Ini dia 7 pekerjaan di sosial media dengan bayaran tinggi

bayu-skak
Image Credit : www.youtube.com

Kalau dipikir-pikir, sekitar 15 tahun silam, pekerjaan di negeri ini masih begitu-begitu saja. Belum banyak ragamnya. Tak seperti jaman sekarang ini, di mana macam pekerjaan itu ada banyak sekali. Aneh-aneh pula. Ada admin sosial media, content writer, dan banyak lagi.

Melalui artikel ini, Kita Muda mau membahas pekerjaan-pekerjaan apa saja di sosial media yang mendatangkan penghasilan yang besar bagi orang-orang yang bergelut secara serius di bidangnya. Apa sajakah pekerjaan-pekerjaan tersebut? Ini dia:

1. Youtuber.

via: KapanLagi.com
via: KapanLagi.com

Seiring dengan berkembangnya teknologi, terutama youtube, ditambah perusahaan ponsel maupun kamera yang semakin membuat produk-produk kamera yang bening, menjadikan orang-orang berbondong-bondong membeli kamera, lalu memproduksi konten.

Tentu beralasan, mengapa mereka sampai rela beli kamera dan membuat konten. Faktor utamanya ialah uang. Ya, ada uang yang bermain di sana. Meski banyak orang yang juga memiliki alasan hanya murni ingin berkarya, tetapi tanpa sokongan uang, banyak yang pada akhirnya berhenti juga.

Nah, inilah yang kemudian menjadikan youtube saat ini digandrungi sebagai profesi. Dan, penghasilan melalui youtube ini pun tak main-main. Kalau jadi – tentu dihitung dari banyaknya subscriber, bisa puluhan atau bahkan ratusan juta. Itu kalau jadi.

2. Selebgram.

via: www.jadagram.com
via: www.jadagram.com

Beberapa orang menggunakan instagram hanya untuk eksis, sementara beberapa lainnya untuk mengeruk pundi-pundi rupiah. Caranya, yaitu, lagi-lagi dengan konten. Kalau youtube tadi kontennya berupa video, upload yang bagus dan berkualitas, maka Instagram pun demikian. Konten berupa foto yang bagus dan berkualitas, atau paling tidak, berkarakter, membuat followers tertarik dan mengikhlaskan jempolnya untuk mengetik tombol ‘follow’. Ketika followers sudah banyak, kemudian datanglah endorse atau paid promote. Asal Kawan Muda tahu saja, penghasilan selebgram top bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan loh.

3. Buzzer.

via: ulfanuraryanti.blogspot.com
via: ulfanuraryanti.blogspot.com

Istilah ‘buzzer’ pertama kali terdengar gaungnya di twitter. Mereka ialah sekelompok orang-orang dengan follower bejibun, lalu ya logikanya seperti Instagram tadi: banyak orang yang tertarik follow dan banyak perusahaan yang tertarik beriklan. Ya, itu logika semua pasar: sesiapa yang bisa mendatangkan banyak crowd, maka dialah pihak yang empuk untuk menebarkan iklan.

Banyak orang bilang kalau sekarang, twitter kurang rame. Enggak seramai dulu, maksudnya. Tapi toh, nyatanya job nge-buzzer masih ada saja untuk mereka. Dan penghasilannya pun tak main-main: 11-12 lah sama Instagram.

4. Blogger.

via: twicsy.com
via: twicsy.com

Sebelum kemunculan youtuber, selebtweet dan selebgram di jagat maya ini, sebetulnya ada yang lebih dulu ada. Tak sembarangan, ia juga mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk orang yang berkecimpung di dalamnya. Ya, apalagi kalau bukan blogger.

Ada banyak kran pemasukan yang bisa diperoleh para blogger. Bisa dari iklan dari google adsense, atau dari perusahaan yang mengontaknya, meminta untuk memasukkan iklan dalam postingannya. Sama seperti youtuber, untuk blogger sendiri juga memiliki berbagai macam. Ada yang blogger khusus fashion, blogger khusus kuliner, blogger khusus wisata, blogger khusus lucu-lucuan, dan banyak lagi. Menurut PayScale, rata-rata pendapatan yang didapat seorang blogger adalah $37,059/tahun (sekitar Rp485 juta). Tuh, bikin ngiler enggak tuh?

5. Social Influencer.

via: www.styld-by.com
via: www.styld-by.com

Sosial influencer ini sebetulnya identik dengan kampanye suatu merek yang tengah melakukan promosi. Jadi logikanya, jika pengajuan kampanye dari sang sosial influencer tadi disetujui oleh pihak perusahaan, maka pundi-pundi rupiah yang nilainya jutaan itu bisa segera masuk ke rekening.

6. Manajer Social Media.

via: papasemar.com
via: papasemar.com

Jangan pernah meremehkan sosial media. Mentang-mentang semua orang punya, lantas ‘sosial media’ jadi terkesan ‘murah’ dan enggak ada cocok-cocoknya untuk dijadikan pekerjaan. Bahkan, sosial media pun ada ragam pekerjaannya, salah satunya ialah manajer media sosial. Salah satu teknis pekerjaannya ialah memberi tahu kapan waktu terbaik dan kapan waktu buruk untuk mengunggah sesuatu ke sosial media. Pay Scale melaporkan bahwa rata-rata pendapatan yang diperoleh sang manajer sosial media sekitar $45,717 per tahun (sekitar Rp590 juta). Mantap enggak tuh, Kawan Muda?

7. Asisten Sosial Media.

via: www.marketing.co.id
via: www.marketing.co.id

Tak hanya manajer sosial media, asisten sosial media pun juga ada. Bahkan situs berita sekelas Bussiness Insider, memasukkan ‘asisten sosial media’ sebagai 1 dari 13 pekerjaan sampingan dengan bayaran tinggi. Bussiness Insider mengulas bahwa setidaknya seorang asisten media sosial akan mendapat bayaran $21 dolar/jam (sekitar Rp270 ribu). Per jam loh itu, Kawan Muda. Per jam. Itu setara dengan 5 kali ngeruk pasir di sungai.

Jadi gimana, adakah pekerjaan-pekerjaan di atas yang bisa bikin kamu tertarik untuk menekuninya?