Calon ibu rumah tangga, perlu kamu tahu, ini lho 8 makanan yang bisa beracun kalau dipanaskan kembali

gorengan
Image Credit : www.mabesdenny.com

Apalagi tujuan para ibu rumah tangga menghangatkan makanan yang tersisa agar bisa dikonsumsi kembali, selain karena alasan agar efektif, efisien, dan menggugah selera makan? Karena memang, memakan kembali makanan yang sudah dingin itu rasanya agak bagaimana begitu ya. Hambar-hambar di mulut gitu.

BACA JUGA : 6 Manfaat terselubung dari Buah Nangka yang ternyata nggak cuma buat es campur aja

Engkau para ibu rumah tangga, atau para anak kost, atau siapapun manusia yang hidup di dunia fana ini, pastilah pernah melakukan hal-hal semacam itu berulangkali. Sampai-sampai tak tahu kalau ada sebuah fakta yang mengatakan bahwa makanan yang dipanaskan berulang, kandungan zat vitamin atau proteinnya justru akan berkurang, bahkan dalam tingkat yang lebih parah malah bisa beracun.

Melalui artikel ini Kita Muda ingin menyajikan kepadamu, makanan-makanan apa saja yang apabila dipanaskan berulang, kandungan zat vitamin atau proteinnya justru akan berkurang, bahkan bisa beracun itu. Ini dia…

1. Kanker bisa muncul dalam tubuh apabila sering mengkonsumsi bayam yang dihangatkan kembali, karena mengandung zat karsinogenik.

sayur bayam
Foto : www.semua-sehat.com

Bayam akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak, karena memang pada dasarnya bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi.

Kalau suatu saat engkau memasak bayam, dan ternyata masih ada sisa dan masih bisa dikonsumi, sebaiknya jangan dipanaskan dan dikonsumsi lagi deh. Karena kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen, atau gampangnya, bisa memicu kanker.

2. Menghangatkan kembali nasi sisa bisa menimbulkan spora. Sebaiknya, masak nasi saja secukupnya, lalu habiskan saat itu juga.

nasi
Foto : leeweebrothers.com

Nasi memiliki kandungan karbohidrat, dan kalorinya menjadi sumber energi utama. Memanaskan kembali nasi (sisa) menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu nasi tersebut mendingin kembali, spora tersebut akan berkembang biak. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan diare dan muntah-muntah. Waspadalah!

3. Telur yang masih utuh dengan kuning telur di dalamnya, apabila dipanaskan ulang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

telur
Foto : www.teropongbisnis.com

Telur yang dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur. Khususnya pada bagian kuning telurnya, karena dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

4. Daging ayam boleh dipanaskan kembali, asal saat memanaskan, apinya tak terlalu besar.

ayam goreng
Foto : www.tokomesin.com

Daging ayam yang dimasak atau dipanaskan kembali, menyebabkan komposisi protein yang dikandungnya akan berubah dan menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Tetapi kalau memang kamu ingin memanaskan, lakukan saja, asalkan apinya tak terlalu besar.

5. Waspadalah! Kentang yang kembali dipanaskan, mengandung bakteri langka dan berbahaya bagi tubuh.

kentang
Foto : pixabay.com

Kentang banyak mengandung zat besi dan tembag yang sangat baik untuk nutrisi otak. Nggak cuma itu, kentang juga diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna dan mampu menyehatkan lambung.

Ketika kentang dipanaskan, maka sebagian besar kandungan positifnya (seperti kandungan zat besi dan tembag yang sangat baik untuk nutrisi otak. Dan kandungan karbohidrat yang mudah dicerna serta mampu menyehatkan lambung) akan hilang. Selain itu juga memicu perkembangan botulisme, yaitu bakteri langka yang berbahaya bagi tubuh. Hati-hati!

6. Buang potongan seledri yang terdapat dalam sop ketika dipanaskan, karena itu mengandung racun.

seledri
Foto : ayselalver.blogspot.com

Seledri seringkali digunakan pada makanan berkuah sebagai bumbu alami untuk mempertajam rasa makanan tersebut. Sama halnya seperti bayam, pemanasan ulang pada daun seledri dapat membuat kandungan vitaminnya (vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E yang baik untuk sistem imun manusia, melancarkan aliran darah, menghambat penuaan dan mencegah berbagai macam penyakit) hilang.

Selain itu, kandungan oksidannya bisa berubah menjadi karsinogen. Kita Muda menyarankan agar daun seledri ditaburkan pada mangkuk sup yang akan dihidangkan. Bukan dimasak bersama dala panci. Gitu.

7. Jamur yang sudah dipanaskan berulang kali, akan mempengaruhi kinerja jantung apabila dikonsumsi.

masakan jamur
Foto : resepgurih.com

Jangan memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur. Karena kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan, sehingga kamu akan kehilangan manfaat gizinya. Selain itu, memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur juga tak baik buat pencernaan, sehingga mempengaruhi kerja jantung.

8. Gorengan yang digoreng ulang, membuat kandungan lemaknya semakin tinggi. Hati-hati!

gorengan
Foto : majalahkesehatan.com

Inilah makanan semua manusia. Terutama, manusia Indonesia. Makanan rakyat. Makanan enak. Saking enaknya, kadang kalau ada sisa, sampai-sampai digoreng ulang. Padahal pemanasan tersebut hanya membuat gorengan semakin berbahaya untuk kesehatan, karena kandungan lemaknya semakin tinggi.

BACA JUGA : Kebaikan yang terdapat pada Yogurt yang harus kamu tahu

Jadi bagaimana, masih mau mengkonsumsi “makanan-makanan yang dipanaskan ulang”, calon ibu rumah tangga?