Jenis-jenis orang yang patut diberi predikat “Biang Kerok!”


Setiap kita pasti memiliki beberapa (atau bahkan banyak) lingkaran pertemanan. Mulai dari teman sekolah, kuliah, teman main, organisasi, komunitas, kepanitiaan sebuah acara, teman kerja, dan banyak lagi. Tapi, entah kenapa ya, di setiap lingkungan itu, pasti ada aja manusia-manusia yang segala kelakuan dan ucapannya, membuatnya lebih cocok untuk dijuluki sebagai biang kerok. Setidaknya, beberapa kebiasaan ini bisa menjadi jawabannya:

1. Seneng cari masalah.

via: money.CNN.com

Dulu pas jaman sekolah pasti pernah kan ya, misal pas lagi nulis gitu, tiba-tiba ada teman yang dengan sengaja nyenggol tangan kita biar tulisannya jadi kecoret.

 

BACA JUGA: Pelajaran-pelajaran penting dalam menjalankan bisnis yang cuma bisa kamu peroleh di luar sekolah!

 

Nah, orang-orang kayak gini nih yang ngeselin. Seneng cari masalah. Bawaannya jadi pengin ngegibas aja.

2. Suka mengadu domba.

via: RealAndrews.com

Tuh, domba aja diadu. Apalagi manusia!

Cara paling gampang untuk mendeteksi apakah seseorang itu suka mengadu domba atau tidak, bisa dilihat saat dia mendengar curhatan seseorang yang lagi ngomongin tentang orang lain. Kalau kelar cerita ia enggak ngomongin ke orang yang digunjing, berarti dia tak layak disebut biang kerok. Tapi kalau dia sampai ngomongin, apalagi sampai ditambahi bumbu yang enggak-enggak, wah, ini jelas ngajak ribut sih.

3. Gemar menggunjing.

via: health.USNews.com

Ini masih senada dengan poin di atas. Cuma bedanya, kalau yang di atas, di dengar gunjingannya, untuk disampaikan ke yang digunjing, dan dibumbui. Biar jadi ribut. Tapi kalau yang ini, hanya lebih ke senang menggunjing.

 

BACA JUGA: Kenapa anak sekolah sebaiknya jangan bawa kendaraan?

 

Namun meski demikian, tetep aja yang namanya menggunjing itu melukai hati. Kalau orang yang digunjing denger, marah tuh pasti. Mungkin sampai di sini kamu akan jawab:

“Ya, kalau dia denger. Kalau enggak?”

Hai Kawan Muda, bukankah sepandai-pandai tupai melompat, sekali waktu akan jatuh juga? Jadi, akan tiba masanya di mana apa yang kamu pergunjingkan itu, akan bocor. Biasanya sih yang membocorkan orang yang di poin nomor 2 pada artikel ini. Makanya, kalau mau ngomongin orang, pastikan materi yang dibahas, enggak bikin orang yang diomongin jadi sakit hati.

4. Hobi banget ngebajak akun sosmed.

cowok-sosmed
Foto : topscience.net

Alasannya sih cuma mau pinjam smartphone sebentar, untuk berkirim file. Eh, enggak tahunya pas sambil nunggu proses mengirim file, tiba-tiba membuka sosial media. Lalu di situ ngetweet atau update status. Wah, berabe.

Kalau yang diposting masih yang baik-baik sih enggak masalah. Lha kalau yang diposting itu sampai bisa merusak nama baik, kayak:

“Wah, aku homo nih.”

Kan jadi gimana gitu citra kamu di mata teman-teman kamu di sosial media.

5. Kalau pinjam uang atau barang, susah balikin!

pinjam uang
Foto : www.riverdalefunding.com

Wah, dari sekian poin, ini yang paling ngeselin.

Orang tuh kalau mau ngutang, minjemnya kayak orang lagi ngemis. Muka dimelas-melasin, bahkan sampai curhat juga. Eh giliran dikasih, muka langsung berubah sumringah. Terus pas besok-besok ditagih, gentian yang minjemin yang jadi kayak pengemis. Mukanya dimelas-melasin juga. Lah, siapa yang punya duit, siapa yang ngemis. Itu kan meminta hak!

 

BACA JUGA: Selalu Punya Uang Tapi Terus Merasa Kurang? 13 Quotes Ini Akan Membuatmu Bersyukur!

 

Nah Kawan Muda, kasus ini juga bisa berlaku untuk barang-barang seperti buku, baju, motor, atau mungkin kekasih. Jadi, hati-hati!