Aneh tapi nyata, minum air putih terlalu banyak ternyata berbahaya!


Berapa banyak air putih yang kamu minum per hari? Kawan Muda pasti sudah nggak asing dengan anjuran minum air putih senggaknya  8 gelas per harinya. Jumlah 8 gelas per hari itu nggak hanya murni jumlah air putih yang kita minum saja; makanan mengandung air atau minuman lain yang masuk ke dalam tubuh juga masuk dalam hitungan ini. Wah, berarti selama ini konsumsi air kita berlebih dong?

Minum air putih memang memiliki banyak dampak yang positif bagi kesehatan, terutama fungsi air putih sebagai penyeimbang dan pengganti cairan  tubuh yang hilang saat kita beraktivitas. Tapi, saat kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih—apalagi dalam jangka waktu yang singkat—ternyata memiliki dampak negatif. Seramnya, bisa berujung pada kematian lho, Kawan Muda!

Mungkin terkesan aneh ya kalau minum air terlalu banyak ternyata nggak baik bagi tubuh. Dari pada kamu penasaran, yuk lihat bahaya apa saja yang ditimbulkan kalau minum air putih terlalu banyak.

1. Kelebihan air mineral menyebabkan pembengkakan OTAK loh

via: medscape.com
via: medscape.com

Tau nggak sih gaes, terlalu banyak minum air ternyata menyebabkan darah dalam sistem peredaran darah kita jadi encer. Ketika darah kita encer kandungan elektrolit dalam darah menjadi turun. Sedangkan elektrolit dan darah harus seimbang.

Bayangin aja kalau air yang masuk ke tubuh berlebihan? Yang terjadi, air akan meresap ke dalam sel-sel tubuh yang dapat meyebabkan sel membengkak. Kalau kondisi ini udah terjadi di sel otak, kamu akan mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala ringan, gangguan pernapasan, koma, bahkan kematian.

2. Minum terlalu banyak air putih juga dapat membahayakan GINJAL

via: ujeujiherbal.blogspot.co.id

Fungsi ginjal adalah menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan air yang masuk ke dalam tubuh akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan sistem tubuh.

Mungkin kita nggak merasakan ada perubahan pada tubuh karena memang nggak ada gejala yang jelas. Eits, tapi jangan diremehkan karena dapat berujung pada kerusakan ginjal atau gagal ginjal.

3. Kinerja JANTUNG akan terganggu kalau kamu terlalu banyak mengkonsumi air putih. Kok bisa?

via: kudokter.blogspot.com

Simpelnya, ketika kamu minum air berlebihan, volume darah otomatis akan meningkat. Ketika volume darah meningkat, jantung dan pembuluh darah melakukan kerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Bayangkan ketika jantung terus-menerus memompa volume darah yang berlebih dan bagaimana jika jantung nggak lagi mampu melakukannya?

Waini, Kawan Muda harus waspada nih. Karena akan berdampak pada gagal jantung! Apa???

Mungkin kamu pernah mengalami gejala seperti badan lemah, cepat lelah, jantung suka berdebar-debar, keringat dingin, hingga sesak nafas?

Hmm, jangan disepelekan karena itu merupakan beberapa gejala gagal jantung, lho!

4. Kalau sudah begitu, berapa banyak air yang harus kita konsumsi sehari?

via: plus.google.com/+jufrianiannisa

Cara yang paling mudah adalah dengan melihat seberapa berat aktivitas yang kamu kerjakan pada hari itu.

Jika kamu melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, maka minumlah air yang CUKUP agar nggak dehidrasi. Ehm, jangan langsung minum 1,5 liter dalam satu waktu ya! Apalagi kamu yang gemar berolahraga jangan sampai sekali teguk langsung habis 1,5 liter.

Jika kamu sedang sakit, minum banyak air memang sangat disarankan. Tapi, jangan sampai ya melebihi konsumsi air saat kamu sedang sehat atau beraktivitas, ya. Bahaya minum banyak air akan lebih cepat terlihat pada orang yang sedang sakit.

Intinya, jangan minum air dalam jumlah yang bisa bikin tubuhmu kaget! Takaran 6—8 gelas per hari itu memang sudah pas, tapi ingat, makanan yang mengandung air dan minuman lain yang masuk ke tubuh juga masuk dalam hitungan, ya!