Hari gini masih ngarepin mantan? Hati-hati, jangan-jangan kamu psikopat!

baper mantan

Terobsesi sama mantan? Oh no! Tapi kalau jauh dari mantan kadang suka kepo sih. Hmmm…

Berteman baik dengan mantan emang nggak ada salahnya. But wait, ada baiknya kamu baca dulu fakta berikut ini.

Ternyata ada sebuah penelitian dari Oakland University, yang menyatakan kalau kamu ingin merasa dekat bahkan akrab sama mantan, bisa jadi ada indikasi atau kecenderungan yang mengarah pada psikopat.

Duh, Selena Gomez kan belum bisa move on dari Justin Bieber, berarti dia…?

Gini..gini gaes, ada lanjutannya nih…

Melalui dua penelitian yang diikuti lebih dari 861 partisipan, Justin Mogilski dan Dr Lisa Welling, peneliti dari Oakland University menemukan kalau orang yang ingin kembali dekat dengan mantannya, hampir seluruhnya memiliki karakter atau kepribadian gelap yang disebut sebagai Dark Triad.

 

BACA JUGA: Cara menghindari baper saat ketemu mantan

 

Sedangkan dalam Psikologi, Dark Triad ini terdiri atas perilaku Narsisme, Machiavellianism, dan Psikopat. Simpelnya sih, ketiga perilaku itu bikin kamu yang pingin nempel terus ke mantan cenderung melakukan hal ini nih :

#1. Jadi over kepo hingga melanggar privasi

via: nourzikra.com

Saat kepo mantan, tentu yang ingin kamu ketahui duluan adalah kabarnya, mengingat-ingat kejadian putus sampai kepo soal gebetannya. Kelihatannya sih biasa aja tapi statusmu yang nggak ada hubungan apa-apa lagi bikin kamu menggali informasi lebih dari dirinya.

Kalau udah keterlaluan, kamu bisa aja melanggar hak privasi demi mendapatkan informasi yang kamu inginkan. Kesimpulannya, perubahan status yang dulunya cinta sekarang jadi mantan justru berpotensi merusak hubungan dibandingkan waktu putus cinta.

Justin Mogilski, ketua penelitian dilansir dari Daily Mail menambahkan bahwa hal itu bisa membawa pengaruh yang kurang baik untuk dirimu sendiri.

#2. Hanya untuk memanfaatkan dan mencari keuntungan

via: ThoughtCatalog.com

Dekat dengan mantan bukan lagi mengejar perasaan sayang. Karena penelitian menunjukan sebagian besar alasan untuk berteman dengan mantan sifatnya licik dan tersembunyi. Meski sebagian ada yang benar benar tulus dan menginginkan CLBK, tapi kecenderungan untuk memanfaatkan hubungan menempati posisi paling besar.

 

BACA JUGA: 9 tips agar mata yang sering kamu pakai untuk stalking mantan itu bisa jadi sehat lagi

 

Tes yang diberikan pada partisipan terungkap bahwa sebagian besar orang yang nempel dengan mantannya, cenderung menjaga hubungan mereka untuk keuntungan semata. Keuntungan itu bisa bermacam macam, mulai dari kepuasan pribadi, memanfaatkan perhatian, bahkan sampai hanya ingin mempertahankan keuntungan secara seksual dari mantan mereka. Dih, serem ya…

 #3. Memang nggak ingin dijauhi mantan atau ditinggal pergi

via: pinterest.com

Coba deh kalau kamu lihat film psikopat gitu, sifat yang mendominasi biasanya susah melepaskan sesuatu. Nah, itu sama kalau kamu ingin dekat terus dengan mantan, sifat nggak rela melepas inilah yang biasanya menyelimuti hati. Ibaratnya kamu nggak ingin dia bahagia tanpa kehadiranmu atau membuat hidupnya damai tanpamu.

So, gimanapun caranya, kamu berusaha untuk kepo, melakukan kontak, membuat dia kembali dekat dan ketergantungan lagi sama kamu. Ya, mungkin lebih ke balas dendam atas perbuatannya di masa lalu.

****

Hmmmm gimana gaes? Kalau sekarang kamu masih dekat dengan mantan atau masih membuka komunikasi dengannya tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Sebelum jadi psikopat ada baiknya segera menjauh perlahan deh, daripada ke depannya malah bikin hubungan nggak nyaman.