Sebelum traveling ke 13 negara ini, kamu wajib tahu peraturan aneh yang ada di sana!


Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.

Setiap tempat itu pasti punya adat istiadat dan aturannya masing-masing. Aturan di satu tempat bisa saja sangat bertentangan dengan yang lain.

Tak memahami peraturan-peraturan di suatu negara saat kamu sedang berlibur atau akan tinggal di sana, bisa membuatmu terkena masalah. Beberapa peraturan memang sifatnya tertulis dan terdengar wajar untuk diberlakukan. Tapi, ada juga aturan-aturan yang mungkin akan membuatmu bertanya-tanya.

 

BACA JUGA: Indonesia rasa luar negeri? Ini lho 12 tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negeri!

 

Nah Kawan Muda tahu nggak, ada beberapa negara yang memiliki peraturan yang agak aneh. Terlepas peraturan itu tertulis atau nggak, kalau melanggarnya kamu beneran bisa kena denda atau bahkan dipenjara!

Heem, penasaran peraturan apa sajakah itu? Mari kita simak satu per satu di bawah ini.

1. Singapura: Mengunyah permen karet itu melanggar hukum.

via: staineaters.com.au

Mungkin beberapa dari kamu sudah tahu ya aturan ini. Singapura yang terkenal sebagai negara yang bersih itu sudah melarang penjualan permen karet sejak tahun 1992. Permen karet dianggap mengotori dinding dan trotoar. Tapi, pada tahun 2004 larangan tersebut dicabut dan masyarakat boleh mengonsumsi permen karet khusus untuk kesehatan.

2. Thailand: Menginjak mata uang Thailand adalah penghinaan pada Raja Thailand.

via: menstrait.com

Kalau liburan ke Thailand, jangan sampai ya menginjak baht yang kamu miliki. Bagi orang Thailand, dalam mata uang ada gambar raja yang telah berjasa dan menginjaknya (terutama di wajah) berarti menghinanya!

 

BACA JUGA: 8 destinasi wisata ekstrem yang harus masuk dalam daftar liburanmu!

 

Meski nggak sengaja, tetap saja kamu dianggap melakukan tindakan kriminal!

3. Jepang: Sushi itu harus di makan dalam sekali suap. Kamu akan dianggap nggak sopan kalau hanya menggigit setengahnya.

via: huffpost.com

Kalau hanya menggigit setengahnya (karena potongan yang terlalu besar masuk mulut) dan mengembalikannya ke piring, kamu bisa dianggap “melecehkan” sang chef. Jadi, saat nggak sanggup makan sekali suap, tetap pertahankan sisanya di sumpitmu ya.

4. Korea Selatan: Hush! Jangan berisik kalau ada di transportasi umum.

via: shardsofblue.com

Hehe, sudah menjadi kebiasaan ya saat bertemu teman di angkot atau KRL, kita langsung ngobrol sekencang-kencangnya nggak lihat kiri kanan.

 

BACA JUGA: 15 tempat wisata indah di Aceh yang wajib banget dikunjungi!

 

Hemm, berani kayak begini di Korea Selatan nih, bisa-bisa kamu ditegur karena dianggap kejam dan nggak menghargai kenyamanan penumpang lain. Hiks.

5. Korea Utara: Wisatawan asing nggak boleh pakai mata uang lokal Korea Utara.

via: thisisinsider.com

Ternyata, wisatawan asing yang berkunjung ke sana nggak boleh pakai mata uang lokal “won Korea Utara”. Mata uang yang diperbolehkan untuk asing adalah euro, dollar AS, dan yuan. Selain itu, wisatawan asing juga nggak boleh masuk ke department store lho.

6. Turki: Jangan pernah beri isyarat “OK” dengan jari tanganmu kalau nggak mau terkena masalah.

via: smithsonianmag.com

Kita terbiasa memberikan isyarat “OK” atau “Ya” atau “Bagus” dengan melingkarkan jempol dan telunjuk.

