Hal-hal yang bakal ditanyain orangtua, kalau kamu cewek dan minta izin liburan bareng teman-teman


Siapa sih yang nggak ingin berlibur? Pasti seru ya bisa melepas kepenatan beraktivitas dengan bepergian ke suatu tempat. Kalau bisa jauh-jauh deh dari rumah biar kita nggak kepikiran terus dengan tugas-tugas yang masih menanti.

Nah, makin asyik lagi nih kalau kita bisa berlibur bareng teman-teman. Ya, sesekali lah nggak pergi ke tempat-tempat pilihan orang tua yang kadang itu-itu saja, hehe. Tapi, pernah nggak sih Kawan Muda ngerasain susahnya minta izin untuk bisa liburan bareng teman?

 

BACA JUGA: 5 Hal yang mungkin terjadi ketika kamu ngenalin pacar ke orang tua

 

Kawan Muda yang cewek-cewek pasti pernah mengalami ya susahnya dapat restu untuk liburan sendiri bareng teman.  Dari bicara pelan-pelan, perdebatan yang sangat alot, hingga berlinangan air mata mungkin pernah kamu alami. Memang sih ujung-ujungnya juga dikasih izin, tapi kamu harus siap diinterogasi dulu nih dengan pertanyaan-pertanyaan ini:

1. “Hah?! Liburan? Mau kemana emangnya kamu, Nak?”

via: cloudlettings.co.uk

Kalau minta izin dengan bilang “main” sih orang tua mikirnya kamu bakal hangout bareng teman di dekat-dekat rumah, beda lagi kalau kamu bilang mau “liburan”. Dalam benak mereka nih kamu bakal pergi jauuuuh banget dan terdengar bahaya gitu. Mereka pasti akan menanyakan dengan detail tujuan kamu kemana. Biasanya nih, tempat yang kamu pilih akan menentukan kamu dapat restu atau nggak nantinya.

2. “Kamu pergi sama siapa nanti? Cewek-cewek yang pergi atau ada cowoknya? Berapa orang jumlahnya satu rombongan?”

via: kissfromtheworld.com

Mungkin pertanyaan pertama berhasil kamu lewati ya, tapi jangan senang dulu. Orang tuamu akan menanyakan dengan siapa saja kamu akan pergi. Apakah ada orang-orang yang mereka percaya atau mereka kenal.

 

BACA JUGA: Hal-hal yang bikin kamu cemas kalau sampai orangtua pinjam gadget!

 

Meski kamu sudah bilang akan liburan bareng teman, mereka kadang nggak sadar dan masih saja bertanya apakah ada satu orang dewasa yang mengantar dan mengawasi!

3. “Nanti pas di sana kamu tinggal dan tidur di mana?”

via: agoda.net

Pergi liburan di tempat yang sama sekali baru dan asing pastinya membuat orang tua kamu khawatir. Mereka pasti kepikiran di tempat seperti apa anaknya akan menginap, nyaman atau nggak. Apalagi kalau kamu memilih penginapan dengan alasan murah meriah. Dengan banyaknya berita kriminal di TV, hal ini bisa jadi perdebatan panjang, lho!

4. “Kamu mau ngapain saja sih di sana? Sudah tahu caranya pergi ke tempat wisatanya?”

via: avitir.co.za

Saat kamu memutuskan mau liburan sendirian dan nggak bareng orang tua, mereka bakalan kepo nih emangnya kamu mau ngapain saja di sana. Kamu sudah tahu belum mau kemana-kemana saja. Mereka bakal mengulik-ngulik itinerary liburan kamu dan membedahnya satu-satu.

 

BACA JUGA: Hidup ini wang-sinawang. Saat kamu mikir hidup orang lain enak, mereka yang menjalani belum tentu merasa demikian. Begitu pula sebaliknya!

 

Ehm, pertanyaan ini nggak bakal berhenti ditanyakan bahkan saat kamu sudah sampai di tujuan! Mereka akan telepon kamu dan terus bertanya, “Kamu lagi ngapain, Nak? Aman-aman saja, kan?”

5. “Berapa lama kamu perginya? Nggak boleh lama-lama, ya!”

via: hostelworld.com

Hal pertama yang kamu jelaskan pada orang tuamu saat minta izin liburan adalah kamu mau kemana, berangkat tanggal berapa, dan berapa lama. Tapi saking khawatirnya, orang tua suka lupa dan menanyakan kembali berapa lama kamu akan pergi. Mereka juga mewanti-wanti agar kamu nggak keblinger liburan dan selalu ingat untuk kasih kabar orang-orang di rumah. Apalagi kalau kamu berniat menambah waktu liburan!

6. “Kamu mau beli oleh-oleh apa? Apa ya yang khas di sana? Nanti kamu beli yang banyak ya, buat saudara sama tetangga sekalian!”

via: traveloninspiration.com

Hehe, ujung-ujungnya tanya oleh-oleh juga ya. Meskipun kamu harus melewati tahap interogasi yang melelahkan, akhirnya lega kan saat orang tua kamu mulai tanya oleh-oleh. Itu tandanya, kamu sudah dapat lampu hijau dari mereka untuk liburan bareng teman-teman.

7. “Kamu yakin bakal pergi?”

via: cloudlettings.co.uk

Memang sih kamu akhirnya dapat lampu hijau juga. Tapi, ada aja pertanyaan orang tua yang malah bikin kamu mikir sebenarnya mereka ikhlas nggak sih kasih izin pergi. Mereka terkesan rela nggak rela dengan terus menanyakan, “Kamu yakin nih jadi berangkat liburan?”

 

BACA JUGA: Hal hal yang akan kamu rasakan setelah menikah, yang orang-orang tak pernah ceritakan!

 

Inginnya sih, dengan sedikit rayuan dan dimanja-manja, kamu bakal luluh dan batal pergi. Atau, mereka mencoba menakut-nakutimu dengan berita tentang cuaca buruk di TV. Betul nggak nih?

**

Hayo Kawan Muda, siapa yang pernah mengalami hal kayak begini?