7 Keuntungan yang hanya dirasakan orang sensitif

marah
Image Credit : 123hdwallpapers.com

Orang sensitif memiliki kepekaan tinggi terhadap diri sendiri maupun lingkungannya. Dia adalah orang yang pertama bereaksi terhadap kondisi yang terjadi. Menjadi orang pertama yang bersedih dan berempati ketika temannya sakit atau memberikan apresiasi meriah untuk prestasi rekan kerjanya.

Memiliki sensitifitas tinggi dalam soal emosi tak melulu bersifat negatif. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh orang sensitif. Setidaknya mereka lebih bisa mengerti diri sendiri. Pun dalam kehidupan sehari-hari, orang sensitif akan mudah diterima. Karena dia memiliki kecenderungan untuk mengerti orang lain dan bersikap baik, terlepas dari sikap emosional mereka.

Penasaran keuntungan apa saja yang dimiliki seseorang dengan sensitifitas emosi? Ini dia!

1. Peka dan cepat tanggap terhadap sekelilingnya.

sahabat sejati
Foto : www.huffingtonpost.com

Orang sensitif memiliki kepekaan tinggi terhadap kondisi. Dengan cepat mereka bisa mendeteksi perubahan kecil yang terjadi di sekitarnya. Nah, kemampuan ini tentu sangat membantu untuk menentukan langkah selanjutnya bukan?

2. Dicintai sekelilingnya.

sudah punya pacar
Foto : hugoingablog.com

Memiliki kepekaaan terhadap sesama yang tinggi akan membuat orang sensitif dicintai lingkungannya. Dia tak segan untuk berusaha mengerti dan menyenangkan orang lain. Orang sensitif sebenarnya mengambil porsi penting dalam hubungan sosial. Dia adalah orang yang rela menghindari konflik demi keberlangsungan hubungan dengan orang-orang sekitarnya. Disadari atau tidak, orang sensitif akan merasa tidak nyaman dan sangat bersalah bila berada dalam kondisi tersebut. Hal inilah yang menjadikan orang sensitif cenderung diterima dan dicintai di lingkungannya.

3. Teman curhat yang baik dan bisa diandalkan.

pasangan bicara
Foto : withintheheartofme.blogspot.com

Berteman dengan orang sensitif akan membuat kamu tercukupkan. Dia akan menjadi teman curhatmu yang baik. Bahkan dia adalah orang pertama yang datang memelukkmu saat raut gundah menghiasi wajahmu. Tak perlu khawatir berteman dengan orang sensitif! Saat kamu terpuruk pun, dia tetap di sampingmu. Menjadi pendengar yang baik dan mengulurkan bantuan tanpa kamu minta. Bahkan saat orang lain meninggalkanmu, dia akan tetap bertahan.

4. Bekerja dengan hati.

bekerja
Foto : www.fastcompany.com

Orang sensitif memngunakan hati untuk semua hal yang dilakukannya. Ketika dia telah mengiyakan untuk melakukan sesuatu, dia akan mengerjakan hal itu dengan segenap hati dan kemampuannya. Jangan salah! Orang sensitif juga memiliki kecenderungan untuk mengejar kesempurnaan hasil. Dia akan memperhatikan hingga detail terkecil dan memastikan tak ada yang kurang sedikit pun.

5. Memiliki kemampuan menempatkan diri yang mumpuni.

sahabat
Foto : www.huffingtonpost.com

Dengan bekal kepekaan emosi yang tinggi, orang sensitif bisa menempatkan diri dengan baik di manapun dia berada. Orang sensitif tahu kapan dia harus bersikap sangat sopan dan saat dia bisa tertawa lepas. Seperti memiliki semacam radar, orang sensitif memiliki kepekaan untuk tahu apa yang diinginkan orang lain.

6. Suka berbuat baik.

memberi
Foto : Pinterest

Rasa empati yang dimiliki orang sensitif akan membuatnya sanggup mengerti orang lain sekaligus melakukan hal yang sekiranya dibutuhkan orang lain. Orang sensitif tak segan berlelah-lelah demi membantu orang lain. Bagi mereka bisa membantu orang lain merupakan kebahagiaan yang tak ternilai. Beruntung sekali orang yang suka membantu sesamanya. Bukankan kebaikan akan berbalas kebaikan pula?

7. Mencintai pasangannya sepenuh hati.

couple
Foto : www.883zy.com

Orang sensitif akan mencintai pasanganya dengan sepenuh jiwa. Mereka tak pernah mencintai dengan setengah-setengah. Orang sensitif akan berusaha memberikan cinta terbaik untuk pasangannya. Berusaha menangkap dan memberikan apa yang diinginkan oleh pasangannya. Bagi mereka kebahagiaan pasangannya adalah kebahagiaanya. So buat kamu yang memiliki pasangan sensitif, jaga dia baik-baik ya!