Calon sarjana atau lulusan baru, ini dia cara ampuh untuk cepat dapat kerja

sarjana
Image Credit : jobstreet.co.id

Buat kamu yang baru saja memperoleh gelar sarjana aka lulus kuliah, pasti akan menyandang gelar “Job Hunter.” Dan ketika menjadi Job Hunter, sainganmu bukan hanya 1 atau 2 orang saja. Ada ratusa hingga ribuan lulusan baru yang akan bersaing denganmu dalam memperoleh pekerjaan.

Untuk bersaing dengan mereka, tentu kamu harus memiliki “bekal” atau poin plus yang dapat menambah nilai jual kamu di mata perusahaan. Skill, networking, dan pengalaman adalah bekal / senjata utama dalam mencari kerja, disamping nilai IPK kamu. Lalu, yang jadi pertanyaan, bagaimana car mendapatkan bekal/senjata tersebut?

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa punya skill, networking, dan pengalaman sebelum masuk kerja :

#1 Cobalah untuk ikut magang di perusahaan-perusahaan ternama, disitulah skill kamu ditempa.

magang
Foto : qerja.com

Magang adalah cara paling ampuh. Selain memperoleh pengalaman kerja, kamu akan memperoleh jaringan pertemanan yang profesional. Selain itu, jika kinerjamu keren, nggak menutup kemungkinan kamu akan diangkat untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut. Karena performa dan kinerjamu akan dinilai oleh perusahaan ketika kamu magang.

#2 Jika kamu merasa pandai membagi waktu, freelance atau volunteer bisa jadi pilihan.

freelance
Foto : fastcompany.com

Opsi ini bisa jadi alternatif untuk memperoleh ‘bekal’ kamu dan bisa kamu lakukan disela-sela waktu. Tentu akan berbeda dengan magang yang menyita banyak waktu atau hanya bisa diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir. Freelance atau volunteer merupakan part time, jadi akan sangat cocok buat kamu yang masih berstatus mahasiswa tingkat awal atau yang ingin memperoleh jaringan dan pengalaman kerja.

#3 Jangan cuma jadi kupu-kupu, ikut komunitas itu perlu.

komunitas
Foto : vertumotors.com

Perusahaan terkadang memberi nilai plus untuk mereka lulusan baru yang mendaftar kerja, yang aktif pada kegiatan di luar kampus atau bergabung pada komunitas. Bergabung pada komunitas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman, jaringan, serta wawasan dengan cara yang menyenangkan. Jaman sekarang banyak komunitas yang nggak sekedar kumpul-kumpul, tapi juga memberikan pengalaman hingga meningkatkan skill kamu.

Nah, itu dia beberapa cara agar kamu bisa memperoleh bekal berupa skill, networking, atau pengalaman kerja, sebelum kamu benar-benar terjun dan memasuki dunia kerja. Semakin banyak bekal yang kamu persiapkan atau kamu punya, semakin besar kamu yang lulusan baru untuk memperoleh kerja.

Semoga bermanfaat!