Kenapa cewek lebih suka ngomong ‘enggak apa-apa’ dan ‘terserah’ ke cowok? Ini alasannya…

Mencari tahu
Image Credit : www.forbes.com

Pernahkah membayangkan bagaimana pusingnya seorang cowok ketika mengantar ceweknya pulang, lalu selama di mobil, mereka berdua terdiam cukup lama, namun ketika si cowok bertanya ‘ada apa?’ dengan sigap si cewek langsung menjawab:

“Enggak apa-apa.”

Pernahkah membayangkan bagaimana sakit kepalanya seorang cowok ketika sudah berjanji futsal bersama teman-temannya sejak seminggu lalu, namun tiba-tiba si cewek menelepon kalau ia ingin diantar ke sebuah tempat, kemudian setelah dijelaskan bahwa ia tak enak dengan teman-temannya, si cewek pun menjawab:

“Terserah!”

BACA JUGA : Ladies, jangan pernah pilih cowok yang seperti ini ya. Pokoknya jangan!

Sebagai cowok, ia pasti berada dalam keadaan penuh dilema. Kalau ia nekat untuk tetap futsal ketimbang mengantar si cewek, biasanya selain si cewek akan menjawab ‘enggak apa-apa’ dengan nada tak ikhlas, atau ucapan ‘terserah’ secara sengit, juga akan ditambah ucapan:

“Have fun yaa…”

Ketahuilah para cowok, bahwa kiamat kecil baru saja terjadi. Apakah kalian merasakannya, tapi enggak tahu harus bagaimana? Atau kalian merasakannya, namun memilih cuek? Atau tidak merasakannya, sehingga bingung harus berbuat apa ketika cewek bilang ‘enggak apa-apa’ tapi tetap saja ngambek? For Your Information, bilang ‘enggak apa-apa’ tapi ngambek, itu berarti ‘ada apa-apa’ dong. Biar kamu tak dilanda kebingungan, wahai para cowok, Kita Muda akan membedah maksud 2 mantra andalan cewek itu kepadamu.

1. Adanya kode, agar cewek tetap punya harga diri. Karena cewek itu sok kuat dan gengsinya tinggi.

susah move on
Foto : www.hdwallpaperseek.com

Siapa sih cowok-cowok di sini yang belum pernah dikatain sama ceweknya waktu bertengkar, dengan makian begini:

“Oke, mulai sekarang kamu enggak usah hubungin aku lagi.”

Kalau cewek udah ngomong gitu, berarti mereka kesalnya setengah mati ke kamu. Ia gengsi. Ia ingin hangat padamu, tapi kalau saat seperti ini sedang terjadi, itu berarti ia sangat butuh untuk kamu tanya ‘ada apa?’ atau ‘kenapa?’ atau semacamnya. Intinya, ia berharap ada tindakan dari cowok. Termasuk, ingin dihubungi lebih dulu.

“Lho, katanya enggak boleh menghubungi lagi? Kok malah maunya dihubungi lebih dulu?”

Itulah, cewek itu menggunakan logika terbalik, kadang-kadang. Semacam antonim, kalau dalam bahasa Indonesia. Kadang, cewek mengatakan ‘A’, tetapi yang cewek inginkan ‘B’. Kadang cewek mengatakan ‘A’, lalu ketika cowok mewujudkan ‘B’, selanjutnya cowok bakal dikatain:

“Gimana sih, aku kan maunya ‘A’. Kenapa malah kamu kasih ‘B’. Kamu dengerin enggak sih tiap aku ngomong? Apa jangan-jangan, waktu aku ngomong, kamu mikirin cewek lain?”

Kalau sudah begitu kelanjutan kasusnya, ya, ‘welcome to the jungle’ aja berarti. Mungkin akan jadi topik bahasan Kita Muda pada artikel lain, tapi bukan di sini. Karena pada artikel ini Kita Muda hanya menjabarkan makna 2 mantra andalan cewek tadi.

2. Bener banget kalau Ada Band bilang ‘Karena Wanita Ingin Dimengerti’ dalam lagunya. Terutama saat mereka bilang ‘terserah!’ kepadamu.

belum jodoh
Foto : www.youtube.com

Cewek adalah makhluk yang dalam kondisi tertentu, kadang malas untuk menjelaskannya secara panjang dan lebar. Ketika pertikaian tengah terjadi, lalu cowok tampak lebih seperti makhluk bego yang enggak ngerti harus bagaimana, maka solusi-solusi konyol dari cowok yang enggak relate dengan perasaan batinnya, cuma akan dijawab ‘terserah’ oleh si cewek.

