Kebaikan yang terdapat pada Yogurt yang harus kamu tahu

yogurt memiliki banyak manfaat

Yogurt atau Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Kamu bisa bikin yoghurt dari susu apapun. Tentu kecuali air susu ibu. Maksud ‘apapun’ di sini ialah, bahkan menggunakan sari kacang kedelai pun juga bisa bila kamu menghendakinya. Namun kalau melihat peredarannya di pasaran, produksi modern yoghurt banyak sekali didominasi oleh susu sapi.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma yang unik. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa: rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer. Yang tidak ada hanya satu: rasa yang dulu pernah ada.

Yoghurt kaya akan kalsium, sehingga berfungsi untuk pembentukan tulang serta gigi yang sehat dan kuat. Selain itu, yoghurt dapat membantu menyehatkan pencernaan. Sebetulnya, ada banyak manfaat-manfaat lain lagi. Maka biar artikelnya jadi panjang, pembahasannya tidak di sini. Melainkan di bawah ini. Jadi, inilah manfaat-manfaat yoghurt.

#1 Mengandung kalsium dan vitamin D.

yogurt mengandung vitamin d
Foto : life.guardian.ng

Vitamin D tidak secara alami ada dalam yoghurt. Tapi karena banyak perusahaan itu baik hati, makanya mereka menambahkannya. Karena vitamin D pada yoghurt mampu membantu penyerapan meningkatkan kalsium.

Perlu kamu tahu bahwa kadar kalsium pada yoghurt tidaklah sama dari merk ke merk. Bervariasi. Semua tergantu dari bagaimana pengolahannya. Contoh, yoghurt buah itu cenderung memiliki kalsium lebih sedikit dari yoghurt plain. Jadi, untuk mengetahui berapa kadar kalsium yang terkandung, kamu harus memeriksa labelnya.

#2 Yoghurt mengandung bakteri baik.

yogurt
Foto : www.mountainfeed.com

Fakta bahwa yoghurt mengandung bakteri baik, itu terjadi di kebanyakan merk yoghurt. Karena kandungan probiotik pada yoghurt merupakan sejenis bakteri yang menguntungkan. Bakteri tersebut hidup di saluran pencernaan dan membantu mengenyahkan mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi usus pada tubuh kamu. Namun jika yang terjadi adalah infeksi hati, bisa jadi solusinya ialah move on dari mantan.

#3 Jika kamu mengalami flu, konsumsilah yoghurt.

flu
Foto : www.fivestaruc.com

Menurut sebuah studi di University of Vienna, mengkonsumsi satu porsi (empat ons) yoghurt setiap hari dapat membuat flu menjauh, layaknya gebetan yang kamu dekati terus-menerus padahal ia tak suka padamu.

Orang yang mengkonsumsi yoghurt dalam jumlah tersebut setiap hari, memiliki sel T (sel kekebalan tubuh untuk memerangi berbagai jenis infeksi) yang jauh lebih kuat dan lebih aktif daripada mereka yang jarang atau bahkan tidak mengkonsumsi yoghurt sama sekali. Bakteri sehat di dalam yoghurt dapat membantu mengirimkan sinyal ke sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan daya kerja mereka dalam melawan kuman yang berbahaya, termasuk flu tadi.

Mereka yang menderita alergi juga biasanya memiliki kadar sel T yang rendah. Jika kamu mengalami alergi, menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Nutrition, sarannya bagi penderita ialah mengkonsumsi tujuh ons yoghurt setiap hari. Itu akan mengurangi intensitas kekambuhannya, dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi yoghurt sama sekali. Jadi, konsumsilah jika kamu mengalami alergi. Jika alergimu adalah bertemu mantan, maka tambahkan jumlah konsumsi yoghurt tersebut sesuai kebutuhan.

#4 Yoghurt mengandung banyak vitamin.

yoghurt mengandung banyak vitamin
Foto : www.irishexaminer.com

Satu porsi yoghurt memiliki banyak sekali kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, vitamin B5 (asam pantotenat), dan B12 yang berfungsi mempertahankan sel-sel darah merah serta membantu menjaga sistem saraf kamu, sehingga bisa berfungsi dengan baik.

#5 Yoghurt dapat membantu meratakan perut.

perut rata
Foto : papasemar.com

Menurut penelitian dari University of Tennessee di Knoxville, mengemukakan fakta bahwa mereka yang makan yoghurt dalam jumlah banyak saat berdiet, akan kehilangan 22 persen berat badan dan 81 persen lemak perut, lebih dari pediet yang menjauhi makanan ringan. Lumayan kan?

Seorang profesor nutrisi dan penulis utama studi Michael Zemel, PhD. mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi 18 ons yogurt sehari, dapat mempertahankan sepertiga lebih massa otot, yang dapat membantu tubuh dalam membakar kalori dan menjaga berat badan. Maka dari itu, jika kamu pengen menurunkan ukuran lingkar pinggang, konsumsilah yoghurt sebanyak 18 ons itu.

#6 Yoghurt baik dikonsumsi setelah berolahraga.

olahraga
Foto : wallpapers-hd-wide.com

Secangkir yoghurt setiap hari dapat membantu memulihkan kondisi kamu pasca latihan. Khususnya yoghurt Yunani. Tentu dengan rasio yang tepat dari protein dengan karbohidrat dan yoghurt.

Menurut seorang ahli gizi di New York City bernama Keri Gans, protein di dalam yoghurt menyediakan asam amino yang dibutuhkan otot untuk memperbaiki diri. Lalu karbohidrat di dalamnya menggantikan energi yang hilang saat berolahraga. Anjurannya, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi yoghurt adalah 60 menit setelah berolahraga.

#7 Delapan ons yoghurt mengandung hampir 600 miligram kalium.

yoghurt
Foto : wisatakuliner.com

Sebab mengapa manusia sering menderita tekanan darah tinggi, hipertensi, gangguan ginjal dan penyakit jantung, adalah karena setiap hari 70 persen dari kita mengkonsumsi garam dua kali lipat lebih banyak dari takaran yang dianjurkan. Itu kenapa kita jadi kebanyakan sodium. Sehingga perlu sekali untuk mengkonsumsi delapan ons yoghurt setiap hari, karena ia mengandung hampir 600 miligram kalium yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan sodium dari tubuh.

Selamat mencoba, semoga kamu menemukan kebaikan-kebaikan yang yoghurt miliki!