Yang sebaiknya kamu lakukan ketika mulai jenuh dengan segudang rutinitas

patah semangat
Image Credit : www.oprah.com

Kita, kamu, dan aku, mungkin pernah merasa nggak semangat lagi jalanin hari. Semua rutinitas yang selalu berjalan sama bagai telah membunuh kamu bahkan saat kamu masih sibuk dengannya. Bangun pagi untuk sekolah, jalanan kota yang macet parah, keramaian kota yang berjalan dengan tergesa, tugas yang semakin menumpuk, hobi yang nggak pernah tersalurkan, ratusan kertas post it penyemangat yang udah gak kuat lagi nempel di dinding kamar,

Cukup.

Ini saatnya kamu “jeda”

Ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk mengembalikan semangatmu (yang pasti bukan cuma minum minuman energy drink). :p

Selalu pasang target!

ambisi
Foto : lam-network.com

Dengan membuat target, kamu akan lebih fokus dalam beraktifitas sehari-hari. Makin dekat targetmu itu, makin bagus. Misal nih, target kamu tahun ini adalah lulus UN dengan nilai maksimal, targetmu bulan ini adalah menuntaskan materi kimia, target hari ini adalah mengerjakan soal kimia bab 1.

Cara ini sudah terbukti efektif.

Ada sebuah kisah tentang gamers. Suatu hari dia mencoba game Harvest Moon. Awalnya dia semangat main. Ketika dia mulai bosan karena yang dilakukan di game ini tiap hari itu-itu aja, dia mulai bikin target, harus bisa beli sapi, memperbesar ternak ayam, atau melamar gadis impian. Meski cuma game, gak ada salahnya kan kita terapkan di dunia nyata?

Buka pikiran kamu. Semua hal adalah inspirasi yang menyenangkan.

selfie
Foto : www.womenshealthmag.com

Hari terbaikku ketika mentari bernyanyi.. ayo bermaiiin. Semua hal kecil yang kulihat mengajarkanku hal yang baruu.

Lalala.. Nah, jadi ingat sama jingle iklan salah satu produk shampoo anak.

Terkadang anak kecil dapat menjadi guru terbaik. Coba deh kalau kamu naik angkot dan ketemu dengan ibu-ibu yang bawa sekeranjang belanjaan. Coba. Coba sekali lagi perhatikan. Kaki keriputnya yang penuh bercak tanah, baju terbaiknya yang ia pakai buat ke pasar, wajah lelahnya yang bercampur lega, mungkin waktu itu ia lagi senang-senangnya karena di rumah nanti akhirnya bisa masak makanan kesukaan sang anak.

Berhenti sejenak, tarik napas panjang, keluarkan.

dibenci
Foto : www.inspiringwallpapers.net

Kamu perlu jeda. Karena kamu bukan robot yang gak pernah lelah bekerja (robot aja butuh dicharger kaan).

Dengarkan musik favorit kamu (musik untuk relaksasi amat direkomendasikan), jalan-jalan ke tempat yang kamu suka (usahakan bukan mall ya), coba cari tempat yang lebih menenangkan dan bukan memuaskan kamu, misalnya air terjun, danau, bukit luas seluas mata memandang, hamparan padang rumput dengan bunga-bunga kecil berwarna kuning,

Yang paling utama, selalu ingatlah Tuhan … Kamu mungkin lupa dengan kuasa-Nya.

berdoa
Foto : 74211.com

Kamu kemana aja? Ada kalanya kita manusia jadi sombong dan lalai dengan Sang Pencipta. Padahal cuma Dia tempat curhat yang paling tepat. Kehidupan gak akan memberi manfaat apapun kalau kamu lupa masih ada hidup setelah di dunia. Jadi, jangan lagi ngumpet atau kamu pura-pura tidak menyadari bahwa Dia selalu memperhatikanmu.

Ada yang pernah nonton atau baca novel The Shawshank Redemption? Kamu pasti ingat bagaimana cara Andy bertahan tinggal di penjara selama bertahun-tahun walau sebenarnya dia nggak bersalah. Yup. Dia hanya mencoba untuk terus hidup. Terus mencari kesibukan, dan membuat orang-orang di sekitarnya bahagia. Dan itulah yang membuatnya “merasa normal”.

Sekarang, ayo senyum lagi. Senyumlah seperti anak-anak di iklan shampoo itu. Jadilah seceria mereka. 😀

 

“Sibuk untuk terus hidup, atau sibuk untuk sekarat.” The Shawshak Redemption (1994)

 

Artikel kiriman Restu Sri Rahayu