Cuma anak generasi 90an yang tahu kartun-kartun ini

kartun 90an
Image Credit : Wovgo

Dulu waktu kamu kecil, terutama untuk anak-anak era 90an nih. Kamu nggak terlalu mikirin mau main apa atau kemana pas libur hari  minggu. Cukup di rumah dan duduk manis di pangkuan kekasih… walllaaaa.. bukan,!!! Duduk manis di depan TV.

TV jaman dulu udah punya hari khusus buat anak-anak liburan sekolah. Tentunya tayangan mereka juga  lebih greget. Artikel kali ini pingin banget memberikan secuil gambaran betapa tayangan TV dulu itu, selalu dicari anak-anak karena tayangan kartun yang nggak ada habisnya.

BACA JUGA : 11 hal yang bikin 90an itu tahun yang ajaib

Coba kamu bandingkan dengan apa yang terjadi sekarang. TV mana yang masih menampilkan ikon bocah pintar Detektif Conan? Hewan unyu menggemaskan Hamtaro bahkan petualangan Ninja menyenangkan seperti Hatori?

*Sekarang mah lagi musimnya sinetron binatang atau balap-balapan :3 heuheuheu

Kangen nggak?

Kalo sekarang di-compare, tentu banyak menuai perbedaan. Tiap hari minggu, TV dipenuhi acara musik yang lama-lama ‘nggak asik’. Gosip menjajakan aib seseorang yang dikonsumsi bersama hingga sinetron melotot-melotot yang mendidik anak menjadi ‘dewasa’ sebelum waktunya.

Mewakili teman-teman 90an yang lain, cuma ingin bilang “kembalikan kekanak-kanakan kami dan film kartunnya!

Kami nggak ingin menjadi dewasa sebelum waktunya dengan menjajan aib orang dan mendengarkan lagu-lagu dengan makna cinta-cintaan yang nggak patut didengar anak kecil.

Btw, anak kecil jaman sekarang, umur 5 tahun aja lagunya udah cinta-cintaan. Mau jadi apa deeeekkkkkk ?!?!?!?

Oke. Dari pada ngamuk-ngamuk, agar hati ini lebih tentram. Kita Muda kembalikan lagi kartun-kartun legenda hari minggu yang pastinya bikin kamu makin kangen.

1. Apalah hidup ini tanpa Gundam waktu subuh.

Gundam
Foto : gundam.wikia.com

Dziiing…dziiinggg….Gundam metamorphosis!

Kalau denger kayak gini bawaannya pingin ngumpat. Kenapa? Habisnya kangen bangetlah sama anime robot Gundam yang sering ditayangin waktu subuh. Cerita Gundam punya banyak seri, ada Gundam Wing, Gundam Destiny, Gundam Seed banyak banget. meski dulu nggak ngerti-ngerti amat alur ceritanya, tapi dibenak anak-anak selalu terlihat keren.

Gambaran robot itu mewakili imajinasi anak-anak. Bahkan lagu-lagunya meskipun berbahasa Jepang, entah kenapa dihafalin dan lancar banget. Bukankah ini contoh yang baik, soalnya memicu anak untuk kepo dari hal yang menyenangkan. Bayangin aja anak SD udah hafal lagu Jepang.

2. Setelah itu lanjut Inuyasha dong.

Inuyasha
Foto : inuyasha.wikia.com

Kagome, Kikio dan Inuyasha. Meski terlilit cinta segitiga, tapi pengemasananimenya nggak menggambarkan kesan cinta-cintaan banget. Menonjolkan sisi berpetualang mencari pecahan bola empat arwah. Dihadang beberapa monster, bahkan musuhan sama kakak Inusyasa, Seshomaru. Meski Seshomaru ini jarang muncul, tapi tipe karakter yang paling dinanti soalnya ganteng wkwk.

Inuyasha ini, sering ditayangin pas habis subuh juga. Lagu opening dan ending selalu nggak boleh dilewatkan. Duh, kangennya…

3. Tontonan belum berakhir, masih ada Wedding peach.

Wedding-peach
Foto : www.fanpop.com

Nah kalau Wedidng peach dijuluki kartunnya para cewek-cewek. Dulu masih nggak tau soal baju pengantin yang bagus itu kayak gimana, setelah ada kartun ini, hampir semua cewek selalu gambar baju pengantin ala wedding peach *termasuk penulis*.

(((( Pengantin )))) Jadi baper, kapan ya eyke dilamar terus jadi pengantin. #Ngarep

Anime ini girly abis. Tentang 3 cewek yang punya kekuatan untuk melawan kejahatan dengan berubah menjadi seonggok pengantin. Jadi senjata-senjatanya tuh ada cincin, kalung, gelang pokoknya aksesoris. Lucu bangetlah…

4. Masih ingat nggak sama Sailormoon?

Sailormoon
Foto : sailormoon.wikia.com

Dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu….. Tagline ini nggak asing ditelinga bahkan sampai kamu udah gede. Berjanjilah kalau anakmu kelak akan menonton ini juga. Kartun ini jadi idola bangetlah di hari minggu, aksi pasukan berkostum unyu ini melabelkan dirinya sebagai superhero dari elemen-elemen planet. Ada Venus, Yupiter, Uranus, Moon, Mars dan lainnya. Ngaku aja lah, bahkan yang cowok juga suka lihatin Sailormoon.

