9 Tipe kepribadian manusia berdasarkan eneagram

manusia
Image Credit : Huffington Post

Apa sih eneagram itu, Kawan Muda? Eneagram merupakan Sembilan tipe dasar manusia yang mengajarkan bahwa di awal kehidupan kita belajar untuk merasa aman dan untuk menghadapi kondisi dalam keluarga dan keadaan diri sendiri dengan mengembangakan strategi yang didasari oleh talenta dan kemampuan alamiah kita sendiri. Eneagram ini dikutip dari buku dengan judul Enegram oleh Renee Baron dan Elizhabet Wagele. Yuk kita lihat.

1. Perfeksionis

via: Kompasiana
via: Kompasiana

Orang dengan tipe perfeksionis memiliki kebutuhan untuk menjalani hidup dengan benar, termasuk memperbaiki diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kelebihan tipe ini adalah orang yang sangat memegang etika, bisa diandalkan, produktif, bijakasana, adil, jujur, teratur dan disiplin. Di samping kelebihan yang dimiliki, pasti memiliki kekurangan juga dong, Kawan Muda. Tipe perfeksionis sangat obsesif kompulsif, terlalu serius, gelisah, mudah iri, suka mengkritik, ingin menguasai, tidak luwes alias kaku serta mudah menghakimi.

2. Penolong

via: A2ua
via: A2ua

Kawan Muda senang menolong orang lain? Tidak tegaan? Bisa jadi kamu termasuk tipe ini. Tipe penolong memiliki kebutuhan untuk dicintai, dihargai dan mengekpresikan perasaan positif mereka kepada orang lain. Penolong itu bagus dan baik banget sih, tapi tetap aja memiliki kekurangan. Biasanya mereka adalah tipe orang yang tidak terus terang. Sebenarnya sedang capek, tapi karena gak tegaan, yaudah dibantuin aja. Terus cukup posesif, mudah histeris, mudah terpengaruh oleh orang lain dan terlalu membuka diri. Bagusnya, tipe ini mengasihi dan perhatian banget sama orang lain, mudah beradaptasi, murah hati, antusias, dan yang lebih penting membuat orang lain nyaman dan peka.

3. Pengejar prestasi

via: sahabatyatim.org
via: sahabatyatim.org

Orang yang optimis, yakin, rajin, inisiatif, energik, praktis, bertanggungjawab dan efisien adalah kelebihan dari tipe pengejar prestasi. Punya kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan dan menghindari kegagalan. Kurangnya tipe ini: narsistik, pamer, pendendam, terlalu kompetitif, suka membanding-bandingkan, senang menguasai dan memperdayakan.

4. Romantis

via: rd.com
via: rd.com

Kawan Muda merasa romantis? Atau kamu merasa kekasihmu romantis? mungkin kamu atau dia adalah orang yang hangat, berbelas kasih, introspektif, ekspresif, lembut, cerdas dan juga kreatif. Jeleknya, tipe ini mudah kecewa, keras kepala, moody, suka tenggelam dalam pikiran sendiri serta mudah kecewa. Adakah Kawan Muda yang merasa “gue banget”? Tipe ini punya kebutuhan untuk memahami perasaannya dan agar dipahami oleh orang lain, senang mencari makna kehidupan, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa aja.

5. Pengamat

via: esquire.co.id
via: esquire.co.id

Kalo Kawan Muda pernah melihat atau kamu merasa orang itu sok pinter, agak kikir, keras kepala, menjauhkan diri, suka mengkritik orang lain, mudah menyerah dan sering bertentangan dengan orang lain, itu adalah kekurangan dari tipe pengamat. Tipe ini butuh mengetahui segala sesuatu, merasa cukup dengan diri sendiri dan tidak suka terlihat bodoh. Kelebihan orang dengan tipe ini, yakni orang-orang yang memiliki pendirian teguh, sensitif, bijaksana, mudah memahami, mandiri dan analitis.

6. Pencemas

via: stopnarkoba.com
via: stopnarkoba.com

Kalo Kawan Muda memilki kebutuhan akan rasa aman yang lebih, fobia terlihat ketakutan dan mencari persetujuan, mungkin kamu masuk tipe ini, pencemas. Tipe ini memiliki kekurangan sebagai orang-orang yang telalu cemas, menguasai, tidak bisa diduga, paranoid, kaku, defensif, mudah kesal, tarik ulur dalam berpendapat. Tipe yang setia, perhatian, hangat, cerdas, suka membantu dan bertanggungjawab adalah kelebihan tipe pencemas.

7. Petualang

via: islasphilippines.com
via: islasphilippines.com

Kawan Muda suka jalan-jalan? Suka ke tempat baru? Sebab kamu selalu ingin tau. Kamu juga orang yang menyenangkan, spontan, imajinatif, produktif, antusias, gesit, yakin dan memesona adalah kelebihanmu sebagai orang dengan tipe petualang. Jeleknya, kamu orang yang narsistik, tidak fokus, pemberontak, posesif dan berubah-ubah. Tipe ini punya kebutuhan untuk merasa gembira dan merencanakan kegiatan-kegiatan menyenangkan, memberi sumbangsih bagi dunia dan menghindari penderitaan serta kesedihan.

8. Pejuang

via: Arrahmah.com
via: Arrahmah.com

Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri dan kuat, terhindar dari kesan lemah atau bergantung pada orang lain. Kalo Kawan Muda merasa masuk tipe ini, kamu harus mengurangi kekuaranganmu sebagai orang yang menguasai, pemberontak, tidak sensitif, mendominasi, egois, skeptis dan agresif. Sebaliknya, kamu perlu mempertahankan kelebihanmu sebagai orang yang terus terang, memegang kendali, setia, energik, protektif dan percaya diri.

9. Pendamai

via: www.camppeaceatl.org
via: www.camppeaceatl.org

Kamu adalah orang yang menyenangkan, tenang, murah hati, sabar, menerima, diplomatis dan berpeikiran terbuka adalah kelebihanmu. Sebaiknya kamu mengurangi kekuranganmu sebagai orang yang terasing, pelupa, keras kepala, dan obsesif. Tipe kamu sebagai pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain, dan menghindari konflik. Memiliki kepribadian yang beragama, mulai dari perangai lembut dan halus, hingga mandiri dan kuat.

 

Gimana? Kawan Muda termasuk tipe kepribadian yang mana? Kalau dari tadi kamu melihat ada kebutuhan, kelebihan dan kekurangan yang sama antar tipe, itu biasa terjadi. Sebab antar tipe itu juga bisa saling mempengaruhi. Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan, namanya juga manusia. Kadang kamu merasa ada yang tidak sesuai, ya gak apa-apa. Soalnya tidak melulu semua sifat atau sikap di tipe tertentu ada di diri kamu semua. Cuma kecenderungan aja.

Dari sini kita bisa memilih jodoh. Coba Kawan Muda cari temen yang sesuai kepribadian kamu. Tinggal dicocokin aja: kamu tipenya apa (dengan memiliki kelebihan dan kekurangan apa), lalu cari tipe lain yang bisa menutupi kekuranganmu dan mendukung kelebihanmu, begitupun dengan pertemanan.