Bumi itu bulat atau datar sih? 4 hal ini bisa membuktikan bentuk bumi sebenarnya!

Image Credit : astro-event.blogspot.com

Sudah lama diketahui bahwa Bumi itu berbentuk seperti bola alias BULAT. Bahkan fakta ini udah diyakini ketika Kawan Muda masih duduk di bangku sekolah dasar. Ditunjang dengan pembuktian foto-foto yang diambil dari luar angkasa misalnya oleh International Spcae Station (ISS).

Namun, hingga tahun 2016 ini masih ada loh sejumlah pihak atau kelompok yang meyakini bahwa bumi itu DATAR. Nah, buat kamu yang mungkin masih ragu, nih simak bukti-bukti simpel yang dijelaskan oleh ahli geologi sekaligus dosen Teknik Geomatika ITS, Teguh Hariyanto. Cekidot !

#1. Bayangan matahari bergeser

L-R 18YR OLD RHIANNA MALLIA AND LOUISE DOUGHERTY(21) COOL DOWN WITH AN ICE CREAM IN AVIEMORE WHICH WAS THE HOTTEST PLACE IN THE UK TODAY...PIC PETER JOLLY
Foto : dailymail.co.uk

Sederhananya, coba deh lakukan percobaan dengan duduk sehari penuh di tengah lapangan ketika panas-panasnya. Kamu akan melihat bayangan tubuhmu yang awalnya ada di kanan akan berpindah secara perlahan dengan sudut tertentu ke arah kiri. Tentu hal ini membuktikan sesuatu, kalau bumi memiliki sudut lengkung dan bergerak mengelilingi matahari.

#2. Perbedaan zona waktu

june-pacificnight

Foto : gcrinstitute.org

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia dan kebetulan punya pacar di Amerika, kondisi itu bisa kamu manfaatkan untuk membuktikan bentuk bumi sebenarnya. Dari mana? Dari adanya perbedaan zona waktu. Kalau di Indonesia siang hari, pasti di Amerika malam hari. Misalnya bumi berbentuk datar, pasti di semua tempat memiliki waktu yang sama dong?

#3. Kapal tiba-tiba menghilang di kejauhan

ships_____sailing_ship_in_the_sea_081646_

Foto : zastavki.com

Ini sering banget dibahas ketika Kawan muda masih sekolah dulu dan emang terbukti. Kalau kamu iseng-iseng pergi ke pelabuhan, dan kebetulan ada kapal yang berlayar coba deh perhatikan baik-baik.

Pergerakan kapal yang awalnya kelihatan besar lambat laun akan mengecil dan lenyap. Itu berarti ada yang namanya koreksi kelengkungan bumi dimana planet ini bentuknya memutar.  Jarak pandang mata manusia terbatas, sehingga nggak mampu untuk melihat jarak terjauh dari planet ini kecuali dibantu alat ukur.

#4. Simpelnya sih, menggunakan Google Maps

maxresdefault

Foto : Youtube.com

Sekarang era modern gaes, cara simpelnya adalah dengan membuka Google Maps. Aplikasi ini dibantu dengan satelit untuk memproyeksikan tampilan bumi secara keseluruhan. Kalau kamu menggunakan aplikasi ini tanpa memberikan detail lokasi yang kamu tuju, pasti Google Maps akan memberikan tampilan proyeksi bumi yang berbentuk lengkungan.

Setelah memasukkan lokasi detailnya, barulah Google akan memberikan tampilan lokasi dalam bentuk datar secara otomatis.

***

Gimana? Udah percayakan kalau bumi itu BULAT ?