Tak perlu olahraga berat-berat, karena cukup dengan ketawa aja udah bisa bikin kamu sehat! Ini alasannya…


Tertawa lepas hingga menunjukkan gigi dan mulut adalah sebuah luapan bahagia yang secara spontan dilakukan manusia. Ekpresi bahagia ini muncul setelah kita mendengar kisah lucu, melihat hal yang lucu, atau sekedar menemukan hal menarik yang tiba-tiba membuatmu ingin tertawa.

‘Laughter is the best medicine’ demikian yang kita tahu selama ini. Tertawa adalah cara terbaik untuk menghilangkan racun di tubuh secara alami. Untuk itu, nggak cuma untuk merayakan kebahagiaan saja, tertawa juga boleh kamu lakukan saat menemui banyak hal buruk dalam hidup.

 

BACA JUGA: Inilah bahaya yang akan timbul kalau kamu memiliki kuku panjang

 

Wah, tertawa itu sangat penting ya dan ternyata masih banyak lagi manfaat tertawa bagi tubuh selain membuat  hati plong dan meningkatkan semangat. Hmm, Kawan Muda pada penasaran? Yuk, kita intip apa saja manfaatnya.

1. Tertawa bisa membuat kamu panjang umur

via: nation.com.pk

Menurut penelitian, orang yang nggak mengidap penyakit apa pun, apabila tertawa dan selalu memandang hidup dengan positif akan memiliki usia yang jauh lebih panjang.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Archives of General Psychiatry mengungkapkan bahwa lansia berumur 65—85 tahun yang hidup dengan optimis, cenderung berumur panjang daripada mereka yang pesimis.

2. Dengan tertawa kekebalan tubuhmu bisa meningkat lho

via: momtomom.com

Para peneliti mengungkapkan bahwa saat kamu tertawa, jumlah sel “T” yang memproduksi antibodi bagi tubuh akan meningkat. Nah, kalau begini kamu nggak akan rentan terkena batuk, demam, atau alergi.

 

BACA JUGA: Ingin tetap sehat meski berada di lingkungan orang-orang sakit? Lakukan 6 hal ini!

 

Selain itu saat kamu tertawa, kadar hormon yang menyebabkan stres akan turun sehingga kamu akan jauh dari tegang dan rasa cemas saat stres.

3. Rasa sakit yang kamu rasakan bisa berkurang kalau kamu tertawa

via: pri-med.com

Saat kamu tertawa, tubuh akan melepas hormon endorfin (hormon yang membuat seseorang merasa senang) yang mampu menghilangkan rasa sakit dan khasiatnya lebih besar daripada morfin!

Nah, biasanya terapi tertawa untuk menghilangkan rasa sakit digunakan saat proses persalinan.

4. Tertawa bisa mengurangi tingkat depresi

via: 1wallpaper.net

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Geriatrics and Gerontology International, terapi tertawa memiliki dampak positif pada pasien yang menderita depresi.

 

BACA JUGA: Sering mengenakan baju baru tanpa dicuci dahulu? Kamu WAJIB tahu fakta menyeramkan ini!

 

Hal ini karena, tertawa dapat mengurangi ketegangan,  stres, dan menurunkan kecemasan; yang merupakan faktor-faktor utama penyebab depresi.

5. Kalau kamu pingin menemukan jodoh ideal, sering-seringlah tertawa

via: vividscreen.info

Bocoran buat Kawan Muda yang cewek-cewek nih, ternyata para cowok lebih suka sama cewek yang nggak sungkan buat tertawa di hadapan mereka lho! Tertawa ya, bukan senyum manis doang.

Kalau misal kamu sudah punya pacar dan pingin hubungan makin lancar, mulai sekarang belajar ngelawak deh atau iseng-iseng cari jokes yang asyik buat bahan obrolan bareng pacar.

6. Tertawa itu “menular” dan mampu membuat hubungan pertemanan makin dekat

via: sydney.com

Saat kamu tertawa, kamu nggak hanya membuat dirimu saja yang tenang dan bebas stres. Orang-orang di sekitarmu juga ikut ketularan tertawa.

 

BACA JUGA: Berbahagialah sewaktu-waktu, tanpa harus menunggu segala sesuatu menjadi lengkap dan sempurna

 

Kalau kamu mampu menciptakan suasana hangat dan membuat teman-teman tertawa, kamu bisa membantu menghilangkan stres mereka juga. Nah, hubunganmu dan teman-teman akan semakin dekat deh.

7. Ternyata tertawa itu bisa membakar kalori lho

via: howtoburnfat1.com

Menurut penelitian, tertawa lepas akan membakar sekitar 10-40 kalori dalam 15 menit! Selain itu, kalau kamu pingin olahraga tapi mager, bisa tuh nyoba ketawa sebanyak-banyaknya.

Tertawa hingga 100 kali itu setara dengan fitness 10 menit menggunakan rowing machine atau 15 menit dengan sepeda statis. Hehe, asyik juga ya!

8. Tertawa bisa melindungi jantungmu

via: medscape.com

Tertawa bisa menurunkan tekanan darah dan memperlancar peredaran darah. Inilah yang menjauhkan kamu dari kemungkinan terkena stroke atau serangan jantung.

 

BACA JUGA: 10 hal yang harus kamu hapus demi memperoleh kebahagiaan hakiki dalam hidup

 

Menurut penelitian, rutin tertawa 15 menit setiap harinya sangat penting bagi kesehatan jantung. Hal ini karena, tertawa 15 menit setara dengan melakukan olahraga untuk jantung selama 30 menit (yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu).

**

Nah Kawan Muda, sudah tahu kan manfaat menakjubkan kalau kamu tertawa? Tertawalah selagi gratis dan sebelum tertawa itu dilarang! Hehe….