6 Hal yang sebaiknya kamu lakukan ketika masalah datang melanda

masalah
Image Credit : www.wisdomtimes.com

Setiap orang punya keresahannya masing-masing. Entah itu resah karena masalah uang, pekerjaan, keluarga, percintaan maupun kesehatan. Namun terkadang kita selalu bertumpu pada banyak permasalahan besar yang sebenarnya tidak sebesar yang kita fikirkan. Hanya saja, rasanya hidup seperti tak lengkap bila kita tidak memiliki masalah. Lantas apa yang harus Kawan Muda lakukan ketika masalah itu mulai terasa meresahkan dan berat, seakan-akan tak mampu lagi untuk kita pikul sendiri ?

Lewat artikel ini Kita Muda ingin memberikan solusinya. Mari simak satu per satu.

1. Serahkan semuanya pada Tuhan.

via: www.cmalliance.org
via: www.cmalliance.org

Setiap kejadian buruk yang terjadi pada kita, semata-mata karena ulah dan dosa kita sendiri. Jangan pernah menggerutu atau pun mengeluh, karena semua pantas untukmu, Tuhan telah menakarnya sesuai kemampuanmu. Namun jangan pula menyerah atas semuanya, Tuhan tak akan mungkin lepas tangan dan membiarkanmu menghadapi semuanya sendiri. Maka dari itu, berserahlah pada Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berserah. Jangan pernah takut atau pun ragu untuk memohon dan meminta pada Tuhan. Mau Seburuk dan sekotor apa pun, jika kita ikhlas bertaubat dan memohon ampun pada-Nya, Tuhan pasti akan melimpahkan banyak kasih sayangnya.

2. Belajarlah untuk tetap tenang dan selalu berfikir positif.

via: www.theodysseyonline.com
via: www.theodysseyonline.com

Banyak yang bilang bahwa dengan ketenangan, masalah akan lebih mudah untuk di selsaikan. Pikiran-pikiran positif sering kali mengantarkan kita pada kebaikan, namun sayangnya tak mudah ketika masalah itu datang bagai angin topan yang meluluh-lantakkan hidup. Nah, di sinilah kita harus berfikir positif. Sungguh tak mudah. Itulah sebabnya, mengapa diri kita harus melatih diri untuk berfikir positif, dan mulai membiasakan diri kepada hal hal yang sederhana.

3. Tetap bersyukur dan ikhlas.

via: www.huffingtonpost.co.uk
via: www.huffingtonpost.co.uk

Apa pun yang terjadi, tetaplah bersyukur, karena setiap masalah yang datang adalah cara Tuhan untuk mendewasakan kita. Masalah akan selalu ada sesuai dengan tingkat kemampuan kita. Semakin berat masalah yang harus Kawan Muda hadapi, maka semakin tinggi pula tingkat kemampuannya. Ikhlaslah menghadapi semuanya. Karena ketika kita ikhlas, maka Tuhan akan memudahkan segalanya.

4. Percaya bahwa badai pasti berlalu.

via: www.youtube.com
via: www.youtube.com

Tak ada yang abadi di dunia ini, begitu pun dengan masalah. Masalah-masalah itu pasti akan berlalu bila kita selalu percaya bahwa selalu ada jalan keluar. Percaya dan yakin bahwa dibalik kesedihan dan kesusahan hari ini, akan ada kebaikan dan kebahagian bila kita bersabar dan terus berusaha.

5. Teruslah melangkah dan memperbaiki diri.

via: pixabay.com
via: pixabay.com

Tak selamanya masalah itu akan terus bersama, jika kita terus melangkah dan terus memperbaiki diri. Masalah yang sedang terjadi saat ini bisa saja karena akibat kesalahan yang kita lakukan di masa lalu. Kawan Muda, marilah belajar dari sana. Karena masa lalu tak selalu buruk. Justru masa lalulah yang memberikan kita banyak pelajaran. Masa lalu bisa menjadi guru.

Dari segala pengalaman baik buruk yang pernah kita alami di masa lalu, akan memudahkan kita untuk menentukan pilihan di masa yang akan datang. Kita berhak melakukan kesalahan. Maka dari itu, teruslah belajar untuk memperbaiki diri, agar tidak jatuh di lubang yang sama. Kita tak akan tahu sesuatu itu benar, bila kita tak pernah salah. Bukankah begitu, Kawan Muda?

6. Fokuslah pada kebahagianmu.

via: www.lifehack.org
via: www.lifehack.org

Banyak yang bilang: jika ingin bahagia, maka kita harus fokus pada hal-hal yang membahagiakan, bukan pada masalah. Yah, begitulah tepatnya. Jika masalah bisa membuat kita menjadi sedih dan tak bersemangat, maka dengan memfokuskan diri pada hal-hal yang membahagiakan adalah salah satu cara untuk meringankan masalah yang sedang kita alami. Ingat, tak ada dari kita yang luput dari masalah, karena setiap orang pasti memiliki masalah. Selalulah tersenyum, dan hadapilah semuanya dengan rasa syukur dan bahagia.