10 Desa dengan nama unik yang bikin kamu cengar-cengir saat membacanya!


Nama adalah kata untuk menyebut atau memanggil orang, tempat, barang, binatang, dsb. Ada banyak cara untuk menyusun suatu nama, yang biasanya dipengaruhi oleh budaya setempat dan bahasa sempat. Karena itulah, nggak jarang kita mendengar sebuah nama asing yang terdengar unik, aneh, bahkan lucu.

Seperti nama-nama desa yang ada di beberapa daerah di Indonesia ini. Biasanya, nama tempat diambil dari nama pahlawan, ciri khas daerah tersebut (misal Kebon Jeruk yang dulunya memang ada kebun jeruk yang luas di daerah itu), atau nama orang yang menemukannya. Nah, beberapa desa dan sekolahan ini malah memiliki nama yang unik dan malah terdengar lucu.

Entah apa sejarah dan makna sesungguhnya di balik penamaan tersebut, yang pasti kamu akan dibuat bingung dan ingin tertawa saat mendengarnya. Kita Muda nggak bermaksud menghina ya, tulisan ini semata-mata ingin menunjukkan bahwa ada begitu banyak nama-nama tempat yang unik di Indonesia.

 

BACA JUGA: Ternyata, selama ini kita salah menyebut nama tempat. Ini dia yang benar

 

Daripada Kawan Muda makin penasaran, yuk langsung saja kita lihat nama-nama desa yang unik berikut ini.

1. Dulu, warga eks transmigrasi dari Jawa membeli lahan di dekat Sekayu, Sumatera Selatan dan menamainya Desa Kasmaran.

via: kemdikbud.co.id

Saat ditanya kenapa nama desa mereka adalah “kasmaran”, masyarakat di sini nggak ada yang bisa menjawab. Mungkin dulunya kasmaran sama wilayah itu kali ya, jadi langsung membangun pemukiman di sana, hehe. Desa Kasmaran masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

2. Desa ini sepertinya gak terkenal dengan sapi perah atau ternak sapinya. Tapi, gak tahu kenapa bisa dinamakan Desa Kandang Sapi!

via: annunaki.me

Daerah yang terkenal dengan sapi perahnya di Jawa Tengah adalah daerah Boyolali. Lalu, kenapa desa ini dinamakan Desa Kandang Sapi ya?

 

BACA JUGA: Berdebat dengan pasangan adalah cara terunik untuk saling mencintai

 

Ini masih menjadi misteri bagi kita semua. Desa Kandang Sapi terletak di Kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah.

3. Percaya atau nggak, desa dengan nama Desa Tutup ini memang benar-benar ada lho.

via: m.lakeybanget.com

Tutup adalah desa yang berada di kecamatan Tunjungan , Blora, Jawa Tengah. Kenapa namanya Tutup? Kita Muda juga masih bertanya-tanya tentang hal tersebut!

4. Mungkin desa ini ditemukan leluhurnya saat musim hujan dan dinamakan Desa Kebocoran. Maksudnya, kebocoran air hujan dari langit.

via: lakeybanget.com

Kalau Kawan Muda iseng cari di Mbah Google nama Desa Kebocoran, kamu akan menemukan situs webnya. Keren nggak?

 

BACA JUGA: 22 Hotel unik yang bikin kamu betah berlama-lama saat liburan

 

Sayang, saat Kita Muda mencari sejarah nama desa tersebut di situs, ternyata nggak ada penjelasannya. Lagi-lagi sebuah misteri. Desa ini terletak di kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

5. Ada juga yang namanya Desa Semut. Mungkin desa tersebut membawa banyak rezeki atau warganya manis-manis.

via: fadhlihsan.blogspot.co.id

Desa Semut merupakan desa lokasinya dekat dengan pantai, jadi kalo kamu mau ke sini siap-siap aja kena angin laut. Desa ini masuk kedalam wilayah kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

6. Nah, yang satu ini terdengar agak seram, Desa Golok.

via: Panoramio.com

Mendengar kata golok identik dengan acara sembelih. Di kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah ada desa bernama Golok. Apakah desa ini penghasil golok berkualitas dan terbaik?

 

BACA JUGA: Bosan dengan dinner yang begitu-begitu saja? 8 ide dinner unik dan seru ini wajib dicoba!

 

Hmm, sepertinya sih nggak karena penghasil golok indah itu adalah Desa Mekar Maju di Bandung.

7. Dusun Koplak, mungkin warga di sini suka bercanda dan selera humornya tinggi.

via: meandpython.files.wordpress.com

Ada dusun bernama Koplak di Desa Umbul Martani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Konon katanya, di dusun tersebut penduduknya banyak yang “koplak” alias kocak. Hehe, mungkin tempat ini akan melahirkan komedian-komedian terbaik di Indonesia ya…

8. Namanya boleh saja Kecamatan Dukun, tapi tempat ini sangat terkenal dengan industri pembuatan kerudung dan mukenah!

via: setia1heri.com

Dukun adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

 

BACA JUGA: Dari meja billiard sampai celana dalam! Ini nih 10 barang “unik” selebriti Hollywood yang pernah dilelang!

 

Masih belum diketahui kenapa kecamatan yang terkenal dengan mangga gadung dan industri mukenah ini dinamakan Kecamatan Dukun. Padahal nggak ada unsur-unsur mistis sama sekali di wilayah ini.

9. Konon katanya, penampakan pocong di desa ini membuatnya dinamakan Desa Pocong oleh warga setempat.

via: sportourism.id

Asal mula nama Desa Pocong  ternyata berasal dari kisah mistis zaman dahulu yang dipercaya warga setempat. Jadi, dulu ada warga desa yang meninggal yang menjadi pocong dan berkeliaran menghantui desa. Dengan bantuan dukun, desa tersebut terbebas dari pocong dan warga kemudian menamainya Desa Pocong. Mungkin untuk nostalgia ya. Desa Pocok terletak di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

10. Apakah pernah terjadi pembantaian besar-besaran di desa yang bernama Desa Timbun Tulang ini?!!

via: kemdikbud.go.id

Mendengar namanya saja bikin bulu kuduk berdiri ya, Kawan Muda. Desa yang terletak di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan ini belum diketahui dengan pasti kenapa namanya menyeramkan begitu.

 

BACA JUGA: 16 iklan unik yang bikin orang melirik dua kali hingga membelalakkan mata!

 

Nah, itu tadi nama-nama desa unik yang ada di Indonesia. Ya, terlepas dari namanya yang aneh atau bahkan menyeramkan, keadaan di desa tersebut normal-normal saja kok seperti desa pada umumnya, hehe.

Hmm, kira-kira ada lagi nggak ya desa atau tempat lain yang memiliki nama unik di Indonesia? Kalau Kawan Muda tahu, jangan lupa share di kolom komentar di bawah ya!