7 software yang bisa bikin kamu semakin produktif dalam menjalani hari-hari


Harta paling mahal di dunia ini adalah waktu. Kamu bisa mencari uang, mengumpulkan emas, atau menambang minyak sewaktu-waktu. Kalau habis, kamu bisa mencarinya kembali. Namun waktu? Sedetikpun yang terlewat, tak akan pernah kembali. Itu mengapa, menjadi produktif itu penting.

Menjadi produktif memang pedih, bagi yang belum terbiasa. Pemalas yang dipaksa untuk berubah menjadi produktif itu sama aja kayak perokok yang langsung disuruh untuk berhenti. Susah! Segalanya butuh proses. Namun bukan berarti malas itu tak bisa diperangi. Kamu bisa memberdayakan orang-orang disekelilingmu agar bersedia mengingatkanmu kala kemalasan mendera. Tetapi karena orang tak bisa 24 jam penuh menjagamu, maka kontrol sejati adalah pada diri Kawan Muda sendiri. Kalau masih merasa berpribadi lemah, gunakan bantuan. Kalau kamu betul-betul ingin berubah, Kita Muda menyarankanmu untuk menggunakan 8 software di bawah ini, agar dapat mengawalmu menjalani hari-hari sehingga lebih produktif.

1. Google Drive

via: DailyGenius.com

Google Drive memiliki Google Docs dan Spreadsheets, di mana Kawan Muda bisa mengedit dan membagi beragam tipe file. Selain itu, para member juga dapat melakukan chat dengan memperbincangkan proyek serta membagi dokumen spesifik. Dan, kamu bisa menggunakan ini secara gratis!

2. Evernote

via: blog.evernote.com

Menurut Kita Muda, Evernote merupakan aplikasi yang cukup sempurna untuk mengurus pengaturan waktumu. Aplikasi ini sanggup menyimpan file audio dan catatan dalam bentuk teks. Bisa juga untuk melakukan pengaturan pada reminder, untuk mengunggah file attachment, dan mengatur foto-foto. Menariknya lagi, Evernote bisa dipakai secara mobile (via smartphone) maupun pada komputer.

3. Unroll.me

via: 8tracks.com/unroll-me

Kamu sering membuang banyak waktu hanya untuk memilah-milah mana email yang penting dan mana yang tidak? Sekarang kamu tak perlu kuatir, karena aplikasi dari unroll.me akan membantumu untuk mengorganisasi, mana-mana saja email yang penting, dan mana yang tidak. Untuk email-email penting, tentu adalah email yang memang telah kamu subscribe. Untuk email-email yang kurang penting, yang kebanyakan spam, bisa kamu hapus segera.

4. StayFocusd

via: writetodone.com/10-tools-keep-writing

Semenjak internet hadir, manusia semakin banyak tahu. Mereka menjadi semakin cerdas. Namun pada saat yang sama, mereka juga kerap mengalami beragam distraksi. Berapa banyak orang-orang yang tadinya hanya berniat untuk mengirim email saja, yang notabene hanya butuh waktu maksimal 10 menit, tiba-tiba tanpa terasa bisa duduk berjam-jam di depan komputer? Itu semua penyebabnya adalah distraksi.

Distraksi bisa hadir dalam banyak bentuk. Bisa dengan berselancar di sosial media, mengunjungi website-website, atau menonton video di youtube. Tool ini bisa Kawan Muda instal pada Google Chrome. Software ini akan menghitung: seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk membuka situs-situs tertentu. Yang kalau itu semua digabung, tentu bisa dilihat, penyebab mengapa waktumu begitu terhambur-hamburkan. Melalui tool ini, kamu bisa memilih situs mana yang boleh kamu kunjungi, dan situs mana yang ingin kamu blok hingga waktu tertentu.

5. Toggl

via: toggl.com

Ini merupakan software yang sederhana. Kamu cukup klik tombol untuk Toggl saja, kemudian melakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Software ini juga akan memberikan laporan waktu kepada kamu, dan seberapa banyak waktu yang kamu pakai untuk mengerjakan proyek-proyek berbeda.

6. IFTTT

via: alexrendon.net

Sebetulnya nama dari tool ini merupakan singkatan dari “If This, Then That”. Aslinya, tool ini malah mengajak pengguna untuk menciptakan (atau menggunakan yang sudah ada) sesuatu yang akan menghubungkan antara aplikasi dengan layanan untuk bekerja bersama dalam rangka melengkapi tugas.

Sebagai contoh, Kawan Muda bisa menciptakan IFTTT, yang misalnya ingin foto-foto yang ter-upload ke Instagram, secara otomatis masuk ke akun Google Drive. Kamu bisa memiliki integrasi tanpa butuh pengalaman dalam bidang programming.

7. Hootsuite

via: HeyOrca.com

Hootsuite adalah aplikasi yang antara pengaturan waktu maupun sosial media dapat kamu kendalikan hanya melalui 1 dashboard saja. Melalui Hootsuite, Kawan Muda juga bisa melakukan schedule pada postingan di sosial media, mendelegasikan tugas kepada tim, mengukur performa, mengorganisasi follower twitter, dan banyak lagi.