Ada banyak cinta di dunia ini, jadi berhentilah menjadi pengemis cinta

cinta diri sendiri
Image Credit : www.oprah.com

Cinta adalah sebuah ungkapan kata. Cinta adalah naluri. Cinta adalah kehidupan. Cinta adalah pengorbaan. Cinta adalah pengabdian. Cinta adalah…

Begitu banyak arti di dalam diri kita tentang cinta, mungkin hanya hati kita yang paham bagaimana penampakan cinta yang kita punya, yang pasti didalam segi kehidupan, cinta mempunyai peranan penting dalam sisi manusia. Nafas adalah alat  yang menjadi peranan utama kehidupan manusia, begitu halnya dengan cinta, karena semua yang ada didunia ini berawal dari cinta. Jadi, manusia bodoh mana yang cuman taunya cinta dari lawan jenis, mungkin karena yang dia punya hanya hubungan cinta yang selalu kandas, diawal perjalanan. Ingatlah, cinta tidak pernah sesempit itu. Cinta mempunyai makna yang luas.

Kehidupan dimulai dengan cinta. Ketika Tuhan membentuk bumi, menamai pohon, membentuk benda-benda di angkasa, memisahkan pagi dan malam, serta lautan dan daratan, memperlihatkan cahaya dan gelap. Itu semua dibungkus didalam satu kehidupan, tempat semua ciptaan-Nya hidup dan diberkati Oleh-Nya, semuanya itu diciptakan untuk manusia yang mendapatkan Cinta Tuhan secara cuma – cuma. Jadi kamu masih bisa mempertanyakan, dimana cinta?

Mungkin hari ini kamu masih mengejar cinta yang tidak pasti, kalaupun pasti kamu tidak tau bakal seperti apa akhirnya, karena cinta manusia masih bisa diprediksi tingkat kesetiannya. Dibalik sebuah cinta terkadang tersimpan kemunafikan yang ditutupi sepintar mungkin, dirancang agar lebih pekat, agar kemunafikan tersebut menjadi tersamarkan. Pedih bukan jika hanya mengharapkan atau mengalau hingga menjadi pengemis cinta untuk orang – orang  yang tidak tau sebenarnya, seperti apa cinta.

Lupakan sejenak cerita cinta dalam dongeng dan berbagai percintaan novel yang sering kita baca. Banyak kok pujangga yang kisahnya penuh drama yang dia pernah buat dalam prosa yang berakhir menyedihkan. Miris bukan ?

Cinta itu tidak serumit rumus fisika dan matematika yang hanya punya satu jawaban, yang tadinya kamu berpikir bahwa jawabannya salah tetapi ketika mencoba lagi  ternyata jawabannya adalah benar. Cinta juga bukan seperti lukisan abstrak, karena cinta sejatinya adalah wujud.

Apapun sebab dirimu menjadi penggalau tingkat dewa dikarenakan cinta yang tidak pasti, jangan jadikan dirimu seperti pengemis cinta yang selalu mengharapkan perhatian dari lawan jenis. Jangan jadikan kesan cinta seperti murahan, melaikan jadikan cinta itu adalah bak punya istana yang indah yang dimiliki oleh manusia berkelas.

Berhenti patah hati, berhenti bersedih, berhenti menggalau. Cinta itu sederhana. Pergilah keluar rumah, duduklah ditempat yang sering kau singgahi. Perhatikan tempatnya. Tatap langitnya. Semua hal itu adalah cinta.

Berjalan – jalanlah kerumah sahabat, ataupun keluargamu. Tersenyumlah dengan mereka, berguraulah, sesekali peluklah mereka, kau temukan banyak lagi cinta disana, tanpa cinta mereka kamu tidaklah ada.

Masuklah kedalam rumah, lihat adikmu, lihat abang dan kakakmu kemudian lihatlah orangtuamu. Tersenyumlah dengan mereka, cinta mereka besar didalam kehidupanmu. Sebelum kamu mengenal cinta dari siapapun, ketika kamu tidak mengetahui apa – apa mereka semuanyalah yang mengajarkanmu tentang banyak hal. Harusnya disaat ini kamu tidak perlu lagi mempertanyakan cinta, karena tanpa diajaripun kamu paham seperti apa cinta itu, dan bagaimana memperlakukannya.

Terakhir, duduklah sendirian di dalam kamarmu. Lipatlah tanganmu, lalu tutuplah kedua matamu. Kau akan bicara dengan sang pemberi cinta yang pasti, dan kekal. Kamu bicara apapun dengan-Nya tanpa takut Dia akan membocorkan rahasiamu. Dia memang tidak pernah mempelihatkan wujud-Nya fisiknya kepadamu, tetapi ketika kamu memperlihatkan dirimu di cermin itu adalah wujud cinta-Nya kepadamu.