7 fakta menakjubkan tentang emoji yang tak pernah kamu duga!


Saat ini, mengirim pesan kepada teman atau sekadar update status, nggak hanya menulis beberapa kata atau kalimat saja. Kita suka menambahkan emoji dalam teks atau bahkan menanggapi pesan hanya dengan memberikan emoji. Daripada menulis “ha ha ha”  kamu lebih memilih memberikan emoji “smiley face”, lebih simpel dan ekspresif kan?

Emoji akan selalu menjadi bagian yang nggak terpisahkan dari hidup. Selama kita masih suka mengirim pesan dan update status, emoji akan selalu kita pakai. Nah, Kawan Muda pernah nggak sih kepikiran kok bisa emoji yang lucu dan warna-warni itu mendadak populer. Atau, siapa sih yang membuatnya pertama kali?

 

BACA JUGA: 10 tipe teman saat menghadapi ujian. Kamu termasuk jenis teman yang mana?

 

Kali ini Kita Muda bakalan share nih, fakta-fakta menarik tentang emoji yang mungkin sebagian dari kamu belum pada tahu. Yuk, langsung saja kita lihat satu-satu.

1. Percaya atau nggak, emoji sudah ada sejak tahun 1999 lho!

via: apex.aero

Kawan Muda, ternyata emoji yang identik dengan kaum millennial ini sudah ada sejak tahun 1999. Menurut Mark Davis, co-founder Unicode Consortium, simbol emoji pertama kali ada dalam ponsel-ponsel di Jepang.

Perusahaan ponsel di Jepang menggunakan emoji untuk menarik perhatian konsumen. Karakter-karakter atau simbol emoji ternyata terinspirasi dari manga dan anime Jepang lho.  Unicode akhirnya mengambil emoji ini dan kemudian dikembangkan hingga menjadi emoji yang kita kenal sekarang.

2. Unicode Consortium adalah perusahaan yang mengurus standardisasi emoji di dunia

via: plus.google.com/+MarkDavis

Mengurusi emoji ternyata nggak semudah yang dipikirkan. Kenapa kita bisa membaca emoji yang sama meski kita bertukar pesan dengan teman yang memiliki merk smartphone berbeda?

 

BACA JUGA: 10 hal yang terbukti salah, tapi kamu masih saja tetap melakukannya

 

Berterimakasihlah kepada Unicode Consortium yang mengatur standar untuk perusahaan-perusahaan yang menggunakan emoji (e.g.; Apple, iOS). Unicode juga menerima dan me-review permintaan untuk pembuatan emoji baru lho!

3. Tanggal 17 Juli diperingati sebagai World Emoji Day

via: dribbble.com

Karena dalam keseharian orang-orang tidak lepas dari emoji, iOS akhirnya menetapkan tanggal 17 Juli sebagai World Emoji Day. Bahkan untuk menambah semarak, dibuat juga lagu untuk memperingati hari besar bagi karakter lucu dan warna warni ini.

4. Kata “emoji” dimasukkan dalam Oxford Dictionaries pada tahun 2013

via: people.com

Meski ditemukan sejak tahun 1999, demam emoji baru terjadi di tahun 2012. Perkembangan internet dan banyaknya aplikasi sosial media memunculkan istilah-istilah baru tentang internet, termasuk ikut mempopulerkan nama “emoji”.

 

BACA JUGA: Untuk cowok, kamu cuma boleh nangis kalau alasannya karena 10 hal ini

 

Akhirnya di tahun 2013, kata “emoji” dimasukkan ke dalam Oxford Dictionaries bersamaan dengan istilah-istilah baru dan aneh dari internet lainnya.

5. “Emoticon” dan “Emoji” itu beda lho ternyata!

via: enkivillage.com

Kata “emoticon” berasal dari “emotion” dan “icon” yang berarti menggambarkan ekspresi wajah atau postur tubuh menggunakan angka atau huruf yang ada di komputer. Misalnya nih untuk senyum “ : -)” atau mengedipkan mata “;-)”. Hehe, ini seperti yang kita pakai saat HP masih jadul dulu ya.

Nah, kalau kata “emoji” berasal dari Bahasa Jepang “e” (gambar) dan “moji” (karakter). Emoji adalah piktograf (penampakan gambar yang menyerupai/meniru objek yang sebenarnya), bukan hanya sekedar karakter angka atau huruf. Bentuknya juga lebih warna-warni dan lucu-lucu, hehe.

6. Karakter “wajah dengan air mata bahagia” adalah emoji yang paling sering digunakan

via: gadgets.ndtv.com

Menurut emojitracker, situs yang mengamati penggunaan emoji di Twitter secara real time, karakter yang paling banyak digunakan di Twitter adalah emoji “wajah dengan air mata bahagia”. Menyusul di nomor dua adalah emoji “hati”.

7. Kepopuleran emoji bahkan menghilhami dibuatnya mini dokumenter “Emoji Among Us”

via: dissolve.com

Wah, sudah punya hari jadi dan lagu sendiri, ternyata ada juga lho yang sampai bikin mini dokumenter tentang emoji! Bisa dibayangin kan betapa emoji telah banyak berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

 

BACA JUGA: FAKTA: otak cewek vs. otak cowok

 

Nah, mini dokumenter berjudul “Emoji Among Us” yang digagas oleh Dissolve Filmmaker ini berusaha menunjukkan dampak luas dari penggunaan emoji di tengah-tengah masyarakat kita saat ini. Keren banget kan idenya?

***

Kawan Muda suka pakai emoji? Apa emoji favoritmu? Kasih tahu kita dengan komen di bawah ya!