5 Hal yang harus kamu ingat agar skripsimu cepat tamat

Image Credit : 123persen.blogspot.com

Skripsi, merupakan laporan hasil penelitian akhir dalam dunia perkuliahan sebagai tanda kamu akan segera lulus dari kampus. Seperti yang kita ketahui bersama, untuk menyelesaikan skripsi ini memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita diwajibkan untuk melakukan penelitian demi penelitian yang bersangkutan dengan kasus yang kita ambil sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Prinsip menyelesaikan skripsi adalah siapa yang mau cepat lulus, dia harus segera menyelesaikan skripsinya dengan cepat. Begitu pula sebaliknya. Yang jadi permasalahan adalah seringkali kita mengulur-ulur waktu menyelesaikannya. Efek dari nggak adanya perkuliahan lagi tuh makanya bikin kita malas untuk kelarin skripsi buru-buru. Padahal semakin lama dikelarin semakin banyak biaya pula yang harus kamu keluarin. Mending kalau kamu yang biayain kuliah, tapi kalau orangtua? Beuh.. Nggak malu ya jadi beban orangtua terus.

Untuk menambah semangat menyelesaikan skripsimu, saya akan kasih beberapa alasan agar kamu bisa berpikir bijak untuk segera lulus dari perkuliahanmu.

Umur yang makin bertambah.

usia
Foto : Moementum.com

Mengulur waktu sama dengan menyia-nyiakan waktu. Banyak waktu yang terbuang berarti juga berkaitan dengan umur kamu. By the way umur normal menyelesaikan kuliah itu antara 22-24thn, kebayang nggak tuh kamu kalau umurmu udah lebih daripada umur normal lulus kuliah, tapi kamu belum lulus juga. Apa kamu nggak malu kalau kamu disusul oleh juniormu? Atau kamu nggak gerah nih ditanya “kapan lulus?” oleh teman-temanmu. Ihiyyy.

Ada orang tua yang harus dibahagiakan.

wisuda-bersama-orang-tua
Foto : muhdhito.me

Lulus kuliah tandanya kamu resmi jadi sarjana. Tandanya pula orang tua kamu selesai menanggung semua keperluan pendidikanmu. Betapa bahagianya mereka kalau kamu lulus tepat waktu sesuai yang diharapkan. Itu juga sebagai pertanda kalau mereka berhasil menyekolahkanmu dengan baik. Nggak kepengen nih kamu segera foto pakai toga wisuda bareng orangtuamu?

Kewajiban untuk segera mapan dalam pekerjaan.

pekerja freelance
Foto : www.fastcompany.com

Ini masih berkaitan dengan umur. Saat ini perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan kerja untuk fresh graduated itu mulai membatasi usia si calon karyawannya. Makin kesini, makin muda. Malah semakin jarang yang menerima fresh graduated diatas usia 25 tahun. Kalau kamu terus menunda-nunda menyelesaikan skripsimu sampai hari ini, kapan bisa mapannya?

Ada kewajiban harus menikah.

menikah
Foto : Instagram @vetyveria

Hari gini menikah cuma modal cinta? Nggak ada lagi tuh ceritanya. Menikah butuh kesiapan mental dan finansial. Kesiapan finansial inilah yang harus kamu kumpulkan setelah kamu menyelesaikan kuliahmu. Mau cowok atau cewek pun sekarang sama aja kok. Sekarang kalau kamu masih malas-malasan kelarin skripsi apa nggak bikin pacarmu ilfeel? Dari situ aja udah kelihatan kalau nggak gesit, gimana mau bangun rumah tangga kalau kamu begini terus. Yang ada pacarmu kabur lho.

Ada tanggung jawab untuk terus menimba ilmu.

membaca buku
Foto : news.okezone.com

Mencari ilmu memang tidak hanya di lembaga pendidikan saja, melainkan bisa dimana saja kamu dapatkan. Mengerjakan skripsipun memang sedang menimba ilmu kok, tapi apa kamu nggak ingin ilmumu naik level ke jenjang yang berikutnya? Rugi banget kalau kamu harus stuck disitu-situ aja. Kamu harus punya bekal ilmu yang banyak kalau nggak mau nanti anak cucumu menertawakanmu karena ilmumu yang dangkal.

Memang, menyelesaikan skripsi itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada kalanya kamu stuck, revisinya salah terus, dan yang paling bikin malas kalau dosen pembimbing cuek sama kamu. Yang mau ditanamkan disini adalah bagaimana kamu membangun semangatmu sendiri untuk menyelesaikannya walaupun berbagai rintangan terjadi. Jangan goyah dan patah semangat ya untuk segera lulus, bukan apa-apa lho, ini semua demi masa depanmu juga kan.