Sakit kepala dan tak kunjung sembuh? Ada baiknya kamu lakukan 5 terapi berikut ini untuk meredakannya

sakit kepala
Image Credit : sakitkepalasebelah.com

Pernahkah kau, ketika asik-asiknya mengerjakan pekerjaan kantor, atau lagi seru-serunya makan bareng keluarga, tiba-tiba kepalamu berdenyut dan kamu merasakan sakit yang begitu hebat sehebat patah hati kamu? Bagaimana rasanya? Tentu sangat menyakitkan, bukan?

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa 47 persen dari populasi orang dewasa, mengalami sakit kepala setidaknya sekali dalam satu tahun terakhir ini. Kamu masuk ke yang 47 persen atau yang 53 persen?

Sungguh, sakit kepala itu sangat melemahkan. Apalagi kalau sampai memiliki denyut nyeri yang intens. Kalau sudah begini, apa yang biasanya kamu lakukan? Minum aspirin, ibuprofen, atau pereda nyeri lainnya untuk membantu meringankan penderitaan, atau malah mendiamkannya dan berharap bahwa cukup dengan berdoa maka akan sembuh sendiri?

Berdoa itu baik. Tetapi tetap harus butuh yang namanya usaha dong. Nah, kalau usaha meminum obat itu sedemikian mengkhawatirkan karena dampak-dampak dari obat-obatan yang dikonsumsi, maka cobalah untuk mengobatinya menggunakan cara-cara alami saja.

#1 Minyak Peppermint bisa menjadi pilihan awalmu untuk meredakan sakit kepala yang begitu menyiksa dan mengganggu.

minyak peppermint
Foto : www.dokterdigital.com

Untuk mengobati sakit kepala secara alami, banyak orang telah menggunakan minyak peppermint. Ini merupakan perpaduan antara watermint dan spearmint. Minyak Peppermint sanggup mengaktifkan reseptor dingin di kulit, sehingga rasa nyaman pun akan timbul yang otomatis juga turut membantu menenangkan sakit kepala dari denyut-denyut yang merongrong.

#2 Nggak cuma peppermint, Capsaicin yang terdapat pada cabai juga menjadi pilihan meredakan sakit kepala dan memberi manfaat selama proses penyembuhan.

Chili pepper
Foto : www.schlespain.com

Capsaicin merupakan senyawa aktif di dalam cabai. Jika terjadi kontak dengan kulit manusia, maka yang timbul ialah sensasi terbakar-terbakar gimana gitu. Kalau menurut NYU Medical Center, jika capsaicin tersebut didekatkan ke hidung, ia mampu mengurangi sakit kepala dan membantu memberi manfaat dalam proses penyembuhan.

BACA JUGA : 10 Manfaat Buah Kersen yang harus kamu tahu!

#3 Ditusuk-tusuk dengan jarum memang sakit, tapi Akupunktur bisa menjadi pilihan untuk meredakan sakit kepala yang menyiksa.

akupuntur
Foto : www.klikdokter.com

Melalui akupuntur, titik-titik tertentu dalam kepala justru dapat disentuh, sehingga ketegangan akibat sakit kepala bisa dilepaskan. Menekan pada saraf tertentu dapat membantu mengatur sirkulasi darah. Sehingga sakit kepala yang timbul karena kamu terus-terusan mikirin dia, bisa tersembuhkan.

#4 Buat kamu yang nggak mau ribet, Secangkir teh juga bisa menjadi pilihan untuk redakan sakit kepala lho …

secangkir teh
Foto : www.teropongbisnis.com

Sebuah penelitian diadakan dengan melibatkan banyak relawan. Dari 100 persen relawan, 58 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka merasa lebih baik setengah jam lebih cepat setelah minum teh, dibanding mereka yang hanya minum obat pereda nyeri. Dari sini, disimpulkan bahwa kafein di dalam teh mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang rasa sakit.

#5 Selain memanfaatkan makanan, peregangan juga bisa menjadi pilihan.

peregangan
Foto : www.acutezmedia.com

Cobalah menggerakkan dagu ke depan, ke atas, dan ke arah bahu. Lalu, angkat bahu ke atas, ke depan, ke atas lagi dan ke belakang. Kemudian, tekan dahi dengan telapak tangan kemudian tekan sisi kepala kanan dengan tangan kanan dan sisi kepala kiri dengan tangan kiri.

Melakukan gerakan di atas bisa menghilangkan ketegangan otot. Melakukan latihan peregangan dapat membantu meredakan sakit kepala.

Semua pengobatan di atas adalah cara-cara alami saja. Jika sakit kepala kamu sudah berlanjut, dan cara-cara alami tak mempan lagi, maka sudah saatnya untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menemukan obatnya.