Negara-negara ini memperlakukan jomblo secara kejam! Ada yang sampai diculik lalu dilempari kayu!


Menyandang status jomblo itu rasanya setengah-setengah. Ada kalanya kamu merasa bebas dan bahagia bisa memiliki banyak waktu sendiri untuk melakukan hal-hal baru. Di sisi lain, orang-orang di sekitarmu suka kepo dan berisik sendiri dengan statusmu.

Mungkin kamu harus bersyukur hanya dihujani pertanyaan-pertanyaan seputar, “Kapan punya pacar?”, “Jomblo kalau liburan biasanya ngapain?”, ATAU “Kemana-mana sendirian nggak bosan? Cari pacar lah!”.

Di beberapa tempat nih, jadi jomblo itu bukanlah hal yang mudah! Ada beberapa kebiasaan/ritual yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk para jomblo. Meskipun bukan peraturan tertulis, hal ini sudah mendarah daging dan harus banget dilakukan oleh mereka yang jomblo biar enteng jodoh!

 

BACA JUGA: Alasan-alasan dari mereka yang cukup laku, namun memilih untuk menjomblo dahulu

 

Daripada Kawan Muda penasaran, yuk langsung saja kita lihat satu-satu ritual bagi para jomblo di beberapa tempat di dunia ini.

1. Dilempari kayu manis di Denmark

via: imgur.com

Ritual unik pertama datangnya dari Denmark. Mereka yang menjomblo atau belum nikah di ulang tahun ke-25 akan mendapatkan hujan kayu manis dari teman-temannya.

Para jomblo Denmark akan diculik dan diikat di kursi oleh teman-temannya—di tempat umum. Lalu, mereka akan dilempari berbungkus-bungkus bubuk kayu manis. Tidak hanya itu, teman-teman para jomblo akan mengambil foto dan nggak beberapa lama viral deh di sosial media!

2. Pakai topi yang besar dan unik di Perancis

via: manager.co.th

Perancis punya hari besar khusus buat para jomblo di sana nih, namanya St. Catherine’s Day. Hari besar jomblo yang dirayakan setiap tanggal 25 November ini  mengharuskan cewek-cewek yang jomblo dan belum menikah di usia 25 tahun untuk memakai topi besar dan unik seharian. Topi nggak boleh dilepas meski ada di dalam ruangan!

 

BACA JUGA: Kamu jomblo? Agar jadi jomblo berkualitas, 7 hal ini harus kamu miliki

 

Kenapa harus pake topi besar? Hehe, supaya saat cewek yang jomblo ketemu sama rekannya sesama jomblo di jalan, mereka akan lebih termotivasi. Lalu, mereka  bersama-sama akan mengucapkan “mantra”, “Ya Tuhan, berikanlah kami jodoh yang terbaik; atau setidaknya jodoh yang pantas dan cocok untukku.” Ada-ada saja ya, Kawan Muda…

3. Pesta kaus kaki di Jerman

via: biut.de

Lagi-lagi “hadiah” buat para jomblo yang memasuki umur ke-25 tahun. Di Jerman, cowok yang menjomblo pada umur 25 tahun, harus memasang karangan bunga dari kaus kaki di depan rumah dan tempat-tempat yang terdapat barang pribadinya!

Tradisi yang dinamakan Sockenkranz ini menggunakan kaus kaki karena di Jerman ada istilah alte socke (kaus kaki tua). Nah, orang yang jomblo itu kasarnya sih kayak “kaus kaki tua” atau “bujang lapuk”.

Kalau buat cewek nih bukan pakai kaus kaki, tapi pakai karton bekas makanan atau minuman. Cewek-cewek yang jomblo di Jerman ini dipanggil schachtel (kotak tua), yaa semacam “perawan tua”.  JLEB!

4. Bersih-bersih rumah teman kalau kamu jomblo (lagi-lagi) di Jerman

via: shutterstock.com

Kalau yang kaus kaki dan karton bekas itu untuk jomblo yang berumur 25 tahun, bersih-bersih rumah adalah tradisi yang harus dilakukan mereka yang jomblo di umur ke-30!

 

BACA JUGA: Kamu jomblo? Salah sendiri, mungkin 5 kesalahan ini selalu kamu lakukan

 

Para jomblo harus menyapu teras rumah temannya dan membersihkan gagang pintu dengan sikat gigi! Bayangin kan, tetangga temanmu yang lewat bakal tahu kalau kamu jomblo dan ngenes karena harus bersih-bersih di rumah orang lagi!

5. “Black Day” sebagai pengganti “Valentine’s Day” buat orang jomblo di Korea

via: huffingtonpost.com

Para jomblo atau yang habis putus cinta, di tanggal 14 April akan berbondong-bondong mengunjungi kafe atau restoran untuk membeli makanan yang berwarna hitam—misalnya, jjajang myeon.

Nggak hanya beli makanan apa pun yang berwarna hitam, mereka juga harus memakai pakaian serba hitam. Wah, ini sih berkabung merayakan kejombloan….

6. Kaki nggak boleh terkena sapu kalau nggak mau jomblo seumur hidup di Italia

via: thelocal.it

Kalau para jomblo Italia lagi nyapu lantai nih dan nggak sengaja sapunya menyentuh telapak kaki, bisa dipastikan mereka akan menjomblo selamanya! Forever alone!

 

BACA JUGA: Ini dia bedanya single dengan jones (jomblo ngenes). Kamu yang mana?

 

Hmmm, meski berbau takhayul, mitos ini dipegang teguh sebagian besar orang, lho. Mungkin Kawan Muda yang jomblo bisa mulai hati-hati kalau lagi nyapu lantai atau ada orang nyapu.

7. Mencari jodoh yang tepat di Gubuk Cinta di Kamboja

via: merdeka.com

Ritual ini datang dari Negara tetangga kita nih Kawan Muda. Suku Kreung di Kamboja punya sebuah tradisi membuatkan gubuk untuk anak gadis mereka yang berumur 15 tahun. Nah, gubuk ini dibangun jauh dari rumah orang tua, jadi cewek-cewek  boleh lelusa mengundang cowok menghabiskan malam di sana.

Dengan adanya gubuk ini, para cewek bisa menikmati malam dengan cowok yang berbeda; dan nantinya bisa menentukan mana yang pantas menjadi suami mereka. Waini, cowok-cowok pasti seneng nih!

**

Hmm, kalau di Indonesia kira-kira ritual cari jodohnya apa ya Kawan Muda? Kalau kamu tahu, share pendapat kamu ya!