7 Hal yang selalu dihindari orang-orang sukses. Boleh kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

william tanuwijaya tokopedia
Image Credit : www.biografiku.com

Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan? Bekerja keras? Disiplin? Fokus? Tiap orang punya formula yang berbeda untuk meraih sukses. Demikian juga dengan mereka yang kini telah sukses. Formula sukses Steve Jobs tentu berbeda dengan formula sukses Jeff Bezos.

Meski berbeda, ada beberapa kesamaan perilaku di antara orang-orang sukses itu. Mereka menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menjauhkan mereka dari kesuksesan. Di bawah ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari orang yang ingin sukses.

BACA JUGA : Beda antara calon pengusaha dan yang akan jadi karyawan selamanya. Kamu ada diposisi mana?

1. Orang sukses tidak bekerja di dalam ‘zona nyaman.’

elon musk
Foto : www.linkedin.com

Apa sih pengertian zona nyaman itu? Kita sering banget ngomong tentang zona nyaman tapi gak benar-benar paham artinya. Definisi zona nyaman yaitu keadaan psikologis yang dirasa familiar, mudah, terkendali, dan tidak menggelisahkan. Keluar dari zona nyaman bukan berarti harus memburu stres dan tekanan. Keluar dari zona nyaman berarti kamu harus melebarkan diri ke keadaan yang bisa memacumu untuk tumbuh dan berkembang.

2. Mereka tidak melakukan apapun tanpa belajar terlebih dahulu.

Belajar merupakan proses yang tidak pernah berhenti dalam kehidupan manusia. Salah satu keuntungan belajar ialah manusia jadi memiliki sudut pandang yang baik tentang hal yang dipelajari. Berhenti belajar menunjukkan tanda-tanda matinya seorang manusia. Coba bayangkan kalau Larry Page dan Sergey Brin berhenti belajar. Gooogle pasti tidak sebesar sekarang. Kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur canggih seperti Google Earth, Google Maps, dan Google Translate. Namun karena mereka terus belajar, jadilah Google seperti sebesar sekarang.

3. Agar bisa meraih kesuksesan, mereka tidak mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang negatif.

smile in office
Foto : www.businessmanagementdaily.com

Orang-orang negatif memiliki kekuatan yang destruktif alias menghancurkan. Jika kamu berada di sekeliling orang-orang negatif, sudut pandangmu juga akan berubah menjadi negatif. Mereka selalu menghalangi langkahmu untuk maju dengan terus-terusan bilang ‘tidak bisa’, ‘itu bukan hal yang bagus’, ‘sebaiknya kamu pertimbangkan lagi’. Padahal agar sukses, otak kita membutuhkan dorongan-dorongan yang positif. Adakah teman dekatmu yang demikian? Berarti sudah saatnya kamu memperbaikinya atau menggantinya dengan teman baru.

BACA JUGA : Sukses di usia 20-an bukan lagi impian. Dengan tips ini, kamu akan lebih mudah menggapai kesuksesan

4. Orang-orang sukses tidak membiarkan masa lalu menghantui masa depan mereka.

Masa lalu tidak bisa diubah. Ia sudah terjadi. Sekuat apapun keinginanmu untuk mengubahnya, ia tetap tidak bisa diubah. Satu-satunya yang bisa kamu lakukan ialah menerimanya apa adanya dan berdamai dengannya. Kamu tidak mungkin menuju masa depan jika pikiranmu masih tertambat pada bayangan masa lalu. Lepaskan ia perlahan. Sedikit demi sedikit, fokuskan pikiranmu menuju masa depan.

BACA JUGA : Sepucuk surat untuk diri sendiri yang masih sering mengeluh

5. Mereka yang kini sukses tidak takut bertanya akan nasihat orang lain.

richard branson
Foto : www.huffingtonpost.ca

Menanyakan nasihat pada orang lain tidak semudah yang dibayangkan. Seiring dengan meningkatnya budaya individualitas, manusia kini lebih senang memecahkan masalah mereka sendiri. Tanpa konsultasi dengan orang lain. Padahal, di luar sana, ada orang-orang yang telah mengalami permasalahan yang kita hadapi. Seperti yang dilakukan Richard Branson, pendiri Virgin, sebelum mengambil keputusan yang berat ia mendiskusikannya dengan pebisnis yang telah lebih dulu mengalami hal yang sama.

6. Orang-orang sukses tidak mudah hilang fokus pada detail.

fokus
Foto : www.entrepreneur.com

Sangat mudah bagi kita untuk terjebak pada detail. Perhatian manusia cukup mudah teralihkan pada detail yang kecil sehingga melupakan tujuan utama. Misalnya, kamu ingin pergi camping ke Gunung Merbabu. Dalam kenyataannya, kamu justru menyiapkan tetek bengek yang gak terlalu penting seperti baju. Pada akhirnya, kamu kebanyakan membawa baju dan malah tidak sempat dipakai di sana. Barang yang penting seperti jas hujan justru kamu lupakan. Sering banget kayak gini?

Nah, orang-orang sukses tidak mudah kehilangan fokus hanya karena detail. Para CEO perusahaan tentunya fokus pada hal besar seperti manajemen karyawan, pengelolan keuangan, dsb. Pikiran mereka tidak disibukkan dengan tinta printer, merek mouse, dan hal-hal kecil lainnya.

BACA JUGA : Katakan ‘selamat tinggal kegagalan’ dan sambut kesuksesan dengan melakukan 8 cara ini !

7. Orang-orang sukses tidak multitasking. Mereka memilih bekerja secara fokus pada satu hal, jika sudah selesai, baru menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Satu hal yang sering disalahartikan banyak orang ialah orang sukses merupakan orang yang multitasker. Padahal sebaliknya, mereka justru tidak melakukan multitasking. Mereka lebih memilih singletasking. Mereka menyelesaikan satu pekerjaan dengan fokus. Lalu setelah selesai, baru beralih ke pekerjaan lainnya. Pencapaian yang mereka dapatkan bukanlah hasil dari multitasking melainkan penyelesaian satu per satu.

Kita Muda harap 7 kebiasaan di atas tidak masuk dalam kehidupan kita. Lakukan evaluasi kecil-kecilan pada diri sendiri. Apakah lingkungan di sekelilingmu merupakan lingkungan yang positif? Sudahkah kamu bekerja di luar zona nyaman? Terus ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti untuk mengevaluasi tindakanmu selama ini.