9 Hal nggak berguna yang terkadang masih sering kita lakukan

gak-guna
Image Credit : www.cnn.com

Sesempurna apapun, manusia memang nggak luput dari kesalahan. Kita masih sering melakukan hal-hal yang kita anggap benar tapi ternyata apa yang kita anggap benar tadi justru nggak berguna dan bisa menyakiti orang lain atau memicu kesalahpahaman.

Sadar nggak kita berbuat hal demikian?

Supaya jadi renungan nih gaes, 9 hal inilah yang kadang kita lakukan terhadap orang lain namun kita nggak merasa bersalah.

1. Alih-alih memberikan semangat justru jatuhnya meremehkan kemampuan orang lain.

berinteraksi di kantor
Foto : www.layawellness.ie

Banyak cara untuk membangkitkan semangat. Salah satunya adalah membuat orang tersebut down dengan meremehkan kemampuannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan setelah down dia pasti bisa bangkit kembali dan mendapatkan mental yang kuat.

Tapi ingat gaes nggak semua orang itu bisa disemangati melalui jalan meremehkan kemampuannya dulu biar dia kuat mental. Yang ada, dia akan berpikir bahwa kamu bahagia melihat penderitaannya. Kalau kayak gini bikin hubungan makin nggak baik bukan? Ada baiknya kamu semangati dia dengan kalimat-kalimat positif.

2. Merasa sombong.

percaya-diri
Foto : psychologyformarketers.com

Namanya juga manusia, rasa ingin diakui itu udah melekat dalam diri. Nggak Cuma diakui tapi juga ingin dihormati, inilah yang terkadang bikin manusia jadi serakah alias sombong. Kita sering lupa bahwa jika kita minta dihormati maka kita juga harus menghormati. Jika ingin dihargai maka kita juga harus menghargai.  Sikap timbal balik itu perlu agar tidak terjadi kesombongan.

3. Suka mengeluh.

pria takut
Foto : www.shminhe.com

Sikap mengeluh adalah sikap yang mayoritas pernah kamu lakukan, secara sadar maupun nggak sadar. Mengeluh sama saja dengan tidak mensyukuri keadaan atau apa yang kamu miliki sekarang. Apa sikap itu berguna? Jawabannya pasti tidak.

Waktumu terlalu berharga untuk dibuat mengeluh.

4. Marah di belakang orang yang dituju.

marah
Foto : www.huffingtonpost.com

Pasti dari kamu pernah mengalami perasaan ingin marah di depan orang tersebut tapi nggak berani mengungkapkan, akhirnya kesal sendiri setelah orang itu pergi. Menyebalkan memang tapi itu juga nggak akan menyelesaikan masalah. Tenagamu akan terkuras untuk hal yang nggak ada. Tentu merugikan diri sendiri dan bikin stress bahkan bisa jadi orang disekelilingmu ikutan ilfil sama kamu juga.

5. Emosi yang dilampiaskan dengan membanting atau merusak barang.

stress
Foto : ruanghati.com

Nggak ada kata yang tepat kecuali buang-buang tenaga! Buang duit! Buang waktu!

Emosi hilang sekejab tapi setelahnya, sesal yang didapat.

6. Merasa bahwa penderitaanmu adalah yang paling berat sedunia.

Foto : Demilked
Foto : Demilked

Kamu sering kehilangan akal jika tertimpa masalah. Seolah-olah masalahmu adalah yang paling berat di antara yang lain. Tenangkan dirimu, di atas langit masih ada langit, yang artinya banyak orang yang lebih menderita dari dirimu. Semua manusia pasti punya masalah dan penderitaan dengan porsinya masing-masing. Jadi nggak usah mikir yang berlebihan.

BACA JUGA : Foto-foto dari belahan dunia ini akan membuatmu tersentuh & bersyukur dengan keadaanmu sekarang ini

7. Membawa masalah dari tempat lain.

marah
Foto : encoredelaudace.blogspot.com

Masalah rumah tangga dibawa sampai ke kantor. Dimarahi atasan, pacarnya kena semprot. Hayo siapa yang sering kayak gini?

Kurangi hal-hal yang nggak berguna kayak gitu gaes. Soalnya itu bakalan merugikan nggak hanya kamu aja tapi juga orang disekitarmu yang nggak tau apa-apa.

8. Memelihara penyakit iri dengki dan benci.

cemburu
Foto : lmt-lss.com

Penyakit hati itu lebih serem dari penyakit fisik. Salah satunya adalah membenci orang lain. Banyak kok orang yang tanpa alasan nggak suka atau merasa iri dengan orang lain. hingga melakukan hal-hal yang nggak benar sampai pada akhirnya orang tersebut menyesal. Wah jangan sampai deh gaes, karena penyesalan itu selalu datang terlambat.

9. Membully disengaja ataupun tidak.

bully
Foto : www.qureta.com

Jaman sekarang bullying itu nggak kentara. Ketika kamu ngomong ‘cieee’ itu udah masuk kategori membully. Walaupun kontennya cuma bercanda. Perlu kamu ketahui hal yang terkadang kita anggap remeh belum tentu nggak dimasukkan hati sama si penerimanya. Bisa jadi dia yang kamu cieee-in sakit hati.

Gimana? Kita harus beneran hati-hati dalam bersikap ya gaes.