Jangan menggunakan headphones terlalu sering, atau 6 hal ini akan menimpamu

headphones2
Image Credit : latimesblogs.latimes.com

Dengan headphones, kamu tak perlu lagi kesusahan untuk mendengarkan musik, misalnya saja ketika tengah berada di tempat umum. Cukup ditempelkan atau dijepitkan di telinga, maka kamu bisa mendengarkan musik favorit dengan bebas.

Tapi ternyata, ada beberapa bahaya jika kita menggunakan headphones terlalu lama. Apa saja? Mari kita simak …

#1 Memakai headphones terlalu lama bisa membuat telinga kamu jadi infeksi, apalagi jika kamu menggunakannya secara bergantian. Serem kan?

telinga
Foto : kesehatan-kulit.info

#2 Lalu, jika kamu terlalu lama mengenakan headphones, bisa mengganggu saluran udara yang di telinga. Dan hal ini membuat telingamu rentan terkena infeksi seperti Tinnitus (telinga yang berdengung).

telinga-berdengung
Foto : euthymiades.com.cy

#3 Selain infeksi, terlalu sering menggunakan headphones bisa menyebabkan rasa sakit di telinga.

tidak mau mendengar
Foto : michaelgeist.ca

#4 Nggak berhenti di sakit telinga, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh pemakaian headphone bisa menyebabkan masalah otak dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini disebabkan karena saraf telinga berhubungan langsung dengan otak.

otak
Foto : ww2.kqed.org

#5 Memakai headphones dengan volume lebih dari 90 desibel bisa menyebabkan komplikasi pendengaran yang serius dan berujung dengan penurunan pendengaran.

tidak-mendengar
Foto : www.whyimcray.com

#6 Selain akibat di atas, penggunaan headphones dalam waktu lama bisa menyebabkan kerugian seperti kecelakaan jika digunakan saat berkendara.

kecelakaan
Foto : www.treehugger.com

Jadi, gunakan headphones kesayanganmu dengan bijak ya! Agar hal-hal seperti di atas tak terjadi pada dirimu, sebaiknya pasangan volume dengan ukuran yang wajar dan jangan terlalu lama. 🙂 Semoga bermanfaat. Share!