Terangnya tujuan hidup

jalan
Image Credit : WallpaperFolder

Setiap manusia pasti memiliki tujuan untuk mencapai keinginan yang diraih. Namun,seringkali ada saja alasan yang menghalangi pencapaian itu.

Jika dalam kehidupan ini kita tidak mempunyai keinginan untuk diraih, itu sama saja dengan “Berjalan tanpa mengatahui arah mana yang harus dituju”, sehingga dalam kehidupan tidak ada yang kita dapat dan semua yang kita lakukan akan sia-sia.

Seperti halnya seseorang membuat skripsi kita juga menyebutkan tujuan yang jelas dalam membuat skripsi tersebut. Si pembuat skripsi berharap kegiatan yang dilakukan dapat menghasilkan hasil yang terbaik sesuai tujuan dari skripsi. Adapun halnya kita belajar di sekolah dengan giat juga mempunyai tujuan agar kelak kita bisa menuju Universitas yang kita impikan dan masa depan yang cerah.

Sebagai contoh, bayangkan saat kita sedang berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh hutan-hutan yang didalamnya terdapat hewan buas dan sekitar beberapa kilometer di hutan terdapat air terjun yang sangat indah yaitu air terjun yang kamu impikan untuk bisa datang kesana. Masalahnya kamh tidak punya kompas, peta, telepon, GPS dan anfa todak tahu arah mana yang harus lewati untuk menuju air terjun tersebut.

Arah yang salah akan mengakibatkan kamu masuk ke dalam hutan yang terdapat hewan buas yang ingin memangsamu dan dapat melencengkanmu jauh dari air terjun yang diinginkan. Tapi jika arah itu benar kamu dapat sampai di air terjun yang kamu inginkan.

Hidup tanpa tujuan yang jelas, tanpa mengetahui kegunaan hidup sama saja kita hanya membuang-buang waktu tanpa ada manfaat dan hasil yang dapat kita peroleh sedikitpun. Namun untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mengetahui apa saja yabg harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan. Sama saja halnya jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan akan adanya pengorbanan dan usaha yang keras. Maka tinggikan keinginan kamu untuk menjadi apa yang kamu inginkan dengan apa yang menjadi tujuanmu. Jika sudah mempunyai tujuan. Kamu tinggal mengarahkan langkah-langkah dan tindakan kamu pada tujuan yang sudah kamu targetkan sejak awal. Sama seperti terdapat tempat yang sangat indah dan untuk bisa sampai kesana kamu harus melewati tangga yang ada disana dengan menaiki satu persatu tangga tersebut. Untuk menaiki tangga kita juga harus berhati hati  karena bisa saja kita terjatuh dari atas tangga. Setelah  melewati tangga kita dapat mencapai tempat tujuan yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita harus membuat langkah-langkah untuk dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.

Ada kalanya kaki kita tertusuk duri atau tersandung batu, namun kita harus tetap melangkah. Ada kalanya kita terperosok kedalam jurang, namun kita akan naik lagi dan terus melangkah. Ada kalanya kita terjatuh, namun kita tetap harus bangkit dan terus melangkah. Ada kalanya kita akan berada di tempat yang paling gelap dan tidak ada seseorang pun disana kita tetap harus melangkah untuk menuju tempat yang terang.

Tujuan sama saja seperti cahaya lentera yang harus kita dapatkan dengan perjuangan yang panjang. Dengan adanya cahaya lentera kita dapat melanjutkan perjalanan dengan mudah tanpa kegelapan sehingga kita dapat lebih mudah untuk sampai ditempat yang ingin kita tuju. Tanpa sasaran hidup, motivasi dalam diri akan luntur; kamu akan bisa kehilangan gairah hidup. Tapi, bagi orang yang mempunyai tujuan hidup yang jelas, ia akan punya semangat yang tinggi, ia akan punya energi yang besar dan ada harapan dalam hidup. Semakin tinggi sasaran hidup akan semakin besar motivasimu. Namun sebaliknya semakin rendah sasaran hidup akan semakin kecil motivasi  hidup.