekerjaan”

menunda pekerjaan
Image Credit : piknikdong.com

Menjadi orang yang disiplin, tepat waktu dan sistematis butuh tenaga ekstra loh. Soalnya dia akan selalu mikir dengan menyusun rencana berdasarkan urutan waktu dan prioritas, berdasarkan aktivitas yang penting. Tentunya dia anti banget sama menunda pekerjaan. Dia tau dengan menjadi disiplin, hidupnya jadi lebih teratur dan masalah cepat terselesaikan.

Sayangnya, nggak semua orang melakukan hal sama. Mereka lebih memilih menunda pekerjaan dan mengandalkan the power of kepepet.

Baca Juga : Ketika pikiran banyak dirasuki hal-hal negatif, sudah saatnya kamu rutin melatih kebiasaan ini agar menjadi pribadi yang positif

Jika kamu salah satunya, berhentilah sekarang karena the power of kepepetnggak akan selamanya memecahkan masalah justru akan membuat pekerjaan menumpuk. Terus gimana solusi tepatnya?

Yok disimak Kita Muda kasih tips buat kamu …

#1. Jangan suka berencana berlama-lama. Lakukan sekarang!

Foto : Wovgo.com
Foto : Wovgo.com

Berencana itu boleh, justru penting!

Tapi kalau berencananya nggak juga bertindak ya wasting time. Rencana yang terlalu disusun lama-lama akan mempengaruhi kondisi psikismu, hal itu memicu ketakutan-ketakutan atau kejadian yang sebenernya belum terjadi tapi udah kamu pikirin duluan. Ingat, kekuatan pikiran itu ada, apa yang kamu pikirkan bisa kejadian beneran.

Makanya jangan lama-lama berencana, lakukan sekarang juga! Ingat nggak usah nunggu lama-lama, yuk segera menikah …. NNAAAAAAHHHHH (-___-)

Baca Juga : Nilai C bukan bencana. Justru golongan mereka adalah calon orang-orang sukses. Ini dia alasannya …

#2. Bekerjalah dengan prioritas. Dengan itu kamu bisa bekerja lebih keras.

Foto : Wovgo.com
Foto : Wovgo.com

Masukan dari salah satu penulis Amerika, Tim Ferris, dia menyarankan dalam blognya agar setiap orang melist pekerjaan penting yang harus dikerjakan dan selesai dalam hari itu juga. Dengan melakukan cara itu, kamu bisa jadi lebih puas dan memiliki semangat untuk melanjutkan tugas lainnya.

Tambahan masukan dari penulis buku mengenai produktivitas, Jim Stone, penyebab paling umum dari menunda kebiasaan adalah dia merasa nggak tau apa yang sedang ia lakukan dan mampu dalam mengerjakan perkerjaan tersebut apa nggak. Ditambah lagi, dia nggak tau juga apa dampak untuk orang lain dari pekerjaan yang ia lakukan, sehingga menunda pekerjaan adalah jalan terbaik.

Untuk menanggulanginya kamu cukup membuat prioritas kerja dari yang paling penting atau sulit untuk dikerjakan. Kemudian, mulailah bekerja. Dengan cara ini kamu akan lebih punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga : Secuil pesan buatmu fresh graduate yang sampai saat ini belum juga dapat kerja

#3. Tuliskan tujuan yang ingin dicapai untuk menambah motivasi.

setting goals
Foto : Wovgo.com

Kamu mungkin suka menulis bermacam resolusi di akhir tahun, tapi itu hanya gambaran besar yang ingin dicapai. Untuk memulainya kamu butuh gambaran pencapaian kecil agar bisa mencapai yang besar.

Maka mulailah menulis di buku harian pencapaian apa yang ingin kamu raih per minggu bahkan per harinya. Apakah kamu ingin hari ini, deadline tugas kuliah tuntas semuanya? Apakah hari ini kamarmu harus benar-benar bersih? Atau minggu ini kamu harus sukses untuk deketin gebetan? Atau tahun ini kamu harus segera menikah. Tulis semua itu di note dan letakkan di sebelahmu saat mengerjakan tugas. Centang setiap kesuksesan yang kamu raih per minggunya.

Baca Juga : Sepucuk surat untuk diri sendiri yang masih sering mengeluh

Dengan ini kamu jadi terpicu untuk nggak menunda pekerjaan.

Dengan ini, kamu juga akan terpicu untuk nggak nunda-nunda segera menikah …… ((( menikah ))) *tiba-tiba ngembik ..

#4. Di setiap pekerjaan selalu saja ada tugas yang paling rumit, maka pecahlah jadi beberapa bagian.

termudah
Foto : Wovgo.com

Maksudnya disobek-sobek gitu kertasnya?

Yaaaa bukanlah…

Setiap menjalankan misi pasti ada satu tugas yang memberatkan. Contohnya nih, kamu dikasih tugas bikin artikel 100 halaman dengan tema tips traveling dengan biaya nol rupiah!. Itu artikel apa buku paker :v

Nah, itu kan susah tuh, di mana-mana traveling itu harus bayar apalagi kamu tipe orang yang nggak suka nulis dan bingung cara menuangkan ide.

Yang harus kamu pikirin pertama kali itu, pecah-pecah dulu bagian tersulit dalam tugasmu. Misalnya karena kamu susah cari ide, kamu bisa browsing dulu buat nemuin beragam sumber artikel yang pas.

Baca Juga : Kamu yang ingin cepat kaya, profesi-profesi dengan gaji tinggi ini bisa jadi pilihanmu

Udah gitu, kamu baca satu persatu. Karena kamu nggak jago nulis, jangan lupa untuk merangkum poin-poin penting atau tulis kalimat-kalimat yang bisa kamu jadikan bahan acuan. Pas udah dapet gambarannya mulailah untuk menulis perlahan.

Tentunya jika itu masih terlalu sulit buat kamu, lakukan secara perlahan nggak usah kesusu, yang penting ada progress dan nggak menunda pekerjaan. Bayangin kalau nulis 100 halaman nggak dicicil dikit demi dikit, sanggup ngerjain dengan mengandalkan the power of kepepet?

#5. Hindari menyelesaikan pekerjaan secara sempurna. Manusia itu nggak sempurna men!

Foto : Wovgo.com
Foto : Wovgo.com

Hal ini bukan berarti ngajak kamu buat kerja asal-asalan tapi mengerjakan sesuai KEMAMPUAN. Kamu di kasih tugas bikin artikel 100 halaman dalam waktu dua hari, tapi kenyataannya mampumu cuma 99 halaman? Ya sudahlah…

*kemudian muter lagunya Bondan – ya sudahlah*

Memikirkan hasil yang sempurna akan membuatmu makin menunda pekerjaan. Takut salahlah, takut nggak dapat nilai baguslah. Alah, udah singkirin semuanya dan LAKUKAN!!

#6. Gunakan sistem bekerja 14 menit fokus 90 detik istirahat.

fokus
Foto : Wovgo.com

Procrastinator adalah istilah gangguan Psikologis yang digunakan untuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan atau hal yang harus dilakukan hingga menit-menit terakhir meskipun hal yang harus dikerjakan bersifat high priority. Keren yah…ganti status BBM ah.

Biar kamu nggak disebut procia7%$#2ja@ itu tadi, kamu bisa menggunakan sistem fokus kerja 14.90 yang artinya 14 menit kerja, 90 detik istirahat. Itu akan menjaga fokusmu agar nggakmudah teralihkan sama yang namanya nunda waktu atau kerjaan.

Baca Juga : Suksesmu bakal terhambat jika kamu masih saja berperilaku seperti ini …