Ini dia yang mantan kamu akan sebar-sebar setelah kalian putus. Waspadalah!

mantan
Image Credit : parsons.edu

Putus ialah sebuah kejadian di mana antara pria dan wanita, satu sama lain, tak lagi memiliki kecocokan. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab, di antaranya: selingkuh, tak direstui orangtua, beda visi, beda misi, beda partai. Namun tak mengapa. Namanya juga proses dalam rangka penjajakan: apakah ia tepat bagimu, ataukah tidak.

Satu hal yang paling memuakkan dari putus cinta terjadi ketika salah satu yang merasa belum terima, kemudian menyebar aib yang mantannya miliki. Gawat, memang. Kalau begini, bisa rusak reputasinya. Kalau pihak yang merasa aibnya tersebar lalu marah, dan tahu aib mantannya pula, bisa-bisa timeline akan berisi dengan file share yang berisi aib dari masa lalu mereka masing-masing. Tentu ini membuat mata menjadi mual melihatnya.

Namun, tahukah Kawan Muda, apa sajakah aib-aib yang sering dishare oleh mantan? Ini dia di antaranya:

1. Foto

couple
Foto : www.dailymail.co.uk

Nah, ini adalah salah satu yang kerap dialami oleh mantan yang menjadi korban penyebaran aib. Foto-fotonya sering disebarluaskan kepada khalayak. Kalau masih sekitar foto dengan pose pas lagi jelek-jeleknya sih enggak masalah. Yang bikin nyesek itu kalau yang disebar adalah foto-foto yang… pasti Kawan Muda udah tahu lah ya, ke mana arah selanjutnya teks ini.

2. Voice note

via: wreckitmate.blogspot.com
via: wreckitmate.blogspot.com

Jaman ada aplikasi whatsapp begini, orang-orang yang malas melakukan chat, lebih memilih untuk voice note, ketimbang nulis kelamaan via chat. Telpon via whatsapp, bisa sih. Tapi kalau yang dihubungi lagi enggak stand by, padahal nulis teks males, kan mending voice note.

Yang lebih parah, kalau isi voice note itu berupa janji-janji kamu kepadanya, lalu saat kamu mengingkari, voice note itu kemudian disebar-sebar ke sosmed, dengan caption:

“Katanya setia! Ini buktinya! Tapi faktanya? Dasar pembohong!”

Kan nyesek, kalau digituin. Nama di depan publik akan tercemar.

3. Video

via: www.womenshealthmag.com
via: www.womenshealthmag.com

Era yang gadget makin murah begini, orang suka sekali mengabadikan banyak hal dalam hidupnya. Mulai dari tulisan, foto, dan bahkan video. Ketika menjalani hubungan, kamu dan dia pasti pernah ada bikin video kan ya? Entah video konyol-konyolan, video romantis-romantisan, asal jangan sampai kayak video durasi 2 menit 13 detik karya Ariel (entah bersama Cut Tari atau Luna Maya) itu.

4. Capture chat

via: Dailysocial.id
via: Dailysocial.id

Ini enggak beda jauh dengan poin-poin di atas. Kalau dalam chat, kamu pernah ngomong banyak hal ke dia, entah itu berupa janji-janji, atau bahkan ucapan seronok, hati-hati, kalau kalian putus, kelak bisa jadi bumerang.

5. Penyebab putus

via: HuffingtonPost.com
via: HuffingtonPost.com

Yang suka share hal beginian, biasanya mereka-mereka yang gemar bergosip. Awalnya sih niatnya pengin curhat ke temen, soal penyebab putus dari mantan. Eh enggak tahunya si temen itu ember. Jadilah aib itu tersebar. Harusnya kan, kalau emang kalian sudah sepakat untuk mengakhiri hubungan, maka ada kesepakatan tak tertulis bahwa kalian harus bisa menjaga privasi masing-masing. Menutup aib satu sama lain.