 

BACA JUGA: 7 Alasan kenapa kamu harus traveling dulu sebelum menikah

 

Ternyata nih, kalau kamu melakukan ini di Turki, sama saja kamu melakukan penghinaan karena “OK” merupakan isyarat yang vulgar di sana.

7. Rusia: SKSD itu dilarang! Berikan senyumanmu pada orang yang dikenal saja!

via: asergeev.com

Di Indonesia, kita terbiasa banget ya senyumin orang di jalan kalau nggak sengaja saling lihat untuk sekedar menghormati (meski nggak kenal). Tapi, jangan pernah melakukan ini di Rusia atau kamu bakal dianggap nggak sopan ama orang yang kamu senyumin. Aturan ini ternyata sudah jadi tradisi lho!

8. Italia: Kamu nggak boleh pesan cappuccino setelah jam 11 pagi atau kamu akan “ditertawakan” saat memesannya.

via: BBC.com

Sebenarnya bukan minum cappucinonya, tapi kamu nggak boleh minum sesuatu yang mengandung susu setelah sarapan atau setelah makan sesuatu.

 

BACA JUGA: 6 Alasan kenapa orang yang sering traveling cenderung lebih sukses

 

Menurut kepercayaan orang Italia nih, kalau kamu minum sesuatu yang mengandung susu setelah makan, pencernaanmu akan terganggu. Di beberapa kota besar biasanya aturan ini nggak strict, tapi ada saja sih yang akan memandang aneh saat kamu memesannya.

9. Milan: Liburan di Milan? Kamu wajib senyum dan terlihat ramah setiap saat biar nggak kena denda!

via: sophiecliff.com

Kalau di Rusia kamu nggak boleh umbar-umbar senyum, di Milan kamu malah harus tersenyum setiap saat. Maksudnya, kamu nggak boleh terlihat murung atau jutek di jalan. Kamu hanya boleh nggak senyum saat mengunjungi pemakaman atau rumah sakit. Kalau berani melanggar, kamu akan kena denda beneran!

10. Swiss: Menyiram toilet di atas pukul sepuluh malam itu illegal.

via: wonderopolis.org

Kalau kamu mau liburan ke Swiss atau tinggal di sana dan menyewa apartemen, jangan pipis di atas pukul sepuluh malam ya.

 

BACA JUGA: Pekerjaan yang cocok banget buat kamu yang hobi traveling

 

Tahan-tahan dulu deh, soalnya kalau kamu menyiram toilet malam-malam akan dianggap melakukan polusi suara. Peraturan ini dibuat oleh pemerintah lho!

11. Venesia, Italia: Berani memberi makan burung, kamu akan kena denda.

via: onlypassionatecuriosity.com

Kalau kamu nggak mau kena denda sebesar USD 700 atau setara 9,3 juta rupiah, jangan pernah memberi makan burung dara yang ada di depan Venice’s St. Mark’s Square. Pemerintah melarang ini karena burung-burung dapat mengancam kesehatan dan menganggu keindahan monumen yang ada di sekitar St. Mark’s Square.

12. Yunani: Pakai high heels saat berkunjung ke tempat wisata bersejarah di Yunani itu dilarang.

via: orbitz.com

Namanya juga mau lihat situs kuno, ngapain pakai high heels segala! Super ribet kan? Ditambah lagi high heels bisa bikin situs bersejarah rusak.

 

BACA JUGA: Cewek hobi traveling itu sosok istri dan ibu idaman untuk anak-anakmu! Ini alasannya…

 

So, lebih baik kamu tinggalkan high heels di hotel dan ganti dengan sepatu yang nyaman saat liburan ke Yunani.

13. Portugal: Kamu nggak boleh pipis sembarangan di pantai atau laut.

via: handluggageonly.co.uk

Heem, meskipun nggak ada yang lihat dan kita bisa merahasiakannya dari orang lain, lebih baik kamu jangan pipis sembarangan deh di laut. Ya, anggap saja kamu sedang berenang di kolam renang dan ada larangan untuk pipis sembarangan di kolam, hehe. Kalau kebelet ya cari saja toilet umum terdekat.