Buat kamu yang ingin bisnis dengan modal nol rupiah, simak ide bisnis berikut ini!

ide bisnis modal nol rupiah
Image Credit : www.forbes.com

Siapa sih yang nggak mau cepat sukses?

Banyak orang menggunakan beragam cara untuk menjadi sukses salah satunya adalah berbisnis. Tapi sayangnya nggak sedikit juga terutama anak muda yang patah semangat ketika mereka ingin berbisnis karena kepikiran modal. Ya, modal yang besar selalu jadi kendala untuk memulai bisnis.

Tenang aja, kali ini Mumun akan memberikan 5 ide bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal nol rupiah. Apa aja? Yuk simak terus.

#1 Jadi calo aja !

Discussing project
Foto : hudson-wheeler-l94y.squarespace.com

Ya, mau bisnis dengan modal nol rupiah? Jadilah calo atau perantara. Tugasmu simpel banget yakni memanfaatkan orang-orang yang mager atau minta serba dilayani, membuat peluangmu untuk jadi calo lebih besar.

Sebagai calo, kamulah penjembatan antara pembeli dan penjual. Misalnya aja teman kamu ingin beli handphone tapi mager pergi ke toko, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menggantikan dia mencari HP sesuai keinginannya dengan budget yang telah ditentukan.

Setelah barang didapat kamu bisa mendapat kompensasi berupa uang dari temanmu sebagai uang jasa atas usahamu medapatkan barang tersebut.

#2 Jadi Reseller

baju
Foto : www.eveshopashop.com

Kalau profesi ini, Mumun juga pernah melakukannya. Namanya juga reseller jadi sistemnya menjual kembali barang dagangan orang dengan menaikkan harga sesuai hargamu sendiri sebagai keuntungan.

Menjadi reseller merupakan solusi cerdas untuk berbisnis tanpa perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Jadi kamu nggak perlu ‘kulakan’ atau membuat barang sendiri, cukup menjual kembali aja.

Tentunya yang harus diperhatikan adalah mencari dan memilih supplier yang terpercaya agar mendapat harga yang miring pula.

#3 Kamu kreatif? Buat sesuatu untuk dijual

handmade syal
Foto : smallbiztrends.com

Jika jadi reseller itu menjual barang dagangan orang lain, sekarang giliran kamu membuat barang dagangan kamu sendiri untuk dijual. Kamu yang punya ide-ide kreatif membuat barang-barang dengan nilai jual yang tinggi bisa kamu terapkan loh. Misalnya aja, kamu punya kemampuan desain, kamu bisa membuat produk beripa lukisan atau membuat produk custum untuk undangna atau banner. Kamu yang suka masak juga bisa membuat makanan dengan ciri khas rasamu sendiri.

#4 Jual kemampuan yang kamu miliki

pekerja freelance
Foto : www.fastcompany.com

Poin ini sebelas dua belas sama bikin sesuatu untuk dijual, bedanya kali ini difokuskan ke skill yang kamu punya untuk dijual ke orang-orang yang membutuhkan. Dewasa ini, udah banyak perusahaan yang butuh tenaga lepas untuk diberdayakan contohnya menjadi penerjemah, pembuat website, desain grafis sampai ke guru les privat. Manfaatkan bakat dan kemampuan yang kamu miliki, bisa jadi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

#5 Mendaur ulang barang bekas menjadi barang baru dengan nilai jual yang tinggi

kerajinan tangan dari kaleng
Foto : www.teropongbisnis.com

Sebagian dari kamu pasti mengenal istilah DIY atau Do it Yourself. Kegiatan DIY biasanya menyulap bahan bekas menjadi barang baru yang nggak hanya memiliki nilai seni yang tinggi tapi juga nilai jual yang bagus, soalnya homemade. Nah, ini bisa kamu jadikan peluang usaha modal nol rupiah dengan memanfaatkan barang bekas di rumahmu untuk dijadikan sesuatu yang berseni.  Misalnya botol saus dijadikan vas bunga atau kertas kado yang udah nggak digunakan dijadikan amplop lebaran. Bermanfaat bukan? Wkwk

BACA JUGA : Calon sarjana atau lulusan baru, ini dia cara ampuh untuk cepat dapat kerja

Nah gimana gaes? Otak kamu udah terilhami belum dari ide yang udah Mumun sampaikan. Kira-kira mau coba bisnis modal nol rupiah yang mana dulu nih 😀 ???