Cuma pengendara motor yang paham dan ngerasain hal-hal begini saat musim hujan

motor

Pengendara motor emang punya cerita sendiri. Mulai dari kepanasan, kena angin, diserempet, ban bocor sampai dorong motor karena mogok. Rasanya dilema banget, tapi itu semua udah jadi risiko yang mesti dihadapi. Nggak hanya pas musim kemarau aja tau juga musim penghujan.

Hmmmm…kebayangkan gimana kalau hujan dan kamu naik motor.

Kita Muda bisa bayangin kok sampai nyempetin buat bikin tulisan ini.

Kira-kira apa aja kejadian yang cuma dipahami sama pengendara motor?

Ini diaaaa….

1. Sering kecipratan.

kecipratan
Foto : Wovgo.com

Banyak yang bilang musim hujan mulai datang artinya akan ada banyak keberkahan yang datang juga tapi nggak deh kayaknya buat pengendara motor, justru kesedihan adalah jawabannya. Gimana enggak?

Seiring datangnya hujan otomatis banyak genangan air yang siap menenggelamkan motor. Parahnya, ada beberapa pengendara yang MUNGKIN nggak peka, asal lewat tanpa memperdulikan samping kiri kanannya. Alhasil ada hujan tambahan yang siap mengguyur. Yup bener! Kecipratan genangan air yang entah itu berasal dari kumpulan air hujan murni atau bercampur comberan tumpah ruah di muka si pengendara motor. Wah..apes!

2. Lupa bawa jas hujan.

jas hujan
Foto : Wovgo.com

Kalau ini mah nyebelin abisss…..

Nggak usah dijelasin gimana ngenesnya lupa bawa jas hujan. Kamu udah mahapede nih berangkat ke kantor, ditengah-tengah perjalanan malah hujan deres. Rasanya tuh kayak dongkol yang ditahan, nggak enak banget. Solusi yang terbaik adalah tunggu hujan reda sambil melipir ke pinggiran toko atau menembus hujan.

3. Jalan licin awas jatuh!

kepleset
Foto : Wovgo.com

Udah jadi resiko bagi pengendara motor, termasuk untuk urusan keselamatan. Ditambah lagi musim hujan banyak jalan yang licin dan genangan air. Membuat kamu sebagai pengedara motor harus lebih waspada karena efeknya yang berbahaya.

Jalanan licin sih bisa lah ya disiasati dengan berkendara pelan-pelan tapi kalau jalan yang berlubang dan tertutup air, jadi susah untuk membedakan itu jalan datar atau berlubang. Usahakan juga jangan berkendara pada malah hari deh kalau musim hujan gini.

4. Motor perlu dicuci berkali-kali.

cuci motor
Foto : Wovgo.com

Mungkin ekspresi kamu waktu baca poin ini udah males duluan, soalnya ini sering banget kejadian nggak hanya sama satu tapi berratus-ratus orang merasakan hal yang sama.

Nyuci motor terus-terusan adalah hal yang nggak cuma bikin bete, tapi juga bikin kantong kering. Soalnya, motor kalau udah kena hujan selain bikin si pengedara nggak nyaman juga bikin onderdil jadi nggak awet.

Hahh….nyuci lagi nyuci lagi…

5. Rawan sakit.

cepet sembuh
Foto : Wovgo.com

Aku atit….

Musim hujan emang banyak penyakit menyebar mulai dari masuk angin, flu sampai yang berbau berbahaya seperti diare. Kalau yang ini sih pinter-pinter merawat diri aja, terutama yang udah sadar bahwa dia adalah pengendara motor sejati.

Sakit-sakitan gini udah jadi makanan sehari-hari bagi yang suka motoran tapi nggak sedikit juga pengendara yang justru jadi kebal karena udah kebiasaan.

6. Make up sering hancur berantakan.

make up luntur
Foto : Wovgo.com

Penderitaan hujan belum berakhir, apalagi hal ini sering banget dialami cewek. Make up sering luntur kena air hujan. Kebayang nggak sih betapa mahasebelnya, udah dandan cantik-cantik buat pak bos eh malah keguyur hujan. Udah gitu peralatan make up nggak kebawa lagi. Hhhh….udah pasrah aja..

7. Persiapan motor mogok.

motor mogok
Foto : Wovgo.com

Yakin deh dari sekian juta pengendara motor di Indonesia pernah mengalami hal ini. Motor mendadak mogok karena entah itu kenalpot atau mesinnya kemasukan air hujan. Tuhan emang suka gitu, ngasih sentilan sentilun cobaan kala hujan. Jadi kamu nggak perlu lagi marah-marah, udah jadi resikonya bung…

8. Kalau apes, kena tilang!

ditilang polisi
Foto : Wovgo.com

Duh…dilema kita nggak berhenti sampai disini loh guys… Sekarang kan ada aturan, kalau neduh lama-lama di bawah flyover atau Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) akan dikenakan tindakan tegas dengan cara diberi peringatan. Kalau si pengendara masih ngeyel akan ditilang dan didenda. Aturan ini ditetepkan supaya nanti nggak menimbulkan kemacetan di sepanjang jalan. Jadi kamu harus berpikir dua kali kalau mau berteduh waktu hujan. Hehe …