Ucapan ‘terserah’ adalah kata andalan cewek untuk banyak situasi. Singkat, padat dan jelas maksud beserta tujuannya. Cewek sangat berharap santunan kepekaan dari si cowok. Tapi kalau cowok mau berusaha lebih gigih, cewek kemudian akan bersedia cerita apa yang tengah dirasakannya. Ketika cewek sedang berbusa-busa mengungkapkan keluh kesahnya, sebagai cowok, janganlah kamu memotong, membantah maupun memberi solusi kepada cewek. Jangan. Karena cewek hanya butuh untuk didengarkan. Itu saja. Ya, dengarkan dengan penuh perhatian. Jangan sambil ngotak-atik gadget!

BACA JUGA : Kalau wanita ingin dimengerti, ketahuilah bahwa pria juga butuh dipahami

3. Terus terang itu lagunya cowok. Beda dengan cewek yang takut, malu dan memilih memakai kata ‘tapi’ saat menunjukkan ketidaksukaan akan sesuatu.

Foto : www.whitsundayprofessionalcounselling.com
Foto : www.whitsundayprofessionalcounselling.com

Bagi cowok, semua kata itu artinya sama aja. Pemakaiannya sesuai kebutuhan, dan tak memiliki tendensi lain selain keaslian dari maksud dari kata atau kalimat tersebut. Berbeda dengan cewek, yang sebuah kata seringkali bermakna tak sebagaimana mestinya kata tersebut memiliki arti sesuai dengan yang dijelaskan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Contoh, adalah kata ‘tapi’ ketika cowok meminta pendapat ke cowok:

“Bro, menurutmu bagusan Tamiya yang Proto-Saber JB atau Tamiya yang Spin Axe?”

“Secara body, lebih keren Tamiya yang Spin Axe sih. Tapi kalau kecepatan, jelas lebih cepat Tamiya yang Proto-Saber JB.”

Jawaban itu, terutama maksud kata ‘tapi’ menjelaskan maksud sesungguhnya. Bandingkan ketika cowok meminta pendapat kepada cewek:

“Sayang, menurut kamu, kalau buat vlog, kamera Canon G7X gimana, bagus enggak?”

“Emmm, bagus kok. Tapi itu kan modelnya agak lama ya?”

Nah, kata sesederhana ‘tapi’ itu memiliki makna tersembunyi berupa: ‘Bagus sih. Tapi aku enggak suka. Jadi jangan beli’. Atau bisa juga berarti ‘Kamera Canon G7X kan model lama? Kenapa enggak beli keluaran baru yang Canon G7X Mark II saja?’

Kasus lain, ketika kamu tengah malam minta ijin mau ngopi-ngopi sama teman-teman, lalu ia menjawab:

“Boleh-boleh aja kok kalau mau ngumpul sama teman-teman, Tapi…”

Tebak sendiri ya, kelanjutannya, beserta maksud yang tersembunyi di dalamnya. Hehehe.

4. Lagi-lagi, kode berfungsi agar cowok mau ngungkapin duluan. Tak jarang kalau cewek suka menunggu hasil dari kinerja kode tersebut.

cewek sensi
Foto : www.askmen.com

Saat cewek tiba-tiba bilang:

“Sayang, tadi aku ketemu teman lama jaman sekolah, bareng suaminya. Aku kaget banget tahu kalau ternyata dia udah nikah.”

Bagi cowok yang peka, dia bakal langsung mikir: “Duh, kode minta dilamar nih. Mana kerjaan masih enggak jelas pula.” Setelah kode dilemparkan, biasanya cewek akan menunggu reaksi dari kode yang ia berikan. Apakah berbalas kepekaan? Bila tidak, cewek akan menghabiskan waktunya untuk menunggu dan menunggu cowok ngungkapin duluan. Semacam ngomong: “Mau enggak, nikah sama aku?”

Cewek enggak mau ngomong ‘minta dilamar’ karena takut dikira agresif. Maka dari itu, pekalah wahai para cowok. Kalau tidak peka, cewekmu akan menunggu-nunggu. Dan kalau setelah ditunggu lama ternyata masih enggak peka-peka juga, dia akan kesal secara tiba-tiba. Apa pun yang kamu katakana atau tanyakan, bisa-bisa akan dijawab dengan ‘terserah’ atau ‘aku enggak apa-apa kok’ dan sebagainya.

