Perlu kamu tahu, pipis di kolam renang itu berbahaya!

Kolam renang
Image Credit : www.pri.org

Segarnya air kolam bikin kamu nggak sabar untuk berenang. Sebelum berenang beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mandi, keramas hingga buang air terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan diri dan nggak mengotori kolam.

Tapi tahu nggak sih, meski kita udah membersihkan badan sebelum berenang nggak semua orang mau tampil higienis. Banyak pula yang nggak melakukan beberapa hal tersebut atau bahkan ada yang jorok dengan sengaja pipis di dalam kolam atau nggak sengaja pipis karena udah nggak tahan. Beuuuhhh. Sehingga itu berdampak ke kita yang udah bersih jadi ikutan jorok kena air kolam yang bercampur pipis. Nah untuk beberapa dari kamu yang belum sepenuhnya paham seberapa bersih atau bahaya sih air kolam renang itu? Yuk, sebelum siap-siap berenang baca dulu.

Faktanya di setiap kolam renang umum, SETIAP orang berhasil menyumbang 30-80 ml air pipis ke dalamnya. Jadi ya bayangkan sendiri, seberapa banyak pipis di dalam kolam.. hehehe.

Kolam
Foto : smokeysmountain.blogspot.com

Fakta ini makin diperjelas melalui serial televise berjudul American Chemical Society’s reaction. Di mana episode terakhirnya menjelaskan bahwa kencing dalam kolam renang yang menempel di tubuh kita, menyebabkan bahaya serius seperti masalah pernapasan (asma) dan mata merah iritasi. Jadi kalau mata kamu habis berenang terasa pedih dan merah itu tandanya ada air kencing berhasil masuk ke mata. Serem gaes.

Dibalik rasa dan bau kolam yang khas terdapat disinfektan bercampur keringat termasuk air pipis yang dibawa semua orang ke dalamnya.

Kamu pasti nggak asing dengan bau menyengat dari kolam renang umum. Bau itu berasal dari air kolam yang diberi disinfektan seperti klorin untuk membuat air di dalamnya bebas dari berbagai jenis pathogen.  Dengan memberi zat tersebut nggak hanya untuk membersihkan air tapi juga membuat kita yang berenag aman tanpa perlu khawatir terinfeksi serangga.

Kolam renang
Foto : in.pinterest.com

Meski tubuh kita sudah aman dari serangga, nyatanya tubuh kita lebih kotor dari yang kita pikirkan. Pasalnya disinfektan cukup bereaksi keras terhadap segala sesuatu yang menempel di tubuh kita seperti kotoran, keringat, panu, Lotion bahkan air pipis. Ya, manusia adalah makhluk paling kotor.

Kalau disenfektan udah bertemu dengan apapun yang ada dalam tubuh kita termasuk air kencing. Bisa menciptakan senyawa baru yang berbahaya bagi tubuh.

Karena dua senyawa ini saling bertemu dalam kolam renang dan bercampur menjadi satu akan timbul senyawa baru yang disebut disinfektan sampingan atau DBP yang menyebabkan efek kesehatan mengkhawatirkan. DBP bertanggung jawab atas terjadinya mata merah iritasi akibat menyelam terlalu lama, bisa juga mengalami gangguan pernapasan.

Itu kenapa beberapa orang cerdas dan yang memiliki harga diri tinggi memilih untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berenang dan tidak buang air pipis sembarangan. Cara itu bisa mengurangi banyaknya kotoran yang tertampung di dalam kolam. Setidaknya kita sebagai manusia juga harus menyadari bahwa buang air haruslah pada tempatnya, bukan di kolam renang!

Sah-sah aja berenang di tempat umum bersama keluarga untuk bersenang-senang. Paling nggak sebelum berenang pastikan badanmu bersih dan nggak pipis sembarangan ya agar nggak merugikan orang lain juga.