10 Manfaat Buah Kersen yang harus kamu tahu!

buah kersen
Image Credit : kabarinilah.blogspot.com

Buat kamu yang bingung buah kersen itu apa, beberapa daerah kayaknya nyebutnya: talok. Iya enggak? Atau mungkin ada daerah lain yang punya sebutan lain untuk buah yang satu ini? Waduh, udah kayak penjahat aja, namanya pakai alias-alias.

Eh, asal kamu tahu, ya, buah kersen itu ternyata punya banyak kebaikan. Ceileh, kebaikan. Macam orang suci aja. Intinya, buah ini punya banyak manfaat yang baik buat tubuh kamu. Tubuh dia juga. Tubuh semua pemilik tubuh.

Nah, apa aja manfaat-manfaatnya? Mari kita bedah!

#1 Sistem imunmu bisa meningkat, karena eh karena, buah kersen mengandung antibiotik.

Kamu tahu enggak, kalau antibiotik-antibiotik itu diciptakan biar bisa membunuh semua tipe bakteri? Nah, payahnya, antibiotik-antibiotik yang orang-orang medis itu bikin, seringkali gagal membunuhnya. Lalu apa hubungannya sama buah kersen yang lagi kita bahas? Enggak tahu. Hehehe. Enggak, deng, enggak. Tahu kok.

Jadi, buah kersen ini, mengandung antibiotik alami. Dan, kandungan antibiotik-antibiotik yang ada di dalamnya itu bisa melawan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh. Doakan saja, semoga upaya antibiotik-antibiotik itu dalam melawan bakteri, bukan cuma sebatas melawan dong, tapi juga membunuh. MEMBUNUH!

#2 Kandungan vitamin C dalam buah kersen bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

buah kersen kaya vitamin
Foto : bkpd.jabarprov.go.id

Tahukah kamu, kalau 100 gram buah kersen itu setara dengan 150 mg vitamin C? Jadi kalau kamu makan 200 gram buah kersen itu setara dengan 300 mg vitamin C. Terus kalau kamu makan 1 ton lebih 300 kilogram lebih 5 ons buah kersen itu setara dengan berapa mg vitamin C hayo?

Bingung kan ngitungnya? Ketimbang bingung, langsung ke manfaatnya aja. Jadi banyaknya kandungan vitamin C dalam buah kersen ini bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh. Asik kan?

#3 Kamu menderita nyeri sendi? Makan buah kersen aja!

Nah, iya, bener itu. Kalau kamu menderita nyeri sendi, makan buah kersen aja! Jangan makan yang lain. Apalagi makan harapan palsu. Jangan!

Agar cita-cita ringannya nyeri sendi bisa tercapai, cobalah untuk mengkonsumsi buah kersen tiga kali sehari. Setiap kali makan, banyaknya, segenggam tangan kamu, lah. Jangan ditambah tangan mantan. Nanti bukannya sembuh, malah tambah sakit. Oke ya!

#4 Sakit di kepala kamu juga bisa sembuh loh setelah makan buah kersen.

Iya, bener, kepala kamu bisa sembuh. Tentu dengan syarat kalau kepala kamu sakit. Kalau enggak sakit, ya, enggak bakal gimana-gimana. Kan, enggak sakit. Kecuali kalau saat makan buah kersen, ada yang dengan sengaja menampol kepalamu. Itu malah jadinya sakit kepala setelah makan.

Lalu, gimana ceritanya kok makan buah kersen bisa menyembuhkan sakit kepala? Jadi, orang bisa sakit kepala karena memiliki peredaran darah yang tak lancar di dalam kepalanya. Maka peran buah kersen di sini adalah melancarkan peredaran darahnya!

#5 Kamu diabetes? Cocok banget nih makan buah kersen.

buah kersen penuh manfaat
Foto : bandung.merdeka.com

Buat kamu dan kamu dan kamu yang lebih suka yang manis ketimbang yang cakep, hati-hati loh, bisa kena diabetes. Maka dari itu, sebaiknya, konsumsilah buah kersen, agar kadar gula darahmu bisa tetap rendah.

#6 Eh, jangan salah. Buah kersen juga bisa bikin kamu awet muda!

Wah, ini cocok banget buat kamu yang mukanya boros, tua, keriput, peot-peot. Hehehe. Kenapa? Karena buah kersen mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melawan penuaan dini. Tuh, penuaan dini aja dilawan, apalagi mantan yang sering ngeganggu-ganggu. Eh.

#7 Selain itu, buah kersen juga mengandung banyak nutrisi.

Pada buah kersen, terdapat banyak kandungan serat, karbo, protein, kalsium dan vitamin B yang berfungsi untuk mengatur suasana hatimu agar tetap ceria, bahagia, meski lagi sedih-sedihnya gara-gara putus cinta.

#8 Tak hanya buahnya, teh daun kersen juga ada manfaatnya: bisa meredakan rasa sakit.

buah kersen bisa meredakan sakit
Foto : prasko17.blogspot.com

Kalau kamu belum pernah bikin, jangan langsung kepedean dengan mencari daun kersen lalu langsung memakannya. Karena segala hal ada caranya. Termasuk bikin teh kersen. Begini caranya:

Daun-daun pohon kersen kamu jemur sampai kering, kemudian hancurkan, sebagaimana ia menghancurkan hatimu. Setelah itu diseduh dan saring. Kamu bisa menambahkan gula atau madu biar jadi manis.

#9 Selain itu, teh daun kersen juga bisa mencegah kanker.

Ada kabar membahagiakan nih. Jadi teh daun kersen punya kandungan yang mampu mengurangi pertumbuhan kanker. Asik kan?

#10 Ada lagi: teh daun kersen bisa menurunkan tekanan darah.

Kalau kamu punya tekanan darah tinggi,  teh daun kersen ini cocok banget. Karena tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh banyak hal seperti merokok, garam, terlalu banyak mengonsumsi lemak, dan pola hidup yang tak sehat itu pada akhirnya bisa diatasi dengan teh daun kersen. Kok bisa? Ya, karena teh daun kersen mengandung banyak zat nitrogen monoksida, yaitu senyawa yang memiliki kekuatan dahsyat untuk melindungi sistem kardiovaskular. Mantep, kan?

Ya, itu tadi manfaat dari buah kersen beserta teh daun kersennya. Selamat mencoba!