Cuma orang yang cintanya ditolak yang bisa merasakan hal-hal berikut ini

Cinta ditolak
Image Credit : singlechristianity.com

Munculnya pertanyaan: ‘Mengapa kita sering tidak bisa bersama dengan orang yang kita sukai?

Sebetulnya memiliki jawaban:

Karena sebetulnya orang yang kamu sukai itu, yang tidak bisa bersamamu itu, sebenarnya dia juga tidak bisa bersama orang yang ia sukai. Tentu orang tersebut bukan kamu.

BACA JUGA : 6 Tanda ini menunjukkan kalau dia beneran suka sama kamu

Maka dari suka-menyukai yang seperti berantai tersebut, ada yang namanya penolakan. Ini merupakan titik paling pedih dari upaya yang bertubi-tubi.

Ya, tapi mau bagaimana lagi.

Misalnya saja, kalau ada orang yang menyukaimu, sementara kamu tak menyukainya, tentu kau tak akan menerimanya juga, bukan? Nah, ya itu.

Tapi tenang, enggak ada hal buruk di dunia ini yang enggak pernah ngasih pelajaran. Enggak ada. Termasuk dalam percintaan sekalipun. Penolakan, yang merupakan salah satu bagiannya, juga memberi pelajaran kepada manusia yang mengalaminya. Inilah pelajaran-pelajaran yang akan kamu dapatkan dari sebuah penolakan.

#1 Dari sebuah penolakan, kamu akan belajar ilmu ikhlas.

patah hati
Foto : hdwallpapersrocks.com

Tanpa melalui belajar di pondok pesantren, kamu telah belajar ilmu ikhlas di sini. Tentu kalau setelah terjadi penolakan kamu tidak meraung-raung dan merobohkan gedung-gedung pencakar langit. Sedih itu wajar dan manusiawi. Ya namanya kalau sudah menggebu-gebu berusaha, lalu ketika tahu hasilnya tak sesuai harapannya.

Ikhlas di sini bisa terlihat manakala setelah ditolak, kamu menerima penolakan tersebut dengan penuh lapang dada, tidak melontarkan sumpah serapah kepadanya dan justru lebih memilih untuk banyak-banyak berdiri di depan cermin. Itulah ikhlas penuh introspeksi.

BACA JUGA : Hal-hal yang akan kamu rasakan ketika patah hati. Mungkin memang seperti ini …

#2 Percaya bahwa ia yang lebih baik, sedang menunggu jemputanmu.

percaya diri
Foto : mashable.com

Jodoh itu ibarat kamu mengemudikan bis pada jurusan tertentu, lalu ia adalah orang yang menunggu di halte. Seberapa banyak pun bis yang akan datang, ia tak akan naik. Ia hanya akan naik jika kamu yang lewat mengemudikan bis. Karena apa? Karena kamu adalah orang yang bisa membawanya menuju tujuan yang ia harapkan.

Begitu pula pada jodoh. Tenang saja jika orang yang kamu sukai hari ini, tidak menyukaimu balik. Kalau memang kamu adalah jodohnya, suatu hari Tuhan akan menggerakkan semesta untuk mengembalikannya padamu. Namun jika jodohmu bukan dia, Tuhan pun tetap akan menggerakkan semesta ini, mempertemukan kamu dengan jodoh yang hari ini sedang berada di sudut bumi bagian mana.

BACA JUGA : Kalau saat pacaran kamu mulai melakukan hal ini, dia jelas bukan jodohmu

#3 Pencapaian-pencapaian mengagumkan dalam hidup, biasanya diawali oleh penganiayaan hati yang menyedihkan.

di atas gunung
Foto : twistedredladybug.blogspot.com

Banyak orang-orang yang teraniaya hatinya, baik itu di DO dari kampus, diusir dari keluarga, diselingkuhi oleh pasangan, dihinakan oleh orang lain, termasuk orang yang ditolak cintanya, memiliki ucapan-ucapan yang membuat bulu kuduk bergidik. Ucapan-ucapan itu mungkin semacam:

“Hari ini kau bersenang-senang. Hari ini kau menganggapku sampah. Tunggu 3 tahun lagi, dan lihat apa yang terjadi!”