BACA JUGA : 30 Cara menunjukkan cinta tanpa harus mengucapkan kata “I Love You”

5. Cewek itu bahkan enggak selalu tahu apa yang dia mau, loh. Melempar kode, bisa jadi karena ia bingung.

berpikir
Foto : www.lifedaily.com

Ya, benar, cewek itu bahkan enggak selalu tahu apa yang dia mau. Apalagi kalau lagi PMS. Wah, segalanya seperti tak terkontrol. Berbicara semau-mau, berekspresi sesuka-suka. Karena memang dia sendiri pun bingung, apa yang sebetulnya ia inginkan. Kalau sudah begini, biasanya cowok akan jadi sasaran empuk untuk disalah-salahkan. Kalau sampai cowok berani membalas, maka akan terjadi keributan. Kalau cowok tak membalas, ia akan menjadi pria yang sungguh tampak bego dan hina di mata masyarakat. Sekuat-kuatnya usaha cowok tanya permasalahan sesungguhnya, paling bakal dijawab:

“Pikir aja sendiri!”

BOOM! Kalau sudah begitu kondisinya, sabar aja, ya.

6. Kode-kode cewek adalah sebuah kata atau susunan kata penuh misteri dengan maksud tersembunyi yang membutuhkan pemecahan.

susunan kata
Foto : martinworld.martinwoodcabinetry.net

Seisi dunia mengakui bahwa cewek adalah makhluk yang ribet. Ia berharap masalahnya segera dipecahkan, namun ia tak mau mengungkapkan. Hanya melempar kode dengan harapan agar cowoknya bisa merasa. Cewek sangat berharap agar cowoknya mengerti. Kalau Ali bin Abi Thalib pernah berkata:

“Aku sudah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.”

Maka sepertinya petuah di atas hanya dianggap sambil lalu saja bagi para cewek. Karena saat PMS datang, atau mungkin ketika kekesalan melanda, ia tak akan mengungkapkannya secara gamblang apa-apa yang betul-betul ia rasakan, sebagaimana cowok. Ia akan terus dan terus melempar kode, lalu berharap kepekaan dari manusia lain, yang pada kasus ini, adalah cowok. Salah sedikit aja mengartikan ucapannya, bisa-bisa panjang urusannya. Karena cewek tak pernah memberikan pilihan. Kamu yang harus liar dengan imajinasi tebakanmu sendiri, lalu bertindak memecahkannya. Ketika cowok tanya:

“Sayang, menurut kamu, urutan gelombang elektromagnetik dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi ini mana yang bener: sinar inframerah, sinar-X, cahaya tampak atau cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar gamma?”

Kalau lagi kesel, cewek bisa saja jawab:

“Pikir aja sendiri!”

Tapi kalau sedang sedikit berbaik hati, maka jawabannya akan berupa kode dengan menggunakan kata ‘tapi’ seperti di atas tadi. Begini, kurang lebih, jawaban cewek:

“Kalau aku sih lebih setuju dengan urutan sinar inframerah, sinar-X, cahaya tampak. Tapi kalau kamu mau pilih urutan cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar gamma juga enggak apa-apa.”

Itu berarti, cewek sangat menginginkan kamu memilih urutan yang ‘sinar inframerah, sinar-X, cahaya tampak’. Jika kamu kemudian menemukan sebuah fakta yang tepat, lalu menyodorkannya kepada cewek, dengan ucapan:

“Sayang, ternyata, setelah aku tanya kepada salah seorang guru fisika, urutan keseluruhannya begini: gelombang radio, gelombang TV, gelombang radar, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-X, sinar gamma. Berarti jawaban yang benar: cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar gamma.”

Maka bisa saja kemudian akan dijawab oleh cewek dengan jawaban:

“Terserah!”

Lalu kamu sakit kepala, karena tahu mana jawaban yang benar, tapi harus menurut jawaban salah dari cewek cuma gara-gara enggak mau bikin dia ngambek.

Kita Muda hanya mau menyarankan, kalau suatu hari kamu terjebak dalam kondisi demikian, atau kondisi yang semacam itu, maka lebih baik mengajaknya duduk bersama, bertanya baik-baik dan mendiskusikannya pelan-pelan. Siapa tahu cewek bisa mengerti. Tak perlu stres menghadapi kode-kode dari cewek, karena itulah letak seni dalam menjalin asmara.