5. Ada hamster Hamtaro yang suka makan biji bunga matahari.

Hamtaro
Foto : hamtaro.wikia.com

Ya, Hamtaro tidur. Hamtaro tidur di mana saja.

Apa yang paling dia senangi, biji bunga matahari…

Masih ingatkan sama lirik lagunya? Kisah Hamtaro si hamster orange dan teman-temannya yang suka makan biji bunga matahari ini, nggak kalah menghidupkan hari minggumu bukan? Biasanya sih ditayangin di RCTI tapi sekarang entah kemana. *Semoga nggak dimakan kucing :3

6. Paling demen sama Digimon!!!

digimon
Foto : steamcommunity.com

Digimon – Digital Monster – adalah kartun yang menceritakan petualangan Taichi bersama Agumon dan kawan-kawannya di dunia digital. Yang keren dari kartun ini adalah ketika monster-monster kecil berubah dengan digivice, jadi tambah besar dan tambah kuat. Dan yang paling keren adalah Omegamon. !! Waaaaa

7. Suka kartun misteri? Ada si jenius Conan Edogawa.

Conan
Foto : www.oasidelleanime.com

Conan tuh juga ditunggu-tunggulah. Seri yang panjang, sampe kamu harus lihat movienya dan baca komiknya tetep aja bikin nagih. Sampai sekarangpun Detektif Conan belum juga tamat.

Anime ini dulu pernah ada dan sering nongol di Indosiar. Berkisah tentang anak SMA bernama Shinichi yang dibius oleh segerombolan organisasi hitam sehingga dia susut jadi anak SD, kemudian menyamar menjadi Conan Edogawa.

Akhirnya selain dia harus berusaha menguak kasus satu demi satu bersama kelompok detektif cilik, dia juga sementara harus ‘berpisah’ dengan cewek yang disukainya Run Mouri. Dikata berpisah sih enggak, orang dia tinggal bersama di satu rumah sebagai anak SD.  Mereka menjalin hubungan yang melelahkan lah pokonya.

Yang terpenting kartun satu ini jadi tontonan wajib di hari minggu yang sekarang udah nggak ada.

8. Anime Cardcaptor Sakura turut memeriahkan suasana.

Cardcaptor-Sakura
Foto : www.youtube.com

Suka kartun berbau magic gitu nggak? Kalau kamu masih ingat Cardcaptor Sakura berarti kamu tumbuh menjadi anak yang daya imajinasinya tinggi. Soalnya cerita Cardcaptor Sakura ini dalem banget, mengenai persahabatan, dimensi waktu dan kekuatan magis berdasarkan kartu tarot.

Meski tayangan TV didominasi kartun Jepang atau anime justru makin melekat di benak anak-anak. Dari animasi yang sederhana namun narasi cerita yang begitu kompleks. Cerita yang panjang mungkin menjadi salah satu faktor kenapa memilih untuk dihilangkan dari layar kaca. Sedih.

9. Hmmm…. Power Puff Girls.

Power-Puff-Girls
Foto : nerdist.com

Kalau kartun yang satu ini beda dari yang lain. Bedanya dia berasal dari Amerika bukan Jepang, dari sisi jalan cerita yang nggak begitu kompleks tapi animasinya berhasil membuat mata anak-anak nggak mau berkedip.

Ceritanya ada sekelompok anak-anak berkekuatan super, namayapun lucu, ada Buttercup, Blossom dan Bubbles  yang melindungi kota Townville dari ancaman Jojo, si kera hijau yang absurd. Nggak ada unsur kekerasan yang terlihat secara nyata sehingga anak-anak dulu suka nunggu kartun ini dan ceritanya gampang dimengerti.

10. Yang sedang trend belakangan ini adalah gamenya, Pokemon.

Foto : collider.com
Foto : collider.com

Beberapa waktu terakhir orang-orang memain game dari kartun ini. Tapi, meski begitu, kartunnya juga tetap dinanti. Sengatan listrik, berwarna kuning dan pipinya kemerahan. Petualangan mencari hewan-hewan aneh dan menaklukannya dalam bola perangkap jadi hal yang pastinya ditunggu-tunggu di hari minggu. Sampe koleksi boneka + Tazos Pokemonnya loh hehe…

11. Dan inilah list kartun lainnya yang berhasil diingat-ingat oleh tim Kita Muda dan udah hilang dari layar kaca.

  • Kobo Chan
  • Chibi maruko Chan
  • P-Man
  • Dragon ball
  • Doraeman *kadang ada kadang enggak*
  • Ninja Hatori
  • Lets Go
  • Beyblade
  • Yu-Gi-Oh

Punya list kartun lainnya? Share di kolom komentar yaaaa