6 Hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum menikah. Jangan sampai nggak, atau kamu akan menyesal!

couple
Image Credit : www.isaaclanekoval.com

ME-NI-KAH …

Kalau dieja di ruangan yang menggema, kata menikah memang tampak seram. Apalagi buat kamu yang emang belum siap atau ragu mau nikah sama siapa? itu loh buat kamu yang jomblo kronis.

Keputusan menikah tentu menjadi keputusan yang amat besar dan penting. Ingat, besar dan penting!

Bisa saja setelah menikah kamu jadi lebih bahagia atau sebaliknya, menderita!

Duuuhhhh, jangan sampai …

Menderita atau bahagia dalam pernikahan bisa karena faktor kepuasan hidup yang kamu dapatkan sebelum menikah alias waktu masih bujang atau perawan (nggak berlaku buat yang udah ‘kawin’ tapi belum nikah)

Maka dari itu, solusi yang bisa ditawarkan Kita Muda salah satunya dengan memuaskan diri dulu sebelum menikah. Memuaskan dalam hal apa? Yok Kita Muda kasih 6 hal yang bisa kamu lakukan sebelum menikah.

1. Puaskan dirimu untuk jalan-jalan sendirian.

traveling
Foto : www.hackcrow.com

Kenapa ini harus dilakukan?

Alasannya, Iya kalau dapat jodoh yang have fun buat ‘mbolang’ . Tapi kalau dapat suami atau istri yang suka mengekang, ruwet urusannya. Model jalan-jalannya pun jadi beda pasca menikah. Tujuan wisata bukan lagi ke tempat-tempat adventure macam hutan dan pantai yang masih perawan tapi wisata keluarga, ya macam piknik atau kebun binatang, terlebih kalau udah punya baby.

BACA JUGA : 7 Alasan kenapa kamu harus traveling dulu sebelum menikah

2. Puaskan untuk bernakal-nakal ria.

pria dengan kucing
Foto : ihavecat.com

Kebanyakan orang berkata, mending nakal pas muda daripada nakal pas udah nikah. Repot urusannya kalau nakalnya telat, alias pas udah berkeluarga. Mumpung masih bujang dan muda berpuaslah diri melakukan apapun yang kamu suka, mau ‘ngeloyor’ semalam suntuk, mau backpacker-an dari ujung ke ujung, mau jadi playboy kelas kapak besi, whatever. Lalu berhenti setelah berkeluarga. Intinya jangan berkeluarga sebelum kamu puas nakal.

3. Puaskan untuk mencari ilmu dan pengalaman yang sulit dilakukan setelah menikah.

relawan
Foto : en.wikipedia.org

Secara nggak langsung, menikah itu suatu kondisi yang dapat membatasi hak-hak perseorangan.

Memang benar, setelah menikah kamu masih bisa lanjut kuliah, masih bisa curi-curi waktu untuk me time dengan hobi atau kegiatan kesukaanmu tapi nggak sebebas ketika masih single.

Intinya, lakukan apapun yang kamu suka sebelum menikah menjadi penghalang apa yang jadi passionmu.

4. Merasakan cinta, luka dan air mata.

Foto : hdwallpapersrocks.com
Foto : hdwallpapersrocks.com

Berdasarkan orang yang telah menikah, pernikahan terasa lebih santai kalau kamu pernah merasakan penderitaan cinta kelas berat. Rasakan semua bentuk cinta, kakak adekan, friendzone, diselingkuhi menyelingkuhi, mutusin diputusin, cinta bertepuk sebelah tangan hingga akhirnya kamu kembali jomblo.

Ketika kamu udah merasakan fase sakit, sedih, luka, tangis sampai harus kehilangan berat badan berkilo-kilo karena cinta, niscaya setelah menikah hidup akan jauh lebih enteng. Fase berat yang telah kamu alami akan memberikan pelajaran baru di kehidupan pernikahan.

5. Puas-puasin hidup sendiri.

masih single
Foto : www.desiringgod.org

Menikah bukan perkara siap diranjang tapi juga perkara siap finansial. Kamu nggak hanya menghidupi dirimu sendiri tapi juga anak orang. Sebelum menikah berpuaslah diri memenuhi segala kebutuhanmu dengan uang hasil jerih payah sendiri, sebelum benar-benar siap untuk menghidupi keluarga. Kamu ingin modifikasi motor, lakukan. Ingin tiap minggu ganti gadget, go ahead. Sebelum suka citamu itu dilarang istri.

6. Cari calon istri/suami.

kencan pertama
Foto : antiketombe.clear.co.id

Masih butuh penjelasan, Mblo?