6 Hal sepele yang sering terabaikan tapi ternyata bisa juga mengantarkan kita pada kesuksesan

bangun tidur

Mungkin yang ada dibenak Kawan Muda, sukses adalah tentang kekayaan, hidup mapan dan punya ini itu. Asal kamu tahu ya gaes, sukses itu bukan cuma bagaimana mendapatkan penghasilan besar tapi bisa berupa hal-hal kecil apa aja. Terpenting adalah usaha, kemauan dan cara pikir realistis. Karena kesuksesan tidak bisa didapat secara dadakan seperti tahu bulat.

Paling tidak mulailah melakukan usaha-usaha sederhana agar kamu terbiasa dan sebagai latihan sebelum menjangkau mimpi yang lebih tinggi. Banyak kebiasaan sepele yang sering kamu abaikan tapi nyatanya itu dapat membuka jalan menuju kesuksesanmu. Apa itu?

1. Ada baiknya membiasakan diri dengan bangun pagi agar kesempatanmu dalam mengerjakan sesuatu bisa lebih banyak.

bangun pagi
Foto : www.huffingtonpost.com

Siapa sangka, hanya dengan rutin bangun pagi bisa sukses. Banyak orang sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi setiap hari. Mereka berpikir, dengan bangun pagi jam 5 berturut-turut, selain untuk menjaga pola tidur, merefreshkan otak tapi juga membuat kesempatan datang lebih banyak sehingga lebih produktif. BTW, kalau kamu susah bangun pagi, itu bisa dijadikan resolusi loh. Kalau berhasil bangun pagi pukul 5 secara rutin dalam seminggu, bukankah itu bisa disebut dengan kesuksesan.

BACA JUGA : Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan ini bisa kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

2. Suka mengeluh membuat hidupmu terbebani. Pantang mengeluh membuat pikiranmu bebas menangkap peluang.

suka di kamar
Foto: anglianhome.co.uk

Mengeluh karena melihat orang lain sukses duluan tentu tidak membuatmu makin semangat, yang ada hanyalah umpatan rasa benci. Hentikan memakai standar orang lain untuk mendefinisikan sukses, ada baiknya focus terhadap tujuan agar pikiranmu lebih bebas dalam menangkap peluang.

3. Mencari inspirasi tidak hanya melalui nongkrong di cafe atau shopping, bisa juga melalui olahraga rutin yang biasanya malas dilakukan.

mark zuckerberg joging
Foto : www.movenoticias.com

Membiasakan diri untuk berolahraga tampak lebih mudah jika diucapkan tapi ternyata sulit dipraktikkan. Apalagi bagi kamu yang tidak suka berolahraga. Padahal dengan jogging atau pergi ke gym selain membuat tubuh dan otakmu lebih fresh, kamu bisa menyusun rencana lebih matang. Karena ide-ide cemerlang gampang muncul ketika pikiran jernih. Bukankah orang sukses selalu diiringi dengan ide-ide yang brilian?

BACA JUGA : Sukses di usia 20-an bukan lagi impian. Dengan tips ini, kamu akan lebih mudah menggapai kesuksesan

4. Baca, Baca dan BACA !

membaca buku
Foto : news.okezone.com

Paksa otakmu untuk membaca, paling tidak sehari sekali selama 1 jam. Entah itu artikel pendek, berita atau cerita apapun yang kamu suka. Membaca untuk menambah wawasan, mengetahui kabar dunia. Jadi manusia kritis itu perlu, dari membaca kamu bisa melihat kabar pasar dan peluang bisnis yang ada. Sukses ada di depan mata!

5. Kebiasaan sepele yang sering dilupakan adalah mencatat setiap ide yang muncul tiba-tiba.

mencatat
Foto : www.danielnugroho.com

Ide itu seperti jatuh cinta, sukanya datang mendadak, kalau tidak segera ditangkap bisa-bisa musnah. Untuk itu, ada baiknya mencatat setiap ide-ide yang bisa dijadikan peluang meskipun ide tersebut tidak mungkin dicapai sekarang atau kurang greget. Tapi kebiasaan mencatat tidak akan merugikanmu, justru kamu akan jadi orang yang rajin. Ingat ! Orang sukses bukan dilihat dari kekayaan semata tapi juga sikapnya yang rajin.

BACA JUGA : 7 Hal yang selalu dihindari orang-orang sukses. Boleh kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

6. Meski usia bertambah, status berubah menjadi ibu rumah tangga. Berhubungan dengan teman-teman lama adalah hal wajib untuk menambah link. Siapa tau ada yang mengajak kerja sama?

sudah punya pacar
Foto : hugoingablog.com

Berteman dengan siapa saja hendaknya kamu lakukan meski usia mulai menua. Anggapan bahwa setelah menikah hendaknya prioritas tercurah untuk keluarga memang benar adanya tapi paling tidak luangkan waktu seminggu atau dua minggu sekali untuk teman-teman lama. Siapa tau kelak ketika kamu membangun usaha, ada mereka yang siap diajak kerja sama. Intinya silaturahim, jadi jangan segan untuk menanyakan kabar ya!