Hati-hati, karena nggak semua makanan boleh dimakan mentah. Dan diantaranya adalah berikut ini

daging mentah
Image Credit : pixabay.com

Bicara soal makanan yang ada dipikiranmu adalah makanan matang yang masih hangat siap santap. Tapi semakin mengikuti jaman, ada pula makanan yang disajikan secara mentah seperti sushi atau salad sayur yang nggak kalah lezat saat dimakan. Kenapa demikian? Hal ini ada hubungannya dengan kandungan gizi yang jusru hilang jika terkena suhu panas atau dimasak.

Beberapa makanan memang bisa dimakan mentah, kebanyakan sayur, seperti wortel, selada, kubis dan lainnya. Namun perlu diketahui kalau nggak semua makanan itu bisa dimakan mentah lo guys. Apa aja? Kita Muda udah list-kan 10 makanan yang sebaiknya nggak dikonsumsi mentah.

1. Almond pahit

almond
Foto : grapplergourmet.com

Siapa yang nggak kenal kacang gurih Almond? Rasanya yang manis ada pahit-pahitnya ini tentunya nggak boleh sembarangan dimakan apalagi dalam kondisi mentah. Pasalnya, Almond mentah mengandung hidrogen sianida yang bersifat racun yang mematikan. Wah nggak kalah sama kopi sianida ya.

2. Kacang Merah

kacang merah
Foto : essenstoria.blogspot.com

Usut punya usut kacang merah juga nggak baik jika dikonsumsi mentah. Dengan memasaknya terlebih dahulu akan ada protein racun yang akan hancur jika terkena suhu panas.

3. Talas

daun talas
Foto : www.deviantart.com

Meskipun talas sangat cocok dimakan untuk orang yang berdiet tapi jangan sekali-kali mencobanya dalam keadaan mentah. Kulit talas mentah getah kalsium oksalat yang akan membuat kulit mati rasa, gatal dan iritasi bahkan bisa mengganggu ginjal.

4. Kentang

kentang
Foto : blogs.unpad.ac.id

Semua orang kayaknya nggak akan mau kalau makan kentang mentah. So pastikan kalau memasak kentang benar-benar matang ya guys. Karena kalau masih mentah akan muncul senyawa solanine yang bisa menimbulkan sakit perut bahkan pingsan atau lumpuh tak sadarkan diri. Wow, hati-hati ya.

5. Daun papaya

daun pepaya
Foto : www.satujam.com

Hmm…daun yang satu ini kalau dimasak dengan benar rasanya pasti enak. Tapi beda jadinya kalau kamu makan sebagai salad alias mentah. Getah dari daun papaya yang bila tidak diolah secara benar dapat mengandung hidrogen sianida. Bisa-bisa bukan kenyang yang didapat melainkan malapetaka bagi tubuhmu.

6. Singkong

singkong
Foto : fedep.salatigakota.go.id

Wah siapa yang suka banget sama kripik singkong? Tapi hati-hati ya guys, singkong juga mengandung hydrogen sianida juga tidak dimasak dengan benar. Tentunya bisa menimbulkan hal-hal yang mematikan seperti mengganggu sirkulasi oksigen dalam tubuh hingga berdampak mematikan.

7. Risin atau kacang tanaman jarak

risin - tanaman jarak
Foto : juragandodoll.blogspot.com

Mungkin sebagian dari kamu nggak mengenal apa itu risin. Tapi tanaman ini jika dikonsumsi secara mentah bisa berbahaya loh.  Adanya protein racun yang terkandung dalam tanaman tersebut, mampu membunuh dengan cepat. Rasanya pun pahit, jadi kenapa harus mencobanya?

8. Jamur

jamur
Foto : food.detik.com

Hati-hati dalam mengkonsumsi jamur. Meski rasanya yang mampu menggoyang lidah, tapi waspadai jamur yang kurang matang atau mentah. Karena mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut hingga mengganggu sistem gastrointestinal (pencernaan).

9. Biji atau buah zaitun

zaitun
Foto : www.hanannaqq.com

Buah zaitun biasanya jadi cemilan asik untuk ngobrol. Tapi sayangnya, meski rasanya enak, buah ini nggak bisa dimakan secara mentah karena mengandung senyawa oleuropein. Beruntungnya senyawa ini nggak sampai bisa membunuh seseorang, ya Cuma rasanya sangat pahit hingga membuat mulut mati rasa. Tapi tenang aja, kalau yang matang aja udah sip kenapa perlu makan yang mentah.

10. Daging

daging
Foto : jualdagingnet.blogspot.com

Sesuka apapun kamu sama daging, entah daging sapi atau ayam pastikan 100% bahwa daging tersebut matang dan jangan sekali-kali makan dalam keadaan mentah, apalagi daging babi. Karena kamu nggak pernah tau adanya bakteri atau potensi penyakit apa saja yang dibawa hewan dalam tubuh mereka.

Sekali lagi guys, kalau makanan matang aja masih enak kenapa harus cari yang mentah.