Lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan! Guys, jangan sia-siakan masa mudamu yang produktif!

happy students giving high five at school
Image Credit : www.giosef.it

Hayy guyss, pasti banyak diantara kalian yang pernah baca atau sekedar denger kata-kata gini “masa muda adalah masa yang paling indah”, “nikmati masa muda loe karena itu hanya sekali”, atau bahkan kalian sendiri yang melontarkannya? Hayoo ngaku hehehe..

Guys, sebenernya “masa muda” itu apa sih?

Kalo menurut gue, masa muda adalah dimana saat lo ngerasa lo jadi yang paling bener, masa dimana lo “dimasak” buat jadi mateng baik dari biologis maupun psikis.

Jadi ibarat daun, masa muda itu adalah masa dimana si daun lagi seger-segernya dan kalo yang bisa dimakan, adalah waktu yang paling tepat buat dijadiin lalapan haha.

Masa muda emang asyik, karena kita ga bakal bisa bikin keadaan itu jadi dua kali, nongkrong bareng, belajar sampe mampus, dan ketawa-ketiwi tanpa mikirin kenyamanan orang lain. Yaaaa, itu semua emang indah guys, emang. Tapi.. Gimana sama temen-temen kita yang “masa muda” nya itu udah harus kerja keras melebihi porsi karena suatu keadaan yang ngeharusin?

Well, apakah mereka kehilangan masa muda yang merupakan saat paling indah dalem hidup?

Menurut gue ga ada salahnya sih, toh selagi si pemeran ini santai dan ikhlas dalem ngejalanin perannya. Malahan kita harus buat gimana caranya agar masa muda kita ini ga cuma melulu diisi dengan kegiatan itu-itu doang dan malahan mikir gimana caranya agar masa muda tersebut jadi bekal dimasa depan kita? Nah lohhhh…

Kita semua tau, kalo di masa muda ini kita lagi kreatif-kreatifnya buat apa aja, waktu pun banyak yang luang, kenapa ga di manfaatin dengan hal-hal yang itu bisa ngasilin duit? Seenggaknya pengalaman hehe. Ada banyak hal yang bisa kita lakuin, mulai dari jualan kecil-kecilan yang barangnya dibutuhin sama makhluk sekelas misalnya pulpen, pulsa, buku, kartu perdana atau apapun itu, buka jasa print dan fotocopy, sampe usaha yang agak gede misalnya jualan makanan atau buka toko kecil-kecilan gitu bahkan ikut kegiatan yang itu emang udah jadi kegemaran kita.

Karena selain ngebantu temen-temen kita buat lebih mudah mengakses hal-hal yang seperti itu, ini bakalan jadi pembelajaran awal kita buat berbisnis, lagipula kegiatan semacam itu juga bisa menjadi alternatif untuk menambah kegiatan yang bermanfaat di waktu senggang dan tentunya pengalaman yang ga bakal bisa dibeli oleh uang, apa salahnya?

Apalagi buat temen-temen yang punya keahlian khusus misalnya menjahit, memasak, mendesain, jago nulis, jago baca puisi, jago musik dan berbagai jago lainnya.

Di masa muda, ini adalah “ladang” bagi kalian buat mengasah keahlian kalian tersebut, karena kita tau banyak event yang mengadakan kegiatan semacam itu walaupun, kalian ga nemuin event seperti itu toh sekarang zaman udah maju, informasi yang ingin dicari bisa muncul dalam hitungan detik, daripada suka like postingan galau dan baper karena di timeline muncul mantan, mending gunain buat upload keahlian kamu yang keren itu!

Emang sihhh, langkah pertama kamu melangkah dari rasa mager itu berat banget dan itu susah. Tapi bukannya 1000 langkah berawal dari 1 langkah dan lembaran kata-kata berasal dari satu kalimat? So, tunggu apa lagi gengssss, mari manfaatkan masa muda dengan baik!

Semangat pejuang mudaaa!!