10 Cara agar kesehatan otak tetap terjaga. Harus kamu coba, agar nggak pikunan di masa tua

otak
Image Credit : ww2.kqed.org

Kamu boleh saja memeras otakmu untuk terus berpikir ini itu. Tapi apa daya, seiring bertambahnya usia, tentu tubuhmu akan mengalami fase mengeluh. Di mana penyakit dan fungsi organ organ vital terutama otak mengalami kemunduran.

BACA JUGA : Cerdaslah memilih makanan! Hindari beberapa makanan ini agar otakmu nggak mengalami kemunduran

Nah, agar kemunduran otak nggak mudah terjadi kamu bisa melakukan 10 cara ini supaya kesehatan otakmu tetap terjaga dan otak mampu berpikir kreatif serta bisa mengenang memori bersama mantan hingga usia tua. (Ini buat kamu yang nggak mau melupakan mantan loh) haaahhahha

1. Berusaha mengingat suatu momen secara acak

gak tau
Foto : www.thebusinesswomanmedia.com

Sebuah metode di sebut Neurobics mampu mengembalikan dan menyeimbangkan fungsi otak dengan cara mengingat suatu momen secara acak. Metode itu ditemukan oleh para peneliti dari Duke University. Caranya cukup mudah, mereka menggunakan anggota tubuh yang berlawanan untuk menulis. Jika tangan kananmu biasanya untuk menulis kini cobalah jadi kidal, begitu pula sebaliknya.

2. Menggunakan bagian lain dari otak untuk berpikir

Jalan pikiran mereka sangat luas dan imajinasinya tidak terbatas
Foto : theodysseyonline.com

Maksudnya kamu nggak harus menggunakan cara yang sama untuk berpikir. Misalnya kamu selalu menggunakan metode baca buku agar bisa menghapal lebih baik. Tapi ada baiknya kamu menggunakan metode lain seperti mendengarkan berita dari radio, mengikuti seminar, sehingga metode belajarmu lebih beragam jadi kemampuan otak dalam berpikir bisa lebih tajam.

Kalau diaplikasikan untuk mengenang mantan sih, kamu nggak cukup memandang fotonya aja, kamu bisa stalking sosmed atau mengenang barang-barang pemberian mantan. HAHAHA

3. Makan makanan sehat sebagai suplemen otak

buah
Foto : www.gudangkesehatan.com

Makanan sehat untuk otak banyak banget, misalnya kacang dan biji-bijian terutama mengkonsumsi ikan beromega 3. Kenapa ini sangat dianjurkan? Hal ini terkait dengan peningkatan obesitas di kalangan anak muda yang memicu penyakit demensia, yang erat kaitannya dengan penurunan fungsi otak.

4. Sertai dengan olahraga

jogging
Foto : man-in-trend.com

Berolahraga dapat meningkatkan asupan darah ke otak terutama jika kamu suka berenang. Aktivitas fisik seperti berenang memiliki nilai tambah untuk perekembangan mental.

5. Main video game juga dapat membantu melatih otak

main game di kantor
Foto : www.alankoh.net

Kabar gembira buat kamu yang nggak rela meninggalkan kenangan bersama mantan. Banyak orang memaksa move on dengan cara main game agar lebih baik tapi sebaliknya semakin kamu main video game kenangan akan dia semakin membuncah. HAHAHA

Itu karena video game dapat merangsang bagian otak yang mengontrol gerak, ingatan, perencanaan dan keterampilan motorik halus.

6. Bermusik dapat melatik otak lebih baik

pria bermain gitar
Foto : www.uberchord.com

Begitu pula dengan main alat music, kegiatan itu akan memberikan efek jangka panjang ketika kamu sudah tua nanti. Bermusik dapat meningkatkan kemampuan otak dalam merencanakan sesuatu, meningkatkan koordinasi antara otak dan syaraf motorik pada tangan serta leher. Nggak heran banyak orang yang baper ketika berusaha main gitar dengan sepenuh hati. Mungkin ingat mantan.

7. Perbanyaklah membangun link pertemanan agar otak makin tajam

berinteraksi di kantor
Foto : www.layawellness.ie

Mengobrol dengan banyak orang, bersosialisasi sana sini adalah salah satu cara meningkatkan ketajaman otak. Terlebih jika kamu suka beraktivitas social, dengan mengikuti komunitas kamu juga bisa meningkatkan fungsi otak lebih cepat.

8. Berhati-hatilah terhadap apa yang kamu minum

minuman bersoda
Foto : www.eatthis.com

Siapa sih yang nggak tahu kalau alcohol itu memperburuk otak. Minum alkohol terlalu banyak dapat merusak otak pada bagian memori secara permanen. Wah kalau begini lebih baik kepikiran mantan terus dari pada otak yang rusak. Iya nggak?

9. Tenangkan diri dengan bermeditasi

meditasi
Foto : www.hipwee.com

Terlalu banyak beban dan tekanan bisa merusak bagian abu-abu otak yang menyimpan banyak sel syaraf untuk memproses informasi. Tapi itu bisa kamu hindari dengan cara bermeditasi atau mengikuti kelas yoga.

10. Tidur yang cukup

tidur
Foto : www.huffingtonpost.com

Setelah melalui kisah cinta yang cukup berat tapi nggak ada keinginan untuk melupakan, kamu diperkenankan untuk tidur maksimal. Dengan tidur yang cukup dapat membantumu untuk tetap fokus dan nggak mengantuk saat menyimak informasi ke otak.

Wah jadi bingung nih, niatnya mau investasi kesehatan untuk hari tua eh malah kenangan mantan juga nggak bisa dihilangkan saking tajamnya otak. HEHEHE