7 Hal yang perlu kamu tahu dari seorang penyendiri

penyendiri
Image Credit : tinybuddha.com

Semua orang di dunia setidaknya pasti punya teman satu orang penyendiri. Coba ingat-ingat, kamu pasti punya teman yang sukanya menyendiri. Entah itu teman sekolah atau rekan kerja. Nah, pasti kamu pernah dibuat bingung kan sama mereka? Terutama bingung karena gak tau gimana cara bergaul dengan mereka.

Di sini Kita Muda mau membahas sedikit tentang karakter orang-orang penyendiri. Dibalik hobi mereka yang suka menyendiri, ternyata banyak hal yang kamu nggak tahu. Hal-hal di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai panduan jika ingin berteman dengan mereka.

 1. Mempunyai bakat tersembunyi.

Mempunyai bakat tersembunyi
Foto : Wovgo.com

Orang-orang pendiam diam-diam memiliki bakat tersembunyi. Perbedaannya dengan orang bukan pendiam, mereka tidak menunjukkan bakat tersebut pada orang lain. Alasannya bisa bermacam-macam, mungkin ia malu atau ia merasa hal itu tidak perlu ditunjukkan, atau ia memang tidak ingin menunjukkannya.

Ada kemungkinan bakatnya lebih dari satu. Orang penyendiri adalah pribadi yang gemar belajar. Ia akan belajar apapun yang ia sukai. Jadi jangan heran kalau suatu saat kamu punya teman penyendiri dan ia bisa melakukan banyak hal.

Baca Juga : Katakan ‘selamat tinggal kegagalan’ dan sambut kesuksesan dengan melakukan 8 cara ini !

 2. Pengalaman mereka lebih banyak.

piknik sendiri
Foto : blog.trip30.com

Orang-orang penyendiri tidak suka banyak bicara. Mereka lebih menyukai banyak tindakan. Kalau orang lain cenderung membicarakan rencana-rencana besar yang akhirnya tidak dilakukan, oran penyendiri justru sudah melakukannya. Kadang tanpa rencana.

Terutama jika pengalaman itu berkaitan dengan passion-nya. Meski dari luar mereka terlihat biasa-biasa saja, namun sebenarnya dari dalam mereka keren banget lho. Diam-diam mereka punya segudang prestasi dan pencapaian dari kerja kerasnya.

 3. Jalan pikiran mereka sangat luas dan imajinasinya tidak terbatas.

Jalan pikiran mereka sangat luas dan imajinasinya tidak terbatas
Foto : theodysseyonline.com

Semangat belajar yang tinggi para penyendiri ini menuntun mereka untuk berpikir kreatif. Cara berpikir mereka berbeda dengan orang lain. Bukan lagithink outside the box tapi think there is no box.

Bagaimana mereka mempunyai jalan pikiran yang berbeda? Keinginan yang kuat untuk belajar membukakan pengetahuan-pengetahuan baru dalam diri mereka. Semua kemungkinan-kemungkinan yang tadinya tidak terlihat dibukakan untuk mereka.

Baca Juga : Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan ini bisa kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

 4. Mereka adalah tipe pemimpi.

Mereka adalah tipe pemimpi
Foto : kickofjoy.com

Jadi menurut kamu penyendiri itu nggak punya masa depan? Menurut kamu mereka nggak akan sukses di kemudian hari? Stop! Buang jauh-jauh pendapat itu. Malahan, mereka punya banyak mimpi dan cita-cita!

Kesendirian mereka umumnya mereka isi dengan hal-hal produktif. Dari sana, mereka menangkap berbagai peluang yang dijadikan mimpi dan kelak akan diwujudkan.

 5. Seorang penyendiri tidak mudah terbawa arus pergaulan.

Seorang penyendiri tidak mudah terbawa arus pergaulan
Foto : dhessland.wordpress.com

Orang penyendiri memiliki naluri kewaspadaan yang cukup tinggi. Sama orang yang kenal saja belum tentu cocok. Apalagi sama orang yang belum kenal. Karakternya saja seperti itu bagaimana bisa terbawa arus pergaulan?

Mereka adalah orang-orang yang penuh dengan prinsip dan setia memegang prinsipnya. Mereka tidak akan melakukan sesuatu hanya karena ikut-ikutan. Taman bunga amarilis lagi ngetren di social media? Nggak akan orang peyendiri datang kesana.

Baca Juga : Ketika pikiran banyak dirasuki hal-hal negatif, sudah saatnya kamu rutin melatih kebiasaan ini agar menjadi pribadi yang positif

 6. Kesendirian mereka membuat mereka menjadi dewasa.

Seorang penyendiri adalah seorang yang dewasa
Foto : xatryajedi.wordpress.com

Seorang penyendiri adalah seorang yang dewasa. Mereka sangat terbiasa melakukan semuanya sendiri. Mereka terbiasa menyimpan kesedihan dan masalahnya seorang diri. Mereka terbiasa mengambil keputusan sendiri tanpa pertimbangan orang lain.

Secara mental, ia lebih matang dibanding orang seumurannya. Menjadi penyendiri berarti terbiasa melakukan semuanya sendiri. Di sisi lain, waktu me time mereka juga lebih banyak. Meski kelihatannya sendiri, mereka aslinya sedang merilekskan diri agar terhindar dari stres.

 7. Seorang penyendiri memiliki sifat yang susah ditebak.

Seorang penyendiri memiliki sifat yang susah ditebak
Foto : hombre-cz.deviantart.com

Sifat-sifat di atas hanyalah beberapa dari sifat orang penyendiri. Masih banyak sifat mereka yang belum tergali. Uniknya lagi, penyendiri yang satu bisa sangat berbeda dengan penyendiri lainnya.

Selanjutnya adalah tugas kamu untuk menemukan sifat-sifat lainnya. Kenali mereka. Dekati mereka. Akrabi mereka. Ambil hikmah dan pelajaran dari karakter mereka yang bisa kamu teladani.

Setelah membaca sifat-sifat di atas, sebaiknya kamu nggak bingung lagi kalau mau temenan sama orang penyendiri. Mereka itu sebenarnya baik kok dan cerewet sama seperti teman lainnya. Namun karena belum kenal, mereka menjadi lebih berhati-hati. Dibutuhkan sedikit kesabaran berteman dengan mereka untuk menunggu mereka hingga mau bercerita tentang kehidupan pribadinya.