BACA JUGA : 5 Kebiasaan sukses para miliarder berikut ini bisa kamu tiru

Tanpa sadar, dendam-dendam semacam itu rupanya memiliki energi tersendiri. Sehingga mampu menjadi pelecut tatkala mengupayakan sesuatu dalam keseharian. Termasuk membangun kemapanan yang lebih baik. Namun jika setelah 3 tahun yang terjadi sama saja, tidak ada perubahan hidup signifikan, maka kalimat dendam di atas semestinya juga dilanjutkan:

“Dulu 3 tahun lalu kau bersenang-senang. Dulu 3 tahun lalu kau menganggapku sampah. Sekarang 3 tahun itu tepat hari ini. Dan benar, ternyata aku sampah! Terima kasih dulu telah menunjukkanku!”

Namun semestinya, penolakan atau sakit hati-sakit hati lainnya sebaiknya dimanfaatkan dengan baik untuk dijadikan energi dalam memacu diri.

#4 Tak sekedar ikhlas, adanya penolakan akan mengasahmu dalam kesabaran.

berdoa
Foto : 74211.com

Kalau yang paling atas tadi mengajarkan ilmu ikhlas, maka pada poin ini kamu akan diajari kesabaran. Penolakan membuatmu banyak-banyak introspeksi bahwa mungkin orang yang kamu sukai itu telah menemukan orang yang tepat. Dan kamu, juga sedang menunggu orang yang tepat untuk datang. Jadi, mengapa harus menyikapi ini dengan darah yang mendidih? Mengapa tidak langsung menerima saja, dan mengupayakan pencarian jodoh yang lebih  baik?

#5 Tuhan tidak sedang membelokkanmu ke arah yang engkau inginkan. Namun DIA menunjukkan jalan yang kamu butuhkan.

gadis sedih
Foto : hdwallpapersrocks.com

Cara Tuhan menunjukkan apa-apa yang tepat bagi hamba-Nya, seringkali tak begitu adanya hamba tersebut menerima. Ada yang bisa memahami, namun ada yang penuh emosi dan memaki-maki menyalahkan keadaan.

Asal kamu tahu, Tuhan itu, menghadapi kita, itu layaknya manusia menghadapi piring. Atau bahkan mungkin kita lebih kecil lagi. Sebagai pihak yang bisa melihat secara keseluruhan, Tentu Tuhan tahu mana yang tepat untukmu. Kadang, hamba yang baru tahu kemarin sore, sudah merasa pintar dan bisa memutuskan ini-itu tanpa melibatkan Tuhan. Janganlah menjadi demikian. Tetaplah libatkan Tuhan pada setiap usahamu, lalu, percayai dan lakukan seluruh takdir-NYA dengan penuh kesyukuran.

BACA JUGA : Kalau kamu dan dia sudah cocok, berarti tanda-tanda ini ada dalam hubungan kalian

#6 Ditolak? Boleh. Tapi putus tali silaturahim? Jangan!

sibuk
Foto : www.askmen.com

Kalau melihat rencana besar Tuhan atas ini semua, kayak-kayaknya kamu enggak akan galau deh setelah mengalami penolakan. Kamu justru akan berterima kasih dengan penolakan tersebut. Karena dengan itu, jalan menuju pertemuan bersama jodoh yang telah Tuhan tulis sejak jauh hari. Maka, sudah sepantasnya proses tersebut dijalani dengan penuh suka-cita.

#7 Penolakan membuatmu bisa mendeteksi: siapa yang sebetulnya menjadi sahabat kamu?

pasangan
Foto : hdimagesnew.com

Pencapaian-pencapaian itu penting. Namun tingkat kepentingannya masih jauh lebih berarti ketika mampu melihat: siapa-siapa saja orang yang bersamamu tatkala  keterpurukan bertubi-tubi datang menimpa.

Penolakan mengajarkanmu untuk tahu siapa saja mereka yang menghiburmu, menemanimu, memotivasimu, dan rela menangkanmu hingga mampu bangkit lagi secara kuat. Jika sudah bangkit, jangan pernah lepaskan orang-orang yang pernah ada saat kamu terpuruk.

#8 Saatnya kamu bersyukur!

bersyukur
Foto : begy.blogspot.com

Jika kamu telah berusaha mencintai dengan baik, memberikan yang terbaik, lalu saat mengungkapkan perasaan ternyata berakhir penolakan, maka menangis dan sedihlah hingga kamu lega. Jangan berlama-lama. Jangan berlebih-lebihan.

BACA JUGA : Perasaan-perasaan yang bisa bikin kamu susah move on.

Bangkitlah dengan rasa plong dan penuh kesyukuran, karena kamu yang mengupayakan hal terbaik, ternyata tidak memperoleh dia yang tidak bisa menghargai kebaikan. Kamu yang baik, lebih cocok bersama ia yang juga sebaik kamu. Tunggu saja, ia pasti datang. Bersiap-siaplah!