Menikah itu perkara mudah, tapi membuat hubungan rumah tangga harmonis butuh kerja nyata

menikah
Image Credit : perfectmuslimwedding.com

Banyak orang beranggapan, jika pengantin baru itu masih hangat-hangatnya.

Siapa bilang?

Hubungan rumah tangga nggak akan harmonis kalau mereka nggak tau trik-trik asik dalam berumah tangga meski pengantin baru sekalipun. Bisa jadi, karena mereka nggak mempelajari hubungan pernikahan malah sering cek cok karena merasa kaget oleh sikap yang nggak pernah muncul selama pacaran.

BACA JUGA : Meski sedang tren menikah muda, ini dia 7 kebaikan yang kamu dapatkan jika menikah setelah usia 25 tahun

Jadi jangan mudah terpaku sama omongan orang yang ‘katanya-katanya’ aja. Ada baiknya Kawan Muda baca artikel ini deh supaya lebih paham gimana membuat hubungan rumah tanggamu selalu harmonis pasca menikah.

1. Nomor satu selalu soal KOMUNIKASI

Kamu nggak perlu kuliah jurusan komunikasi yang ruwet-ruwet untuk membuat rumah tanggamu harmonis. Cukup dengan sering-sering memberi kabar jika kalian tengah dipisah oleh jarak dan sempatkan bicara empat mata setiap ada masalah. Misalnya ketidaknyamanan satu sama lain dan mencari solusi bersama.

2. Quality time itu perlu.

Sesibuk apapun kamu, sempatkanlah untuk quality time meskipun sehari Cuma 2 jam menjelang tidur (jika sama sama sering kerja lembur). Nikmatilah waktumu sembari mengenang masa-masa pacaran atau sekadar nonton film bersama agar menjaga romantisme kalian berdua bertambah.

3. Memberikan rasa hormat satu sama lain.

cinta
Foto : www.browngirlmagazine.com

Saling respect satu sama lain adalah cara untuk menghargai kehadirannya. Contoh simpelnya dengan menjaga nama baik dan harga diri pasangan. Entah itu di dalam rumah maupun pada orang lain.

BACA JUGA : 7 Alasan kenapa kamu harus traveling dulu sebelum menikah

4. Buat bahasa cinta kalian sendiri.

Tanpa disadari dan dibuat-buat, tiap pasangan pasti memiliki bahasa cintanya sendiri. Entah itu kecupan sebelum tidur atau salam sayang sebelum berangkat kerja. Coba praktik bahasa cinta itu seiring waktu ditingkatkan agar menambah gairah dalam berumah tangga.

5. Ada quality time, ada pula me time.

Biasakan untuk bersikap balance terhadap dirimu sendiri, meski kalian berdua sudah berjodoh, duniamu bukanlah untuknya saja. Ada saat di mana kamu menikmati waktu tanpa pasangan. Bersosialisasi dengan teman-teman khususnya. Tentu hal ini bukan tanpa tujuan atau mengedepankan ego tapi ‘me time’ menimbulkan kerinduan dan saat kalian dipertemukan kembali rasanya seperti jatuh cinta kedua kali.

6. Sering memberikan pujian terhadap apa yang sudah ia lakukan meskipun itu sederhana.

Sapaan darinya selalu datang tanpa pernah diminta
Foto : images07.com

Memberi pujian atas prestasinya mengganti genteng bocor atau memasak makanan favoritmu adalah cara terbaik untuk menjaga keharmonisan dalam berumah tangga. Jangan sungkan atau ragu justru pujian kasih sayang dari pasangan adalah yang ditunggu-tunggu.

7. Biasakan memberi tanpa menunggu pasangan meminta.

Ini soal kepekaan gaes, nggak usah nunggu pasangan untuk memberi kode kode nggak jelas. Usahakan untuk memberi sesuatu tanpa perlu diminta. Bukan soal hadiah mahal yang hendak kamu beri tapi soal ‘kepekaan’ dan sesuatu yang memang ia butuhkan. Contohnya, pijatan lembut ketika si dia pulang kerja, atau membereskan beberapa barang pentingnya agar dia merasa terbantu. Simpel tapi berarti.

BACA JUGA : Buat kamu para lelaki, ini lho alasan kenapa wanita lebih memilih menikah muda

8. Luapkan emosimu dengan pertengkaran yang sehat.

Bukan seberapa banyak kamu makan sayur dan buah agar hubunganmu sehat, tapi berpikirlah secara dingin dalam menghadapi masalah rumah tangga. Itulah yang disebut pertengkaran sehat. Ajak bicara pasangan dan curahkan semua isi hati padanya agar meresa lega dan cepat mendapat solusi tanpa perlu adegan banting-bantingan piring.

9. Kehidupan s*ks yang manis.

Dalam berumah tangga tentu hal yang paling asik diperbincangkan adalah soal s*ks. Kunci utama keharmonisan memang dari kehidupan s*ks tapi kalau banyak hal yang ditutupi tentu bikin nggak nyaman. So, jangan malu untuk berterus terang jika ada ketidakpuasan termasuk kekurangan dan kelebihan saat bercinta.

10. Stop membanding-bandingkan dirinya dengan yang lain.

compare
Foto : www.greentechmedia.com

Rumput tetangga memang lebih hijau tapi jika pemikiran itu terus berputar di kepala tentu nggak hanya akan menyakiti dirimu sendiri tapi juga pasanganmu. Itu sama saja dengan memperlihatkan bagaimana kamu tidak menerima dengan sepenuh hati.

Gimana? Bukan hanya Indonesia yang butuh kerja nyata agar tetap harmonis, tapi dalam biduk rumah tangga juga perlu.