Perasaan-perasaan yang bisa bikin kamu susah move on

susah move on
Image Credit : www.hdwallpaperseek.com

“You can’t look back – you just have to put the past behind you, and find something better in your future.” ― Jodi Picoult, Salem Falls.

Gimana quote di atas, sadis enggak?

Emang sih, move on itu enggak gampang. Saat kamu baru saja mengalami patah hati, orang-orang di sekelilingmu juga pasti bakal memberikan nasihat semacam: ‘udah, ikhlasin aja. Masih banyak ikan di laut’. Dan nasihat-nasihat semacamnya.

BACA JUGA : 8 Hal yang bisa bikin cowok semakin setia sama kamu

Di satu sisi, move on emang enggak gampang. Namun di sisi lain, meski enggak gampang, harus tetap diperjuangkan. Lagian, untuk apa kembali mengingat seseorang yang jelas-jelas tak ingin kembali lagi kepadamu? Bukankah itu cuma bikin nyesek doang? Buang-buang waktu pula. Masih merasa sakit itu manusiawi. Tetapi karena hidup ini pendek dan waktu terus berjalan maju, seharusnya pun kamu juga berpikir serta bergerak maju. Kalau tidak, sudah pasti kamu dilanda susah move on. Bisa jadi 5 perasaan di bawah ini turut menjadi penyebabnya.

#1 Perasaan sayang yang masih ada.

pasangan marahan
Foto : huffingtonpost.com

Salah satu hal paling pedih di dunia ini ialah ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya. Menyakitkan banget! Tapi ya mau gimana, setiap orang punya hak. Namun meski ia memutusmu dengan alasan hak, sudah pasti kamu sebagai pihak korban merasa bahwa rasa sayangmu seperti dipotong di tengah jalan. Rasa-rasanya mungkin setara ketika mau bersin, mata udah disiapin biar merem, eh enggak tahunya batal bersin.

#2 Perasaan rindu yang kembali muncul.

berdoa
Foto : 74211.com

Dalam putus cinta, wanita adalah pihak yang paling keras meraung-raung saat pertama kali putus. Sekalipun ia sebagai pihak yang memutus. Sekalipun ia menyelingkuhi kekasihnya, tapi kalau ia yang memutus, dan masih tersisa kenangan, itu akan membekaskan rindu. Dan rindu itulah yang kerap kali bikin susah move on.

Kalau pria, biasanya rasanya bakal muncul sekitar 3 bulan, 6 bulan atau bahkan lebih. Biasanya, saat wanita sudah mampu move on dan berdamai ria dengan hidupnya, giliran si pria yang meraung-raung pada putus bulan keenam tersebut.

#3 Perasaan dikhianati yang kerap memunculkan dendam.

marahan
Foto : www.huffingtonpost.com

Manusia di dunia ini isinya beragam. Ada yang baik, tulus, bertanggung jawab. Tetapi ada juga yang sebaliknya, dan bahkan memiliki sikap suka mengkhianati. Kalau kamu sebagai pihak yang dikhianati, seperti: ia meninggalkanmu karena tertarik pada orang lain. Maka yang biasanya terjadi adalah timbul dendam kesumat dalam dirimu ingin segera membalasnya. Emosi yang hadir itu sebuah kewajaran. Namun hendaknya kamu menahannya. Karena, ya, untuk apa sih ngebela-belain biar balikan sama orang yang mengkhianatimu? Bukankah justru kamu harus berterima kasih karena ia telah menunjukkan karakter aslinya?

BACA JUGA : 6 Tanda ini menunjukkan kalau dia beneran suka sama kamu

#4 Perasaan yang mulai terasa sepi.

korban php
Foto : ilovehdwallpapers.com

Kalau dahulu selalu ada yang mengingatkan dalam segala hal, saat ia meninggalkanmu, hari pasti akan terasa sepi. Tak ada lagi yang mengingatkan makan. Tak ada lagi yang ngucapin selamat tidur. Tak ada lagi yang membangunkan. Atau kalau sekalinya ada, ternyata jam weker. Nyesek!

Ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk nangis di bawah shower yang menyala sambil berteriak “KENAPA INI YA TUHAN? KENAPAAAAAAAA?” Karena momen ini bisa membuat tangismu tak tampak. Seperti menangis sambil hujan-hujanan.

#5 Perasaan, kamu masih memiliki hutang kepadanya deh.

pinjam uang
Foto : www.pinjam.co.id

Dari semua poin di atas, mungkin ini poin yang untuk menghilangkannya gampang-gampang susah. Gampangnya, karena kamu tinggal membayarnya saja. Susahnya, kalau kamu ingin sekali membayarnya, namun belum kunjung punya uang. Akhirnya, kamu menabung terus-menerus demi bisa membayar hutangmu kepadanya suatu hari nanti. Dalam proses menabung itulah, kamu akan terus-terusan teringat dia. Namun jika kamu ternyata menikmati momen terus-terusan teringat dia, maka yang disarankan ialah memperlambat mengisi tabungannya.

Misalnya, kamu memiliki hutang kepadanya 1 juta rupiah. jika kamu ingin cepat melupakannya, maka mudah, gajian kantor, tinggal kamu potong 1 juta dan langsung berikan kepadanya. Hutang lunas dan kamu melupakannya. Namun jika kamu ingin lebih lama mengingatnya, menabunglah dari 100 rupiah saja. Niscaya kamu akan lebih lama dalam mengingatnya. Dan, tentu, akan semakin susah move on juga. :p