5 hal yang perlu kita tahu agar semangat menjalani hidup ini

Poin paling penting adalah selalu bersyukur.

Image Credit : www.lifehack.org

Ada saatnya setiap manusia mengalami kondisi yang namanya semangat dan kejenuhan dalam menjalani hari-harinya. Ketika semangat datang, hidup terasa begitu bergairah. Namun ketika kejenuhan datang, sering kali ia akan malas untuk berbuat sesuatu. 

Dibawah ini, 5 hal yang perlu kita tahu agar kita merasa semangat dalam menjalani hidup ini.

1. Merasa Berharga Untuk Orang Lain.

sahabat
Foto : www.huffingtonpost.com

Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti ini. Perasaan bahwa hidup kita begitu berharga dan berguna bagi orang lain. Hal itu membuat kita merasa bahwa kita itu tidak sia-sia ada di dunia ini. Karena sejatinya manusia akan merasa lebih menghargai sosok dirinya sendiri, disaat ada orang lain yang menganggap dirinya itu begitu berharga bagi kehidupannya.

Coba dipahami, ternyata ada banyak orang disekeliling kita yang bagi mereka itu kita begitu berharga. Yang bisa kita sadari dengan mudah sekarang adalah orang tua, keluarga, sahabat atau kekasih yang menyayangimu. Maka, tetaplah semangat menjalani hidup ini.

Supaya mereka yang mengganggap kita berharga bagi kehidupannya itu, mereka menjadi tak merasa kehilangan sosok kita yang berharga di hati mereka.

2. Merasa Berguna Bagi Banyak Orang.

memberi
Foto : Pinterest

Pada poin yang kedua, pasti engkau pun sering menyadari itu. Kita yang merasa senang, saat kita merasa bahwa kita telah berguna bagi kehidupan orang lain. Kehadiran kita ternyata bermanfaat untuk orang lain. Pekerjaan kita ternyata sangat berguna bagi masyarakat. Atau sosok kita itu ternyata mempunyai dampak yang baik bagi orang-orang di sekitar kita.

Kita bisa menyadari, bahwa Tuhan menciptakan kita itu tidak percuma. Ternyata apa yang menjadi keahlian kita, sifat-sifat kita atau kemampuan kita itu ternyata bermanfaat untuk orang lain. Kita pun menjadi puas dengan diri kita sendiri, lagi-lagi kita akan menghargai eksistensi diri kita untuk tetap hidup dengan semangat.

Maka jadilah orang yang berguna, sekecil apapun yang kita berikan pada orang lain. Tentu itu akan membuatnya terbantu.

3. Rasa Ingin Membahagiakan Orang Lain.

bahagia
Foto : www.hotel-r.net

Rasa ingin membahagiakan orang lain pun membuat kita menjadi semangat dalam hidup ini. Hal itu menjadi dorongan bagi kita tuk selalu berusaha mewujudkan kebahagian seseorang. Entah itu ibu kita, keluarga kita atau teman kita. Kita berusaha membuat ia tersenyum karena usaha-usaha yang kita lakukan. Semangat itu pun muncul dengan sendirinya.

Lagi-lagi kita merasakan bahwa kita hidup di dunia ini begitu bermakna. Kita bisa membahagiakan orang lain, wah itu luar biasa sekali. Maka semangatlah membuat orang-orang yang kita sayangi itu bahagia.

4. Masih Mempunyai Harapan, Mimpi-Mimpi Atau Cita-Cita.

Mereka adalah tipe pemimpi
Foto : kickofjoy.com

Seperti di poin yang ketiga, saat kita mempunyai harapan atau cita-cita yang ingin kita capai kedepannya. Kita otomatis akan menjadi sosok yang tak berpangku tangan untuk waktu sekarang. Kita tahu bahwa berdiam diri bukanlah solusi terbaik untuk menantikan terwujudnya sebuah harapan. Maka selalulah mempunyai harapan dalam hidup ini. Jadi orang jangan takut bermimpi.

Mimpi itu layaknya sebuah hadiah besar yang kita ciptakan sendiri jika kita mau mengusahakannya. Serta kita pun merasa bahwa kita berhak mendapatkan hadiah besar itu. Namun sayangnya kadang kita takut berharap dan takut bermimpi, khawatir itu hanya sebuah harapan semu atau khayalan saja.

Ehm, bukannya semua masa depan semua orang itu sebuah misteri? Ya kita sebagai manusia tak salah kan jika berusaha membuat masa depan kita seindah mungkin. Selanjutnya, tawakal kepasrahan adalah cara untuk meminta mimpi kita itu dikabulkan Allah.

5. Bersyukur dan Mengerti Betapa Indah Hidup yang Telah Diberikan Tuhan Untuk Kita.

via: www.huffingtonpost.co.uk
via: www.huffingtonpost.co.uk

Tahu ‘kan? Hidup ini begitu indah kawan. Namun banyak orang yang tak bisa menikmatinya. Bukan tak bisa sih, tapi mereka tak menyadari keindahan hidup mereka itu sendiri. Orang yang bahagia itu tentu adalah orang yang sadar bahwa hidup mereka itu pantas disyukuri. Sedangkan mereka yang tak bahagia adalah mereka yang selalu menghitung bagian-bagian hidup mereka yang bisa untuk dikeluhkan.

Semangat itu datang dalam hati yang bersyukur, hingga membuat kita bisa menikmati hidup. Menerima keadaaan yang kita miliki dan menerima apapun yang sedang terjadi. Semangat itu sulit muncul kala kita mengganggap bahwa hidup kita penuh dengan beban dan kesedihan. Karena merasa terbebani dalam hidup itu membuat kita seolah terpaksa menjalani hari-hari kita sendiri.

Maka, banyak-banyaklah melihat seseuatu dari sisi positifnya. Semangatlah !!! Karena kita hidup di dunia ini bukan untuk meratapi kesedihan, tetapi untuk mengusahakan kebahagiaan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!