Alasan kenapa banyak orang yang masih muda tapi rambutnya sudah beruban


Situs iflscience.com mengemukakan bahwa umumnya, proses perubahan warna pada rambut (ubanan) dimulai pada usia 30-an. Kemudian saat memasuki usia 50-an, jumlah pergerakan rambut yang beruban menjadi semakin signifikan.

Tak cukup sampai di situ. Rupanya faktor ras juga memiliki pengaruh penting. Orang-orang Kaukasia misalnya, mereka cenderung memiliki uban yang lebih banyak dibanding orang-orang Asia maupun Afrika. Padahal secara biologis, ubanan terjadi ketika sel pigmen yang berfungsi memberikan warna pada rambut tidak lagi bekerja, yang lazimnya, itu terjadi pada usia-usia yang Kita Muda sebutkan di atas tadi. Tetapi, mengapa ada saja orang-orang yang usianya masih muda, namun rambutnya sudah memutih? Mari kita preteli alasannya satu per satu.

1. Merokok tak hanya membunuhmu. Tapi juga berpengaruh terhadap rambutmu.

via: lebahmadu19.blogspot.com
via: lebahmadu19.blogspot.com

“Merokok membunuhmu,” kata sebuah iklan rokok. Dari sekian banyak dampak buruk yang diberikan oleh rokok, ada satu dampak yang rupanya tak terbantahkan: merokok dapat mempercepat proses penuaan! Penuaan itu tak hanya terjadi pada kulit, namun juga rambut.

Menurut majalah TIME, keriput tersebut juga terjadi di kulit kepala dan kemudian berdampak pada folikel rambut yang akhirnya berisiko membuat Kawan Muda beruban lebih cepat. Tampak lebih tua dari usia sesungguhnya.

2. Tapi selain rokok, bisa juga karena stres. Tapi bukan stres karena tak sanggup beli rokok, sih.

via: style.tribunnews.com
via: style.tribunnews.com

New York University mengadakan penelitian, yakni dengan mengamati perkembangan yang terjadi pada tikus. Mereka (para peneliti) menemukan bahwa stres bisa mematikan sel-sel stem yang menjadi basis folikel rambut yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Jadi buat kamu kamu kamu bujang galau yang masih suka stres gara-gara kepikiran mantan, sudahlah. Move on. Kasihani rambutmu itu loh yang semakin beranjak memutih.

3. Faktor gen juga bisa.

via: giowahyu.blogspot.com
via: giowahyu.blogspot.com

Cepat atau lambatnya uban dipengaruhi juga oleh faktor genetik. Penelitian membuktikan bahwa saudara kembar, memiliki kemungkinan pertumbuhan uban pada usia yang sama, dengan tingkat serta pola uban yang serupa.

4. Atau karena kurang vitamin.

via: channelkesehatan.com
via: channelkesehatan.com

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang berperan penting bagi rambut. Vitamin B12 diketahui hanya terkandung dalam produk makanan hewan. Jadi kalau Kawan Muda di sini ada yang jadi vegetarian, hati-hati loh, karena sangat berisiko kekurangan vitamin B12. Meskipun, kurangnya vitamin ini juga bisa disebabkan karena faktor lain, sih. Mengonsumsi pil KB, misalnya. Atau menderita beberapa penyakit tertentu, seperti anaemia. Adanya vitamin B12 ini sangat penting, karena turut berperan bagi sistem imun, kesehatan otak, dan sel darah.

5. Bisa jadi juga, kamu menderita penyakit tertentu.

via: penumbuhrambuttradisional.com
via: penumbuhrambuttradisional.com

Menurut TIME, penyakit-penyakit autoimmune seperti vitiligo dan alopecia (dimana sel di tubuh menyerang tubuh sendiri) bisa memegang andil terhadap cepatnya pertumbuhan uban penderitanya.

Beberapa kondisi asing lainnya juga diketahui berpengaruh, seperti anaemia dan gangguan di kelenjar tiroid. Selain itu, Hutchinson-Gilford progeria Syndrome dan Werner syndrome bahkan bisa membuat Kawan Muda mengalami penuaan yang lebih cepat, loh.