Berhenti melakukan 7 hal ini agar masa mudamu nggak sia-sia

Menunda Pekerjaan
Image Credit : csdnews.com

Masa muda itu masa keemasan di mana semua hal ingin dilakukan anak muda. Mulai dari menikmati asiknya kuliah, serunya bekerja hingga kebiasaan suka-suka yang bikin anak muda lupa memikirkan masa depan. Alhasil saking seringnya hidup tanpa arah membuat masa depan mereka jadi berantakan. Nggak mau kan kalian jadi salah satu anak muda yang masa depannya suram?

BACA JUGA : 5 Kebiasaan sukses para miliarder berikut ini bisa kamu tiru

Nah untuk itu segera hindari 7 kebiasaan buruk ini agar hidupmu nggak sia-sia.

#1 Hidup foya-foya, nggak bisa ngatur keuangan.

uang
Foto : pendoasion.wordpress.com

Ingat, gaya hidup hedon alias foya-foya nggak akan membentuk masa depan yang cerah. Mulai sekarang hentikan kebiasaan boros demi kesenangan pribadi agar hidupmu nggak sia-sia. Mendingan di tabung dan mulailah belajar mengatur keuangan. Jangan sampai kamu terlilit hutang yang merepotkan orang sekelilingmu.

#2 Suka membiarkan pekerjaan menumpuk.

malas
Foto : blog.quinta.co.id

Penyakit yang sering hinggap dikalangan anak muda masa kini salah satunya adalah gemar menumpuk pekerjaan. Contohnya sepele, mulai dari menunda tugas kuliah, memprioritaskan kesenangan pribadi sebelum membereskan tanggungan pekerjaan hingga mengulur waktu untuk tidak mengerjakan tugas yang diberi orang tua. Wah kalau ini sering terjadi itu bisa mempengaruhi kinerjamu di masa depan.

BACA JUGA : 5 Investasi yang bisa kamu coba sebelum menginjak masa tua

#3 Bermalas-malasan.

males-malesan
Foto : productivemag.com

Jujur sih, Mumun juga nggak bisa mengelak kalau sifat malas pernah sekali dua kali melanda diri Mumun. Memelihara rasa malas memang nggak akan terasa dampaknya di awal tapi kalau udah keenakan bisa bikin kamu nggak sukses di masa depan. Kalau diusia muda aja kamu udah malas kerja jangan salahkan kalau kamu susah mencapai impianmu di masa mendatang. Stop dari sekarang deh.

#4 Takut untuk mencoba sesuatu dan mengambil kesempatan.

sibuk
Foto : www.askmen.com

Di usia muda hendaknya kamu lebih bersemangat untuk mencari pengalaman. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman atau membuang kesempatan yang datang padamu. Takut mencoba sesuatu atau tidak mengambil kesempatan sama saja akan membuatmu terkungkung dalam tempurung, lantas membuatmu jadi anak muda yang manja dan tidak berkembang. Selagi masih muda ambil kesempatan yang ditawarkan padamu.

#5 Memprioritaskan kesenangan hingga lupa dengan kewajiban.

bahagia
Foto : www.hotel-r.net

Ungkapan “menikmati hidup selagi masih muda” membuat mereka gampang terjebak dengan gaya hidup yang nggak sehat dan akhirnya fokus bersenang-senang. Tentunya hal ini berdampak pada masa muda jadi sia-sia. Kebanyakan bersenang-senang dari pada memikirkan masa depan membuat anak muda lupa juga akan tanggung jawab yang harus diemban. Mulai dari meraih cita-cita hingga membahagiakan orang tua.

BACA JUGA : 7 Sikap yang harus kamu buang agar cepat sukses!

#6 Nggak punya visi dan misi yang jelas. Sering kali ikut-ikutan teman.

menjadi follower
Foto : mabusagency.com

Nggak bisa dipungkiri bahwa masa muda itu memang untuk dinikmati. Tapi ingat juga bahwa kamu punya tanggungan untuk mulai memikirkan arah kehidupanmu. Di awali dengan membangun misi dan visi yang jelas sejak usia muda membuatmu makin mantap menata masa depan. Jangan asal ikut-ikutan teman dan nggak berpendirian. Apalagi sampai terjerembab ke pergaulan yang buruk.

#7 Nggak mau meluangkan waktu bersama orang tua atau keluarga.

Mother and daughter
Foto : www.twinkleintheeyeblog.com

Sikap kayak gini nih yang kelak bikin hidupmu sia-sia. Kok bisa? Pikirkan, kalau kamu terlalu sibuk bersenang-senang dan terjerumus dalam gaya hidup hedon, sehingga kamu lupa dengan orang terdekat terutama keluarga. Ingatlah suatu saat orang tuamu juga makin tua dan berbalik butuh kasih sayang dari anaknya yaitu kamu. Maka dari itu, mumpung kamu masih muda dan punya banyak waktu dengan orangtua, manfaatkanlah sebanyak-banyaknya.