7 Kejadian yang bukan salah cowok, tapi tetep cowok yang harus minta maaf


Dalam sebuah acara stand up fest (sebuah acara yang sampai saat ini masih disebut-sebut sebagai acara stand up comedy terbesar dari komunitas stand up Indo) di Jakarta, seorang komika bernama Adriano Qalbi tampil memukau dengan set list Relationship Jokes. Dalam penampilannya tersebut ia berkata:

“Perempuan itu punya 2 tipe bete. Satu, bete sama lo. Dua, bete sama keadaan. Which is enggak ada bedanya sih sebetulnya. Bete sama lo tuh, lo yang salah dan lo yang minta maaf. Bete sama keadaan? Bukan lo yang salah, tapi lo yang minta maaf. Semua cowok di sini (penonton stand up fest) pernah minta maaf karena jalanan macet. Salah apa cowok bikin jalanan macet? Enggak ada! Kita pernah minta maaf karena hujan. Hujan itu takdir Tuhan, man!”

Ucapan Adri di atas banyak benarnya, bahwa memang cowok-cowok kerap meminta maaf kepada cewek atas hal-hal yang tidak ia lakukan. Melalui artikel ini, Kita Muda akan memaparkan, situasi-situasi apa saja yang jelas-jelas bukan kesalahan cowok, tapi mereka tetep harus minta maaf:

1. Ramah ke semua orang

via: Photo.ElsOar.Com
via: Photo.ElsOar.Com

Orang-orang menyebut kita (Indonesia) sebagai bangsa timur, yang mana, terkenal dengan orang-orangnya yang ramah. Mau tak mau, sebagian besar dari kita tumbuh menjadi orang yang ramah pula.

Kebiasaan ramah memang baik. Namun ternyata ini tak bisa diterapkan ke semua orang, kalau kamu pas lagi punya pasangan. Lha gimana, dalam hati mungkin niat kamu memang benar-benar ingin ramah ke semua orang. Termasuk dedek-dedek gemes, cewek-cewek semlohai dan tante-tante yang ketuaannya sedikitpun tak mengendurkan kegairahannya. Niatnya, ramahnya dipukul rata, tapi pas ramah ke lawan jenis, bikin cewek ngambek, yang pada akhirnya bikin kita (para cowok-cowok) harus meredakan ngambeknya dengan cara minta maaf.

2. Macet

via: ZMEScience.com
via: ZMEScience.com

Menurut Wikipedia, macet adalah keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Oke, Kita Muda ulang bagian pentingnya, ya:

“…disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan.”

Yang namanya banyak itu pasti lebih dari 1 kan ya. Terus kalau dalam hal ini cewek menganggapnya sebagai kesalahan, maka bukan hanya cowoknya dong yang meminta maaf. Namun seluruh pengendara di jalanan yang menyebabkan terjadinya kemacetan.

3. Mantan menghubungi balik

via: RantChic.com
via: RantChic.com

Agama mengajarkan bahwa silaturahmi itu baik. Manfaatnya, bisa bikin orang yang bersangkutan berbahagia, banyak rejeki, memupuk rasa cinta kasih dengan sesama, dan bahkan sampai bisa memanjangkan usia. Agama menyediakan jawaban-jawabannya, dan ilmuwan memiliki fakta-fakta yang mendukung kebenaran jawaban tersebut.

Jadi, soal mantan yang menghubungi balik, wahai cewek-cewek, jangan berpikiran buruk terlebih dahulu. Siapa tahu mantannya cowokmu itu niatnya cuma pengin menyambung silaturahmi. Toh kalau nanti cowokmu jadi panjang umur dan banyak rejeki, kan yang seneng kamu juga. Jadi bisa ngelamar kamu.

Tapi, ya gitulah cewek. Ketimbang mikir dampak baiknya, mereka lebih memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bakal terjadi. Seperti:

“Nanti kalau kamu balikan gimana? Terus setelah balikan, kalau kalian menikah gimana? Kalau punya anak gimana?”

Dan kecemasan-kecemasan lainnya. Sehingga, baru dihubungi balik aja, padahal bukan si cowok yang memulai, namun ia terpaksa harus meminta maaf.

4. Hujan

via: Business-Standard.com
via: Business-Standard.com

Sama seperti dengan apa yang Adriano Qalbi bilang pada pertunjukan stand up comedy-nya, yang sudah Kita Muda tulis di atas tadi, bahwasanya hujan itu takdir Tuhan. Tapi kalau cowok dan cewek lagi berdua, dan kehujanan, lalu cewek ngeluh karena hujan, tetep aja cowok yang minta maaf. Sedih emang jadi cowok.

5. Ada yang menyukai

via: AskMen.com
via: AskMen.com

Ini masih sedikit ada korelasinya dengan nomor 4. Sedikit tapi ya.

Kalau hujan itu pemberian Tuhan, maka fisik yang dimiliki setiap manusia itu juga pemberian Tuhan. Jadi kalau ternyata ada seseorang (atau beberapa orang) yang tertarik dengan fisikmu para cowok-cowok, atau mungkin kepribadianmu, apa pun alasannya itu tetep bakal bikin cewek benci. Jadi kalau ada cewek lain yang menyukaimu, dan cewekmu tahu, udahlah, minta maaf aja. Biar masalahnya enggak berlarut-larut.

6. Panas

via: apaperbedaan.blogspot.com
via: apaperbedaan.blogspot.com

Kalau poin ini, jelas-jelas erat kaitannya dengan poin nomor 4 sih. Panas itu anugerah Tuhan. Tapi kalau cewek mengeluh kepanasan, tetep cowok yang harus minta maaf. Nyesek!

7. Menolong orang lain

via: HuffingtonPost.com
via: HuffingtonPost.com

Tak hanya agama, pelajaran PPKN pun juga pasti sepakat kalau perbuatan ‘menolong orang lain’ itu baik. Menolong nenek-nenek dengan menyeberangi jalan, misalnya. Atau menolong anak-anak yang kesusahan membayar biaya sekolah. Atau menolong mantan yang susah memiliki momongan. Ya, maksudnya dengan mencarikan ia pasangan, dong. Masa ya dibantu bikin. Enak aja!

Cowok mungkin niatnya pengin bantu semua orang, dengan perasaan membantu yang sama. Tulus, tanpa embel-embel apa pun. Cuma ya gitu, cewek suka jealous aja gitu kalau kebetulan yang dibantu adalah lawan jenis. Kalau pas dia bantuin cewek aja ngambek, harusnya pas dia bantuin nenek-nenek nyeberang jalan ngambek juga dong. Fair!